5+ Tips Liburan Idaman Terbaik yang Bisa Dicoba

Apakah Anda sedang ingin mencari inspirasi liburan idaman terbaik yang mengasyikan? Untuk mendapatkan inspirasi liburan terbaik, Anda bisa coba berbagai info dan tips di bawah. Simak artikel seputar pariwisata ini hingga selesai.

Liburan Idaman

Pariwisata

Apa itu pariwisata atau turisme dan wisatawan atau turis? Salah satu definisi pariwisata dan wisata menurut Organisasi Pariwisata Dunia, yaitu sebagai berikut :

  • Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan idaman dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.
  • Seorang wisatawan yaitu seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh Ā± 80 km atau 50 mil dari rumahnya untuk tujuan rekreasi.

Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini. Yaitu sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan.

Oleh karenanya pengembangan industri pariwisata ini merupakan salah satu strategi yang digunakan organisasi non-pemerintah untuk :

  • mempromosikan wilayah atau kawasan tertentu sebagai daerah / destinasi wisata, dan
  • meningkatkan perdagangan melalui penjualan produk kepada orang non-lokal.

Kawasan Wisata

Indonesia memiliki banyak sekali obyek wisata yang bisa Anda kunjungi. Obyek wisata ini tidak hanya terkenal di dalam negeri namun juga sampai ke luar negeri (mancanegara).

Kawasan Wisata Jawa Barat

Salah satu tempat menarik di Indonesia sebagai tempat kawasan wisata adalah Jawa Barat. Kawasan Jawa Barat yang lokasinya dekat dengan Jakarta membuat kawasan ini banyak disinggahi warga ibukota yang ingin mengisi liburan idaman merekanya.

Jawa Barat yang juga dikenal dengan tanah Pasundan, menampilkan banyak variasi pariwisata, baik :

  • wisata alam,
  • wisata budaya,
  • wisata seni,
  • wisata kerajinan,
  • wisata sejarah,
  • wisata religi,
  • wisata kuliner,
  • desa wisata,
  • dan lain-lain.

Keindahan untaian pariwisata di bumi Pasundan dan daerah di Indonesia lainnya begitu memukau. Dan itu memanggil kita guna senantiasa dengan arif dan bijaksana untuk menjaga kelestariannya.

Selain sambil menikmati keindahan panorama pesonanya akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Pesona alam samudera berpadu indah dengan alam pegunungan dan hutan.

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, pariwisata merupakan sektor yang sangat menjanjikan jika dikembangkan dan dikelola secara baik dan profesional. Apalagi Jawa Barat punya banyak pilihan obyek wisata seperti di atas.

Letaknya yang dekat dengan ibukota Indonesia, Jakarta membuat banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang menyinggahi kawasan wisata di Jawa Barat.

Jika dikembangkan lebih baik maka kawasan pariwisata di Jawa Barat dapat menghasilkan devisa yang banyak melalui jalur pariwisata.

Dengan ciri khas budaya Sunda maka kawasan wisata Jawa Barat akan menampilkan ciri khas tersendiri yang sulit dilupakan Anda. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk berwisata ke Jawa Barat.

Apalagi tempat wisata di Jawa Barat sebagian besar sudah terjangkau oleh jalan raya yang lancar sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menjangkau tempat wisata di Jawa Barat.

Tidak ada habisnya berwisata ke Jawa Barat karena ada banyak pilihan untuk berkunjung ke berbaga tempat wisata. Berbagai kabupaten dan kota di Jawa Barat selalu menyajikan tempat wisata yang unik untuk dikunjungi.

Oleh karena itu jika ada kesempatan bepergian ke Jawa Barat sebaiknya mengunjungi tempat-tempat wisata yang dekat dengan lokasi tujuan Anda.

Pesona Keindahan Indonesia

Sebenarnya masih banyak kawasan atau daerah di Indonesia yang memiliki panorama wisata yang indah. Di mana panorama tersebut sangat cocok untuk liburan idaman Anda.

Jawa Barat hanya sebagai salah satu contoh saja, masih banyak kawasan wisata lain seperti :

  • Jogjakarta,
  • Bali,
  • Nusa Tenggara,
  • dan sebagainya.

Tips Liburan Idaman

Sebelum melakukan liburan terbaik, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan baik. Persiapan ini dilakukan supaya kegiatan liburan Anda ini jadi sesuatu yang menyenangkan dan bisa menjadi sebuah kenangan yang tidak terlupakan.

Oleh karena itu agar liburan idaman Anda menyenangkan berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu :

a. Cari Info secara Lengkap

Tips liburan idaman yang pertama adalah cari informasi secara lengkap. Bila mau berlibur, Anda harus cari info secara lengkap lebih dulu mengenai objek wisata yang ingin dikunjungi.

Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tempat tersebut sesuai dengan keinginan. Selain lokasi wisata, Anda juga harus mencari info lain. Yaitu informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan wisata yang akan dilakukan seperti transportasi dan penginapan.

Informasi ini bisa didapat dari berbagai sumber misalnya melalui :

  • internet,
  • buku-buku wisata,
  • brosur dari agen travel,
  • dan lain sebagainya.

Selain sumber tersebut Anda juga bisa bertanya pada teman tentang destinasi wisata yang akan dikunjungi. Teman ini bisa yang sudah berpengalaman berwisata ke tempat yang akan Anda kunjungi. Bisa juga dengan teman yang memang bertempat tinggal di daerah tersebut.

b. Buat Anggaran

Satu hal yang wajib dilakukan sebelum liburan idaman ke tempat-tempat wisata adalah buat anggaran / budget. Ini dilakukan untuk mengontrol pengeluaran dan mengetahui seberapa besar biaya yang diperlukan.

Cara membuatnya yaitu tentukan anggaran minimal yang diperlukan untuk keperluan wisata seperti :

  • transportasi,
  • akomodasi,
  • biaya makan sehari-hari,
  • dan sebagainya.

Setelah itu lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, Anda akan mendapat batasan yang harus dikeluarkan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak diperlukan selama liburan.

c. Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

Tips liburan idaman yang ketiga adalah lakukan pemesanan dari jauh hari. Untuk menghemat biaya lakukan pemesanan baik untuk transportasi, akomodasi ataupun tiket masuk ke objek wisata jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Karena biasanya jika pemesanan dilakukan sebelum hari H, Anda akan mendapat harga spesial yang lebih murah.

d. Pergi Bukan di Musim Liburan

Selain melakukan pemesanan dijauh-jauh hari, Anda juga harus pergi di musim biasa bukan musim liburan. Karena pada musim liburan kebanyakan tempat wisata harganya akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa.

Dengan pergi di musim biasa, Anda juga akan lebih menghemat uang dan waktu. Anda bisa menikmati liburan idaman dengan leluasa. Karena pada musim biasa suasana objek wisata akan lebih sepi dibandingkan pada musim liburan.

e. Persiapkan Keperluan dan Kelengkapan selama Liburan

Persiapan ini sangat penting untuk kenyamanan liburan idaman Anda. Siapkan segala sesuatunya dengan seksama. Perhatikan situasi dan kondisi di tempat wisata.

Persiapan ini bisa berupa pakaian yang harus dipakai saat di objek wisata, obat-obatan yang diperlukan dan lain sebagainya. Jangan sampai niat Anda untuk berlibur malah berakhir tidak mengasyikkan.

Selain keperluan di atas Anda juga harus selalu membawa dokumen kelengkapan identitas diri. Ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan Anda juga harus tetap selalu waspada saat berlibur apalagi objek wisata yang akan dikunjungi sedang padat oleh banyak pengunjung.

Anda juga harus selalu menyediakan uang tunai saat berlibur. Tetapi ini bukan untuk foya-foya, tetapi untuk lebih mengatur pengeluaran Anda selama liburan.

Dengan membawa uang tunai, kamu bisa melihat secara langsung ketersediaan uang yang ada. Sehingga dapat berpikir ulang sebelum mengeluarkan uang.

Jika takut kecurian, bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit dan kartu kredit yang masih aktif. Hal ini untuk membantu kamu saat membutuhkan uang mendadak.

f. Istirahat yang Cukup dan Perhatikan Makanan

Ini penting dilakukan sebelum berangkat liburan idaman yaitu istirahat yang cukup. Perjalanan yang cukup panjang ke tempat liburan akan membuat kondisi fisik Anda lelah. Oleh karena itu istirahat penting dilakukan sebelum pergi liburan.

Bagaimana mau liburan yang menyenangkan bila kondisi fisik Anda kurang fit. Selain itu Anda juga harus perhatikan masalah makanan, baik sebelum maupun saat berlibur.

Ini dilakukan agar liburan Anda tidak terganggu akibat gangguan di perut misalnya sakit perut, mual dan lain-lain.

Bagi Anda yang sedang atau mau menjalankan bisnis tour and travel dan ingin mempromosikannya, Anda bisa coba dengan online marketing. Dan di sini kami sebagai agensi marketing online menawarkan jasa untuk mempromosikan bisnis / produk Anda.

Untuk selengkapnya bisa klik link di atas atau langsung kontak kami di 0895-3772-97046.

Sekian info terkait denganĀ tips liburan idaman terbaik yang bisa dicoba, semoga postingan kali ini mencerahkan Anda. Kami berharap postingan info menarik ini dibagikan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *