Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Strategi TikTok Marketing yang Terbukti Sukses

Saat ini orang sudah tak kaget jika bisnis dipromosikan dengan Facebook dan Instagram. Karena hasilnya juga sudah terbukti. Tapi, bagaimana jika memakai TikTok untuk marketing atau disebut juga strategi TikTok Marketing?

Strategi TikTok Marketing

Tips Meningkatkan Penjualan dengan TikTok

Strategi TikTok marketing memang saat ini masih baru. Namun, siapa sangka potensi aplikasi TikTok cukup besar. Bayangkan, penggunanya sudah mencapai 500 juta di seluruh dunia. Bahkan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengunduh TikTok terbanyak.

Artinya, bila mau produk lebih dikenal luas, khususnya di Indonesia, menjajal promosi via TikTok bisa menjadi pilihan menarik. Namun jualan di TikTok berbeda dengan di Instagram atau Facebook. Jadi, penting untuk Anda tahu strateginya lebih dahulu.

Bagaimana caranya? Berikut ini strategi marketing TikTok yang harus Anda lakukan agar bisnis makin laris manis.

a. Kenali Cara Kerja TikTok

Strategi TikTok marketing yang pertama yaitu kenali cara kerjanya. TikTok merupakan platform media sosial (medsos) yang berfokus pada sharing konten video. Tiap video berdurasi 15 detik dan bisa digabung jadi 60 detik.

Platform ini bisa menjadi sarana untuk promosi produk bisnis. Caranya, buatlah sebuah video produk, kemudian tambahkan efek video dan latar musik yang bisa menarik audience. Nantinya, pengguna TikTok bisa :

  • memberi komentar,
  • kasih like,
  • share video produk,
  • dll.

Makin banyak interaksi dari pengguna maka makin tinggi juga peluang Anda dipromosikan oleh TikTok ke pengguna lainnya. Dengan engagement rate yang lebih tinggi dari Instagram, tentu TikTok sangat cocok untuk membangun brand awareness produk dengan lebih optimal.

b. Cari Ide Konten Menarik untuk Video TikTok

Setelah tahu cara kerjanya sekarang tinggal mencari ide konten video yang menarik untuk strategi TikTok marketing. Sebenarnya tak jauh berbeda dengan saat akan membuat konten blog.

Anda bisa coba tool untuk mencari tahu tren kata kunci yang sesuai kebutuhan audiens atas produk bisnis Anda. Kemudian, jadikan tren kata kunci tersebut menjadi sebuah konten. Tools ini seperti Ahrefs atau Ubersuggest.

Cara lainnya adalah dengan bertanya ke audiens. Dengan melalui postingan di media sosial atau melakukan polling atas beberapa topik pilihan yang disukai.

Tapi, pada dasarnya, ide konten TikTok untuk bisnis tentu akan seputar :

  • product launching,
  • tutorial, dan
  • hashtag challenge.

c. Pakai Hashtag untuk Membuat Video

Mau strategi TikTok marketing Anda berhasil? Jangan pernah lupa untuk memakai hashtag di setiap video yang Anda buat.

Pihak TikTok sendiri mengatakan bahwa hashtag (bagian dari informasi video) jadi rujukan untuk kasih rekomendasi video pada pengguna lain.

Namun, jangan sembaran hashtag juga. Pakailah hashtag yang paling relevan dengan konten dan bisnis Anda. Misalnya, untuk konten tutorial makeup, Anda dapat menambahkan hashtag :

  • #tutorialmakeup
  • #makeupchallenge
  • dll

Bahkan, supaya terlihat menonjol, pakai saja branding promo yang sedang Anda lakukan. Dengan hashtag itu, maka akan makin banyak orang tahu promo Anda. Dan kenal produk bisnis Anda dengan lebih baik.

Influencer

d. Kerjasama dengan Influencer

Meski terbilang lebay, daya pikat influencer untuk membius pengikutnya memakai suatu produk itu cukup berhasil. Tidak heran, 86% marketer mempercayakan influencer untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness.

Dalam strategi TikTok marketing ini, Anda harus memilih influencer yang sesuai dengan target audience dan tujuan promosi Anda.

e. Konsisten Posting Konten

Strategi TikTok marketing yang kelima yakni konsisten dalam memposting kontne. Rajin posting pangkal sukses menaikan brand awareness.

Karena saat mengupload video, follower Anda akan melihatnya. Kemudian, saat mereka menyukainya, akan ditampilkan juga di halaman follower pengguna itu.

Makin banyak like, video Anda bisa jadi akan ditampilkan masuk ke halaman for you page. Bayangkan jika hal tersebut terjadi tiap hari. Tujuan membangun brand awareness yang kuat tentu akan makin mudah tercapai.

f. Tanggapi Komentar dari Pengguna

Strategi TikTok marketing yang keenam yaitu tanggapi komentar dari pengguna. Menanggapi komentar dan menjawab pertanyaan audiens di sebuah posting tidak kalah penting. Apalagi, inilah yang bisa meningkatkan engagement akun Anda.

Namun, apakah berarti semua komentar harus dibalas? Tentu saja tidak. Pilihlah komentar yang paling memberikan informasi positif terkait produk Anda. Selain itu, jangan ragu berkomentar di postingan pengguna lain sebab bisa meningkatkan brand awareness Anda.

Alasannya, ketika Anda berkomentar di postingan orang lain dan dapat like, nama brand Anda bisa saja ada di urutan komentar teratas. Begitulah algoritma yang diterapkan TikTok.

g. Buat Hashtag Challenge

Strategi TikTok marketing yang ketujuh yaitu buat hashtag challenge. Warga TikTok suka sekali dengan challenge. Contohnya, #lalalachallenge yang menarik lebih dari 200 juta pengguna, mulai dari netizen biasa sampai public figure.

Apa artinya bagi bisnis Anda? Dengan merencanakan sebuah challenge terkait produk, Anda bisa saja meraih kepopuleran yang serupa.

Hashtag challenge ini bisa dibilang cukup efektif dalam mempromosikan produk dan/atau bisnis. Karena, untuk ikut serta dalam sebuah challenge, kreator TikTok harus punya produknya dulu.

Bila video-video challenge tersebut terlihat keren, orang yang melihatnya akan tertarik untuk bikin video challenge serupa. Artinya, akan makin banyak orang yang membeli produk Anda.

h. Pakai TikTok Ads

Salah satu strategi TikTok marketing yang tidak boleh terlewat yaitu menggunakan TikTok Ads. Tak ingin ketinggalan dengan platform media sosial lainnya, TikTok pun menyediakan layanan iklan berbayar.

Anda ingin menjangkau target audiens lebih cepat? Bisa! TikTok menawarkan 4 jenis produk iklan :

  • InFeed Ads : iklan muncul ketika pengguna scroll feed.
  • Promotes Hashtag Challenge : iklan yang mengajak pengguna memakai hashtag challenge.
  • Branded Effect / Filter : filter atau efek khusus yang berisi info
  • Brand Takeover : iklan eksklusif berupa image, gif, atau video yang cuma muncul sehari sekali ketika pertama kali buka

Dari keempatnya, InFeed Ads yaitu yang paling populer. Untuk bisnis kecil, jenis ini pun yang paling menguntungkan.

Alasannya yaitu selain budget untuk memasang iklan relatif kecil, iklan itu juga nantinya akan muncul di feed audiens. Bahkan, untuk membuat iklan makin optimal, ada pilihan penargetan :

a) Minat

Penargetan minat ini hampir sama dengan Facebook Ads dan Instagram Ads. Jadi, iklan hanya ditampilkan ke audiens dengan minat sesuai bisnis Anda.

b) Perilaku

Penargetan perilaku akan mempelajari perilaku pengguna TikTok selama 7 – 15 hari terakhir. Lalu menampilkan iklan yang sesuai dengan kesukaan mereka.

i. Lihat Data Analytics TikTok Ads

Strategi TikTok marketing yang kesembilan yaitu lihat data analytics. Coba sebutkan, digital marketing apa yang bisa sukses hanya menggunakan “feeling”? Menjalani sebuah hubungan saja harus tahu track record orangnya, apalagi dalam menjalankan promosi produk?

Bila memakai TikTok Ads, Anda akan memperoleh data tersebut. Selanjutnya, Anda dapat melakukan analisa apakah promosi berjalan dengan baik.

Caranya, :

  • Klik menu Analytics pada Akun TikTok Anda.
  • Lalu klik “view analytics” untuk melihat hasil analytic tiap postingan Anda.

TikTok pun punya fitur Followers Analytics yang dapat memberikan insight mengenai perilaku followers Anda. Mulai dari :

  • konten seperti apa yang sering ditonton,
  • kapan waktu mereka online,
  • dan lainnya.

Jadi, Anda dapat membuat konten-konten yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan Anda.

Yuk Terapkan Strategi TikTok Marketing, Sekarang!

TikTok boleh dianggap anak kemarin sore dalam dunia digital marketing. Tapi, strategi marketing TikTok jangan dipandang sebelah mata. Apalagi jika target pasar Anda yaitu generasi muda yang aktif memakai platform tersebut.

Saat ini sukses jualan di TikTok bukan lagi sekedar mimpi. Dengan menjalankan tips di artikel ini bisa meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok yang dapat digunakan. Berikut ini ringkasannya :

  • Mengenali cara kerja TikTok
  • Cari ide konten yang menarik
  • Pakai hashtag
  • Kerja sama dengan influencer
  • Konsisten posting konten
  • Menanggapi komentar dari pengguna
  • Buat hashtag challenge
  • Lihat data analytic konten

Supaya bisnis Anda lebih mudah berkembang, penting untuk memanfaatkan strategi digital marketing lainnya.

Sekian info berkaitan dengan strategi TikTok Marketing yang terbukti sukses, semoga artikel ini berguna untuk kalian. Kami berharap post sosmed marketing ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WeCreativez WhatsApp Support
Soleh Agus
Hai 👋 Ada yang bisa kami bantu?