Strategi Social Media Marketing Jitu untuk Bisnis

Social media marketing (sosmed marketing) sudah bukan hal asing bagi sebagian Anda. Promosi produk via platform media sosial (medsos) ini dianggap cukup efektif dan efisien dalam menjangkau calon pelanggan dengan mudah.

Strategi Social Media Marketing

Apa itu SosMed Marketing?

Tapi, apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Atau, apakah Anda memakai satu platform saja dan ternyata belum memperoleh hasil maksimal?

Social media marketing merupakan suatu strategi marketing dengan memakai media sosial sebagai platform dalam melakukannya. Banyak jenis konten yang dapat diupload lewat sosial media.

Jenis konten yang dapat Anda pakai di media sosial cukup beragam, seperti :

  • informasi umum,
  • panduan,
  • promo / penawaran produk,
  • kuis,
  • launching produk,
  • dll.

Bila target konsumen Anda adalah pengguna aktif media sosial, sosmed marketing wajib diterapkan. Sosmed marketing pun dapat dilakukan dengan gratis maupun memakai iklan berbayar.

Pada prakteknya, upaya sosmed marketing sering dipakai bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya. Contohnya, penggunaan blog, email, dan lainnya.

Platform media sosial saat ini cukup banyak. Karenanya pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis Anda adalah salah satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini.

Sebelum masuk ke berbagai strategi social media marketing yang ada di bawah, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini untuk mendukung upaya Anda dan belajar sosmed marketing lebih dulu.

Caranya bagaimana? Mulailah dengan potensi media sosial di Indonesia. 160 juta orang Indonesia termasuk pengguna media sosial yang aktif.

Dari jumlah tersebut, pengguna terbanyak yaitu usia 25 – 34 tahun. Ini tentu jadi informasi penting bagi Anda yang menyasar target pasar usia tertentu.

Saat ini, Facebook masih jadi platform media sosial yang paling populer. Dan, Whatsapp adalah aplikasi berkirim pesan yang umum dipakai. Dengan mengetahui data ini, Anda dapat menerapkan upaya yang sesuai dengan strategi bisnis Anda.

Selain itu, harus diingat bahwa 99% akses media sosial tersebut dilakukan via perangkat mobile. Jadi, sesuaikan konten promosi Anda supaya mobile friendly.

Jenis Media Sosial Terbaik yang Bisa Anda Manfaatkan

Lantas, sosial media mana yang paling cocok dan terbaik untuk bisnis Anda? Ada cukup banyak platform media sosial yang dapat Anda pakai. Tapi, Anda tetap harus memilih platform yang tepat untuk kesuksesan strategi marketing Anda.

Berikut beberapa jenis sosmed marketing yang dapat dicoba untuk menjalankan strategi digital marketing Anda :

1. Facebook

Tidak dapat dipungkiri bahwa Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia. Bahkan, tidak hanya individu saja yang berbondong-bondong memakai Facebook. Namun ada 65 juta pebisnis yang memanfaatkan Facebook Page (FansPage) untuk mempromosikan bisnisnya.

Banyaknya jumlah pengguna Facebook di Indonesia membuat strategi marketing yang satu ini wajib Anda terapkan. Anda bisa posting konten yang menarik dan mengiklankan produk memakai Facebook Ads dan Facebook Toko / Marketplace.

Data terkait Facebook

  • Pengguna Aktif Bulanan : 2,7 miliar pengguna
  • Demografi Terbesar : 25 – 34 tahun
  • Gender : 56% laki-laki dan 44% perempuan

2. YouTube

YouTube adalah media sosial terbaik untuk menjalankan video marketing. Bagaimana tidak? Ada sekitar satu miliar jam video yang ditonton tiap harinya di YouTube.

Oleh karena itu, sudah banyak pebisnis yang membuat channel di YouTube dan rutin upload video yang relevan.

YouTube pun bisa jadi pilihan Anda dalam menjalankan strategi marketing online yang efektif. Apalagi YouTube saat ini jadi platform video paling terkenal di jagat maya. Anda dapat mempromosikan produk dan konten video menarik lainnya di channel YouTube.

Data terkait YouTube

  • Pengguna Aktif Bulanan : 2 miliar pengguna
  • Demografi Terbesar : 15 – 25 tahun
  • Gender : 72% laki-laki dan 72% perempuan

3. Instagram

Instagram punya segudang fitur menarik yang dapat Anda manfaatkan untuk promosi secara cuma-cuma. Seeperti Stories, Instagram Live, dan IGTV. Selain itu, ada pula fitur akun bisnis yang memberikan analisis lengkap mengenai performa akun bisnis Anda.

