Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Strategi Pemasaran yang Tepat dan Efektif untuk Bisnis

Apapun bisnis yang dijalani, tentu Anda harus terus mencari cara untuk menarik konsumen. Dalam hal ini, strategi pemasaran yang tepat dan efektif adalah solusi yang Anda butuhkan. Yuk simak selengkapnya tentang strategi marketing di artikel ini!

Strategi Pemasaran

Definisi Strategi Marketing

Apa itu strategi marketing atau pemasaran? Strategi pemasaran (marketing) yaitu rangkaian perencanaan untuk menjangkau target pasar, lalu mengubahnya jadi konsumen.

Jadi Anda tak bisa serta merta memasarkan produk kepada semua orang. Anda membutuhkan strategi marketing yang tepat untuk dapat mengubah target pasar jadi konsumen.

Selain berfungsi untuk mengantarkan Anda pada konsumen yang tepat, strategi marketing pun berguna untuk mempermudah koordinasi Anda dengan tim.

Strategi marketing sendiri ada banyak jenisnya dan yang akan kami bahas di artikel ini adalah strategi marketing online.

Fungsi Strategi Marketing

Apa saja fungsi strategi pemasaran (marketing)? Memahami apa itu strategi marketing saja mungkin belum cukup meyakinkan Anda bahwa pemasaran adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, Anda perlu tahu fungsi strategi marketing.

Berikut beberapa fungsi strategi marketing yang harus Anda ketahui :

  • Mempercepat pertumbuhan perusahaan;
  • Membangun reputasi;
  • Meningkatkan brand awareness;
  • Membidik pangsa pasar yang tepat;
  • Memastikan perusahaan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki.

Setelah tahu fungsi strategi marketing, berikutnya yaitu memahami alasan Anda harus memakainya.

Manfaat Strategi Marketing

Apa manfaat strategi marketing? Di era digital ini, strategi pemasaran (marketing) yang efektif dapat membantu Anda menjangkau calon konsumen di seluruh Indonesia. Namun manfaat strategi marketing bukan hanya itu saja.

Mari kita lihat beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan bisnis Anda bila menerapkan strategi marketing yang tepat :

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Jumlah penduduk Indonesia yang sudah memperoleh akses internet selalu meningkat tiap tahunnya. Pada tahun 2017 jumlah pengguna internet Indonesia sudah mencapai 56% atau sekitar 140 juta orang (berdasarkan laporan Google).

Dari 140 juta orang tersebut, sekitar 128 juta sudah terhubung dengan Facebook dan 60 juta sudah punya Instagram. Anda dapat menjangkau ratusan juta orang tersebut lewat strategi pemasaran (marketing) online.

2. Mudah Dipraktikkan

Mungkin strategi marketing online masih asing untuk sebagian orang. Namun meskipun masih asing, bukan berarti Anda dapat mengabaikannya. Karena strategi pemasaran lebih mudah dari yang Anda kira.

Selain itu, ada banyak tutorial dan forum diskusi yang membahas mengenai marketing online. Salah satunya yaitu artikel ini. Artikel ini akan membantu menyusun strategi marketing / pemasaran online UKM Anda.

3. Bisa Menargetkan Konsumen secara Lebih Spesifik

UKM Anda perlu jangkauan luas dari Sabang hingga Merauke? Jangkauan lokasi dapat Anda perluas di seluruh Indonesia.

Bisnis Anda hanya memerlukan jangkauan lokasi di kota atau provinsi tertentu? Anda dapat mempersempit jangkauan lokasi iklan sehingga target audience lebih spesifik.

Anda pun dapat mengatur iklan untuk tampil di perangkat apa saja. Orang-orang mengakses mesin pencari via berbagai perangkat seperti :

  • desktop,
  • tablet,
  • smartphone,
  • dll.

Anda dapat mengatur iklan untuk tampil di berbagai perangkat di atas sekaligus atau memilih beberapa di antaranya saja.

Selain mengatur jangkauan lokasi dan perangkat, Anda pun dapat mengatur waktu munculnya iklan. Jadi Anda dapat mengatur iklan untuk tampil di hari apa saja dan dari jam berapa hingga jam berapa.

Anda pun bisa mengatur spesifikasi target audiens sesuai dengan kebutuhan UKM Anda. Misalnya, UKM Anda memproduksi tas perempuan. Maka Anda dapat mengatur iklan untuk tampil pada target audiens perempuan di usia tertentu saja.