Potensi Instagram (IG) untuk pemasaran produk memang tidak perlu diragukan lagi. Terlebih saat ini IG menyediakan fitur lengkap untuk penjualan produk, seperti :

  • akun khusus bisnis,
  • instagram Shopping, dan
  • Instagram Ads.

Data terkait Instagram

  • Pengguna Aktif Bulanan : 1 miliar
  • Demografi Terbesar : 25 – 34 tahun
  • Gender : 43% laki-laki dan 57% perempuan

4. Twitter

Twitter berfokus pada konten atau informasi secara real-time. Sehingga jadi tempat untuk berbagi berita dan hiburan terbaru di seluruh penjuru dunia. Alhasil, pergerakan di Twitter sangatlah cepat. Twitter sangat cocok bagi bisnis yang rutin memproduksi konten.

Ingin bisnis Anda lebih dikenal? Twitter bisa jadi pilihan. Faktanya 80% pengguna melakukan mention brand di tweet mereka. Anda juga dapat membuat konten menarik dengan menyertakan hashtag di tiap kampanye produk.

Data terkait untuk memakai teknik Twitter marketing yaitu :

  • Pengguna Aktif Bulanan : 330 juta
  • Demografi Terbesar : 30 – 49 tahun
  • Gender : 68% laki-laki dan 32% perempuan

5. TikTok

TikTok merupakan media sosial berbagi video pendek yang penggunanya meningkat drastis beberapa tahun belakangan. Khususnya bagi anak-anak muda Generasi Z. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang target pasarnya yaitu anak-anak muda.

Popularitas TikTok yang semakin melejit tentu jadi incaran banyak pebisnis sebagai tempat promosi online. Terlebih TikTok pun sudah menyediakan fasilitas TikTok Ads untuk para pebisnis.

Anda juga bisa membuat konten menarik untuk brand awareness seperti :

  • konten challenge,
  • duet,
  • dan lainnya.

Data terkait untuk strategi TikTok Marketing, seperti :

  • Pengguna Aktif Bulanan : 689 juta
  • Demografi Terbesar : 18 – 24 tahun
  • Gender : 41% laki-laki dan 59% perempuan

6. LinkedIn

LinkedIn merupakan media sosial bagi para pekerja dan profesional di bidangnya masing-masing. Karena itu, demografi terbesar LinkedIn adalah pengguna dengan umur 40 tahun ke atas.

Alhasil, LinkedIn sangat cocok untuk mencari konsumen Jika bisnis Anda bergerak di B2B.

Data terkait LinkedIn

  • Pengguna Aktif Bulanan : 738 juta
  • Demografi Terbesar : 46 – 55
  • Gender : 51% laki-laki dan 49% perempuan

7. Pinterest

Pinterest merupakan papan digital dimana Anda dapat menempel gambar, video, sampai gif di akun Anda. Jadi, media sosial ini sangatlah cocok untuk mempromosikan berbagai produk dengan foto yang mencolok. Apalagi bila target pasar Anda merupakan perempuan.

Data terkait Pinterest untuk menjalankan strategi social media marketing :

  • Pengguna Aktif Bulanan : 400 juta
  • Demografi Terbesar : 30 – 49 tahun
  • Gender : 22% laki-laki dan 78% perempuan

8. Snapchat

Snapchat merupakan media sosial yang unik. Kenapa? Karena, interaksi di Snapchat memakai video pendek, bukan teks seperti media sosial lainnya. Snapchat biasanya dipakai untuk membangun brand awareness suatu bisnis pada anak-anak muda.

Data terkait Snapchat

  • Pengguna Aktif Bulanan : 287 juta
  • Demografi Terbesar : 13 – 34
  • Gender : 40% laki-laki dan 58% perempuan

Sebelum memilih platform mana yang dipakai, ada baiknya Anda melakukan riset lebih dahulu. Pastikan platform tersebut sesuai dengan target konsumen Anda.

Strategi SosMed Marketing yang Efektif

Berikut ini beberapa strategi social media marketing yang dapat Anda lakukan dan jalankan :

a. Menggunakan Instagram Marketing

Potensi media sosial Instagram (IG) untuk promosi produk atau bisnis sudah tak diragukan lagi. Sekitar 80% pengguna IG mengaku bahwa postingan di Instagram memiliki pengaruh buying decision mereka.

Untuk memastikan strategi social media marketing di Instagram Anda berhasil, ada beberapa strategi penting. Berikut beberapa strategi instagram marketing tersebut :

  • segeralah beralih ke akun profesional (Instagram Bisnis),
  • optimasi profil instagram bisnis Anda dengan baik,
  • menciptakan konten yang kreatif dengan hashtag yang unik.

Berbagai Instagram Tools Terbaik untuk Promosi Bisnis

Bila Anda yakin bahwa Instagram merupakan platform terbaik untuk promosi bisnis Anda, lakukanlah upaya yang lebih agresif. Caranya dengan memanfaatkan Instagram tools.

Instagram tools akan membantu upaya strategi social media marketing Anda agar lebih mudah. Mulai dari sisi pembuatan konten, pelaksanaan promosi sampai analisa data.

Beberapa tools yang dapat Anda manfaatkan seperti :

  • Snapseed untuk photo editing, dan
  • Later untuk penjadwalan posting konten.

Memanfaatkan Instagram Ads

Untuk melengkapi upaya Instagram marketing Anda, memasang iklan di platform tersebut merupakan ide yang cukup baik. Namun, karena iklan terkait dengan pemakaian anggaran, pastikan iklan Anda efektif untuk menjangkau pelanggan.

Jadi, bisa memberi Anda return of investment (ROI) atau balik modal. Untuk membuat iklan di Instagram, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  • tentukan audiens Anda dengan tepat,
  • pilih format iklan yang sesuai dengan produk dan/atau bisnis Anda,
  • bikin teks copywriting yang menarik perhatian audiens,
  • dll.
b. Menggunakan Facebook Marketing

Dengan banyaknya pengguna FB di Indonesia, Facebook marketing tentu jadi upaya social media marketing wajib untuk bisnis. Bila belum Anda lakukan, sekarang adalah saat yang tepat untuk menggunakan strategi Facebook Marketing.

Ada berbagai strategi yang dapat Anda pakai dalam pemasaran dengan Facebook atau Facebook Marketing. Mulai dari :

  • menciptakan konten menarik,
  • menentukan budget,
  • menganalisa upaya yang dilakukan,
  • dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk memakai tools Facebook marketing yang tersedia, seperti DrumUp dan SocialOomph.

Memanfaatkan Facebook Ads untuk Hasil Lebih Optimal

Bila Anda punya budget khusus memanfaatkan fitur Facebook Ads bisa jadi pilihan yang menarik. Karena, Anda akan lebih mudah menarget audiens yang lebih spesifik dengan cepat.

Karena kemampuan dari Facebook yang mampu mempelajari kebiasaan penggunanya, maka Anda akan terbantu dalam menciptakan program promosi yang tepat sasaran. Cara membuat Facebook Ads hampir sama dengan Instagram.

Langkah memulai social media marketing dengan facebook ads mulai dari :

  • memilih jenis iklan,
  • menentukan audiens, dan
  • mengatur penjadwalan tayang iklan.
c. Menggunakan Twitter Marketing

Jika strategi social media marketing Anda berfokus pada brand visibility, maka Twitter bisa jadi platform pilihan terbaik Anda. Faktanya, 80% pengguna Twitter melakukan mention brand dalam tweet mereka.

Dan, lebih dari 50% brand mention tersebut akan berakhir dengan terjadinya pembelian produk. Untuk menangkap peluang tersebut, Anda perlu menerapkan strategi Twitter marketing yang tepat seperti :

  • optimalkan profil twitter bisnis Anda,
  • jangan lupa juga untuk selalu sertakan hashtag di setiap kampanye promosi produk Anda.
d. Memaksimalkan User generated Content

User-generated content merupakan postingan konsumen yang merekomendasikan suatu produk di akun pribadi mereka. Memanfaatkan user generated content bisa jadi strategi social media marketing yang sangat jitu.

Karena, tingkat kepercayaan konsumen pada rekomendasi orang lain cukup tinggi yaitu mencapai 92%. Salah satu cara menggenjot user-generated content yaitu

  • membuat kontes atau giveaway dengan hashtag tertentu,
  • meminta follower melakukan mention,
  • dll.

Baca juga : Cara Memanfaatkan User Generated Content

e. Meningkatkan Penjualan dengan Retargeting

Retargeting merupakan upaya mendekati kembali konsumen yang sebelumnya pernah membeli produk atau sekedar berkunjung ke website Anda. Tujuannya yaitu untuk melakukan penawaran sesuai jenis produk yang mereka lihat.

Salah satu cara yang paling populer untuk retargeting social media marketing yakni Facebook Retargeting Ads memakai Pixel.

f. Menggunakan Plugin Social Media Terbaik untuk Website

Anda masih melakukan promosi lewat website dan media sosial secara terpisah? Pikirkan lagi. Sebab dengan adanya plugin social media WordPress, Anda dapat melakukannya secara terintegrasi dengan mudah.