4. Hasilnya Terukur

Kelebihan lain dari strategi pemasaran atau marketing online yaitu mudah untuk diukur. Contohnnya, saat memasang iklan di platform online, Anda bisa memperoleh laporan performa iklan yang dipasang.

Mulai dari berapa orang yang berhasil dijangkau sampai seberapa efektif iklan yang Anda pasang. Jadi Anda dapat mengevaluasi pemasaran online Anda dan memperbaikinya di strategi selanjutnya.

Platform iklan online ini seperti :

  • Google Ads,
  • Facebook Ads,
  • Instagram Ads,
  • dll.

5. Biaya Relatif Minim

Menerapkan strategi pemasaran atau marketing online bukan berarti tak mengeluarkan biaya sama sekali. Tapi, biaya yang Anda habiskan untuk marketing online akan menghasilkan revenue yang lebih besar bila dibandingkan dengan marketing konvensional.

Bahkan beberapa strategi marketing online memungkinkan Anda untuk berinvestasi jangka panjang untuk promosi. Misalnya, lewat blog Anda bisa memperoleh trafik yang stabil tiap bulannya ke website Anda.

Biaya untuk iklan di platform online juga bisa disesuaikan dengan kemampuan anggaran UKM Anda.

Strategi Marketing Efektif

Ada banyak strategi promosi atau pemasaran yang bisa diterapkan untuk bisnis UKM Anda. Berikut beberapa strategi pemasaran yang tepat dan ampuh untuk kesuksesan bisnis UKM :

a. Tentukan Tujuan dan Anggaran

Langkah pertama dalam strategi pemasaran yaitu menentukan tujuan marketing dan menyusun anggaran untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan strategi marketing bisa berbeda bergantung situasi dari UKM masing-masing.

Beberapa contoh tujuan strategi marketing yaitu meningkatkan :

  • brand awareness,
  • conversion,
  • revenue,
  • dll.

Selain tujuan, Anda pun perlu menyusun anggaran. Kenapa anggaran begitu penting dalam strategi marketing? Mungkin sebagian orang berpikir posting di media sosial saja sudah cukup, tanpa harus mengeluarkan dana.

Sayangnya pemikiran seperti itu perlu Anda buang jauh-jauh bila mau dapat hasil maksimal dari strategi marketing. Anda harus bersedia mengeluarkan dana untuk iklan di platform iklan online.

Memanfaatkan feed media sosial saja tak cukup untuk menarik calon konsumen. Terlebih lagi algoritma media sosial (medsos) yang terus berubah membuat postingan Anda di medsos terlewat oleh calon konsumen.

Selain itu, biaya untuk iklan online dapat disesuaikan dengan anggaran yang Anda punya. Karena kebanyakan platform online menerapkan pay per click (PPC).

Di mana dalam PPC, Anda dapat mengatur anggaran iklan sesuai kemampuan bisnis dan sesuai luas jangkauan target audiens. Jadi Anda tak akan terbebani oleh biaya iklan yang tinggi.

b. Manfaatkan Google BisnisKu

Strategi pemasaran yang efektif selajutnya yaitu Google Bisnisku. Google Bisnisku merupakan fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk memudahkan calon konsumen tahu informasi lengkap tentang bisnisnya.

Informasi ini seperti :

  • nama bisnis,
  • alamat perusahaan,
  • nomor telepon perusahaan,
  • alamat email perusahaan,
  • jam operasional,
  • website perusahaan,
  • foto kantor,
  • review pelanggan,
  • dll.

Dengan mendaftarkan di Google Bisnisku maka kantor atau atau lokasi bisnis Anda otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang mau datang akan mudah menuju lokasi tempat bisnis Anda dengan bantuan Google Maps.

Jadi, Anda tak perlu ribet memikirkan sistem marketing yang kompleks. Biarkan google maps yang bekerja untuk bisnis Anda.

Walaupun terlihat sepele, Google Bisnisku punya banyak manfaat, seperti

  • bisnis muncul di Google Maps,
  • review pelanggan,
  • media komunikasi bagi para pelanggan,
  • dll.

Jadi pastikan bisnis Anda sudah terdaftar di tools Google BisnisKu. Untuk penjelasan lengkapnya, Anda bisa membaca artikelnya di TernakWebsite.Com.

c. Tentukan Satu Kanal Media Sosial Utama

Teknik atau strategi pemasaran yang efektif selanjutnya yaitu Media Sosial (MedSos)! Banyak pilihan medsos yang bisa Anda manfaatkan untuk strategi marketing, seperti :

  • Facebook,
  • Instagram,
  • Twitter,
  • LINE,
  • Pinterest,
  • LinkedIn,
  • YouTube,
  • dll.

Apakah UKM Anda harus aktif di semua medsos? Tentu tidak.

Bisa jadi sebuah bisnis harus melakukan kampanye di Instagram, Facebook, dan Twitter. Sedangkan bisnis lainnya mungkin hanya perlu memakai Instagram saja. Mungkin bisnis Anda harus melakukan pemasaran di Instagram, LinkedIn, dan LINE.

Lalu bagaimana menentukan media sosial yang cocok untuk bisnis? Jawabannya yaitu riset. Anda harus melakukan riset audiens untuk menentukan media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Salah satu cara metode riset audiens yang efektif yaitu teknik Bulls Eye untuk memetakan strategi marketing di media sosial. Teknik Bulls Eye terdiri dari lima langkah, yakni :

  • Brainstorming,
  • Rank,
  • Prioritize,
  • Test, dan
  • Focus On.

Baca juga : Panduan Social Media Marketing Lengkap

d. Email Marketing

Strategi pemasaran berikutnya yaitu via Email Marketing. Beberapa orang mungkin menganggap email marketing sebagai spam yang berpotensi akan mengganggu konsumen.

Tapi, fakta berkata sebaliknya. Pemakaian strategi email marketing terus meningkat tiap tahunnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa email marketing 40x lebih efektif untuk mendapatkan konsumen dibandingkan Facebook dan Twitter.

Efektivitas yang tinggi ini mungkin dikarenakan perusahaan bisa menjangkau konsumen di area personal mereka, yakni kotak masuk email.

Selain itu, 59% konsumen bersedia untuk berlangganan email marketing atau newsletter bila ada penawaran yang diberikan. Penawaran tersebut dapat berupa kupon atau diskon spesial.

Menurut penelitian sebanyak 65% konsumen dapat kupon diskon dari email marketing. Hal tersebut menunjukkan bahwa email marketing mendorong konsumen untuk berbelanja baik online ataupun langsung ke toko.

Baca Juga : Panduan Membuat Email Marketing Efektif Lengkap

e. Terapkan Content Marketing

Content marketing adalah teknik atau strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten. Pembuatan konten tersebut untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen.

Salah satu media utama untuk menjalankan content marketing yaitu blog. Blog bisa berguna untuk memperoleh trafik tinggi lewat pencarian organik.

Jadi, Anda bisa membuat blog untuk menunjukkan kepada calon pelanggan potensial bahwa Anda memang ahli di industri yang digeluti.

Selain itu, Anda pun bisa memakai sebuah microsite. Website mini ini penting untuk membantu Anda membuat sebuah kampanye pemasaran (marketing campaign) yang lebih fokus dan unik.

e. Bagikan Konten yang Relevan, Penting, dan Konsisten

Seperti yang sudah disebutkan di poin strategi pemasaran sebelumnya, konten yang Anda bagikan harus memenuhi 3 syarat, yakni :

  • relevan,
  • penting, dan
  • konsisten.

Maka :

Relevan

Anda harus membuat konten yang relevan dengan bisnis. Misalnya, Anda mengelola bisnis fashion. Maka Anda harus membuat konten yang berhubungan dengan fashion.

Penting

Namun relevan saja tak cukup. Anda pun harus mempertimbangkan apakah konten yang dibuat tersebut penting atau tidak untuk diketahui oleh target audiens.

Setelah mempertimbangkannya, selanjutnya buatlah skala prioritas berisi topik yang relevan untuk target audiens. Urutkan dari topik yang terpenting sampai yang kurang penting.

Konsisten

Dalam content marketing, Anda tak dapat mengandalkan satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Dibutuhkan banyak konten untuk akhirnya Anda dapat merasakan manfaat content marketing untuk bisnis.

g. Riset Keyword

Strategi pemasaran berikutnya adalah riset keyword atau kata kunci. Riset keyword berfungsi untuk menentukan kata kunci (keyword) apa yang relevan untuk blog atau website Anda.

Memilih kata kunci yang tepat itu penting. Sebab hal ini akan berpengaruh pada performa blog atau website Anda di hasil pencarian search engine.

Setiap penulis blog ataupun website harus tahu apa yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencari (search engine). Hal ini supaya konten yang ditulisnya relevan dan bermanfaat untuk para pencari.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan riset keyword, baik berbayar ataupun gratis. Penjelasan lengkapnya dapat Anda baca di TernakWebsite.Com.

Search Engine Optimization

h. Optimasi SEO

Supaya mudah ditemukan oleh calon pelanggan di search engine, website bisnis Anda harus ada di halaman pertama hasil pencarian. Anda harus bersaing dengan ribuan atau bahkan puluhan ribu website lain untuk dapat peringkat pertama di search engine.

Lantas bagaimana caranya supaya website bisnis Anda muncul di halaman pertama (page one) hasil pencarian? Caranya adalah dengan strategi optimasi SEO. Banyak langkah yang harus dilakukan dalam strategi pemasaran dengan cara optimasi SEO ini.

Optimasi SEO sendiri terbagi jadi 2 yakni :

  • SEO on page yaitu optimasi yang diterapkan pada konten / artikel yang diterbitkan.
  • SEO off page yakni optimasi yang diterapkan di balik layar website atau di luar konten seperti backlink.
i. Manfaatkan Paid Search

Strategi pemasaran lain yang dapat Anda pakai yaitu paid search. Sejak ditemukan mesin pencari (search engine) online, maka siapapun dapat menemukan apa saja di dunia maya. Mulai dari jurnal ilmiah sampai alat rumah tangga.

Keberadaan mesin pencari online seperti Google juga merubah perilaku konsumen. Di mana konsumen saat ini dapat mencari produk di Google lebih dulu sebelum membelinya. Dan Google menyebut situasi atau keadaan ini sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT).

Sebenarnya, paid search bisa ditemukan di semua mesin pencari (search engine) seperti :

  • Google,
  • Yahoo, dan
  • Bing.

Tapi, Google yaitu platform terbesar untuk paid search. Google menyediakan layanan paid search yaitu Google Ads yang sebelumnya dikenal dengan Google AdWords.

Dengan iklan Google (Google Ads), Anda dapat mengatur jangkauan dan spesifikasi audiens yang ditargetkan. Langkah-langkah lengkapnya dapat Anda baca TernakWebsite.Com.

j. Gunakan Social Media Ads

Strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan lainnya yaitu social media ads. Jangkauan di media sosial tak hanya diperoleh lewat jangkauan organik saja.

Anda pun dapat memanfaatkan layanan ads di masing-masing platform media sosial. Layanan ads ini untuk meningkatkan jangkauan postingan media sosial Anda.

Terlebih lagi timeline media sosial menerapkan sistem acak / random. Bukan lagi berdasarkan waktu posting. Hal ini dapat mengakibatkan konten media sosial Anda terlewat.

Anda dapat mengatasinya dengan memakai layanan ads. Untuk itu Anda dapat memanfaatkan layanan media sosial ads. Membuat ads sangatlah mudah. Anda dapat mengikuti panduan cara membuat iklan media sosial (seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dll) di sini.

k. Manfaatkan Situs Kupon

Berikutnya strategi pemasaran yang bisa Anda pakai yaitu memanfaatkan situs kupon. Di Indonesia sendiri ada beberapa situs kupon terpercaya seperti Picodi dan iPrice.

Situs kupon tak hanya berguna bagi konsumen yang mencari kupon diskon. Namun situs ini juga berguna untuk para pemilik UKM guna mempromosikan bisnisnya.

Tujuan utama menempatkan kupon di situs kupon terpercaya bukan penjualan. Namun meningkatkan brand awareness.

Semakin menarik diskon yang Anda tawarkan, maka makin banyak orang yang akan memakai kupon Anda. Dengan begitu akan makin banyak orang yang mencoba produk Anda. Bila produk Anda berhasil memuaskan konsumen, maka mereka tak perlu kupon lagi.

Meningkatkan Brand Awareness

l. Bangun Relasi

Selain membangun strategi pemasaran (marketing) di platform-platform di atas, Anda juga perlu membangun relasi dengan orang-orang di industri Anda. Bergabunglah dengan grup Facebook atau Facebook yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Jadilah pembicara atau sponsor di seminar dan acara yang berhubungan dengan industri Anda. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh informasi tentang perkembangan di industri tersebut.

m. Maksimalkan Alat Promosi Cetak

Meskipun saat ini strategi pemasaran (marketing) online sudah dilakukan oleh sebagian besar bisnis, namun masih banyak promosi offline yang masih efektif di era digital sekarang ini.