Banyak plugin WordPress untuk social media marketing. Baik yang tujuannya untuk sharing, profiling sampai melakukan auto publish konten. Berikut beberapa plugin yang dapat Anda coba :

  • Social Media Auto Publish,
  • Social Warfare, dan
  • Instagram Feed.

Manfaat SosMed Marketing

Berikut ini beberapa manfaat strategi social media marketing bagi bisnis :

a. Hemat Biaya

Manfaat social media marketing yang pertama yaitu Anda tidak harus merogoh kantong terlalu dalam untuk melakukannya. Bahkan, Anda bisa sepenuhnya menjalankannya tanpa biaya sepeserpun.

Anda bisa bikin akun media sosial gratis, posting gambar atau video gratis, sampai bikin grup gratis. Biaya hanya diperlukan jika Anda membeli iklan berbayar di media sosial tersebut atau membeli tools pendukung.

b. Efektif dan Efisien

Bila dibandingkan dengan pemasaran secara offline (spanduk atau baliho), strategi social media marketing bisa lebih efektif & efisien menjangkau konsumen Anda. Kenapa? Karena, Anda dapat mengatur target iklan dengan sangat mendalam.

Anda dapat mengatur umur, gender, tempat tinggal, hobi, sampai status hubungan sekalipun. Alhasil, pemasaran Anda akan jauh lebih efektif dengan cara yang efisien dan tidak berbelit-belit.

c. Meningkatkan Brand Awareness

Saat ini ada 160 juta pengguna media sosial di Indonesia. Hal ini berarti, bila menerapkan sosmed marketing dengan baik, ada sekitar 160 juta orang yang berpotensi mengenal bisnis Anda lewat medsos.

Apalagi, bila Anda berhasil membuat post menarik yang viral di kalangan netizen. Maka dapat dipastikan brand produk / bisnis Anda akan dikenal oleh banyak orang dengan lebih cepat.

d. Memperluas Pangsa Pasar Bisnis

Media sosial bisa dipakai oleh siapapun dan dimanapun mereka berada. Dengan kata lain, target konsumen tak terbatas di tempat Anda tinggal. Tapi, dari Sabang sampai Merauke, bahkan sampai ke luar negeri sekalipun.

Asalkan, Anda memang menerapkan strategi social media marketing dengan baik dan benar. Misalnya, memakai hashtag yang tepat, sehingga semua orang dapat mencari bisnis Anda dengan mudah.

e. Komunikasi yang Lebih Mudah ke Konsumen

Komunikasi yang baik merupakan hal krusial dalam setiap hubungan. Termasuk hubungan antara bisnis dengan konsumennya. Lewat social media marketing Anda dapat melakukan komunikasi 2 arah dengan mudah ke konsumen.

Konsumen dapat mengirimkan private message, meninggalkan komentar, atau melakukan mention brand Anda. Hebatnya, Anda akan langsung memperoleh pemberitahuan mengenai hal tersebut dan dapat segera meresponnya.

f. Membagi Informasi Terbaru dengan Cepat

Manfaat social media marketing lainnya yaitu memungkinkan untuk membagikan informasi terkait bisnis Anda dengan cepat.

Alhasil, konsumen Anda bisa tahu mengenai diskon, flash sale, promo, atau informasi lainnya saat itu juga. Sebab akan langsung muncul di timeline medsos mereka.

Bayangkan bila memakai pemasaran tradisional seperti baliho atau spanduk. Anda akan memerlukan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Itupun dengan harga yang jauh lebih mahal daripada via sosmed marketing.

g. Menarik Trafik ke Website Anda

Social media marketing pun dapat dijadikan sebagai jembatan bagi trafik baru ke website Anda. Anda hanya tinggal memasukkan URL website pada deskripsi sosial media yang akan digunakan.

Sehingga orang-orang yang mengklik link di deskripsi tersebut akan langsung diarahkan ke website Anda. Apalagi bila post Anda memang menarik dan bermanfaat.

Dijamin, pasti akan banyak orang yang membagikan post tersebut, sehingga trafik yang datang ke website Anda pun akan lebih banyak.

Manakah Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis Anda?

Cukup banyak strategi social media marketing yang dapat Anda pakai. Sebagai langkah awal, pastikan sudah mengenali target audience Anda dengan baik.

Beberapa platform media sosial menawarkan upaya pemasaran secara gratis ataupun berbayar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran Anda. Bila sudah menentukan pilihan, segera lakukan upaya sosmed marketing Anda dengan lebih optimal.

Demikian informasi seputar strategi Social Media Marketing jitu untuk bisnis, kami harap artikel kali ini membantu kalian. Mohon artikel digital marketing ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *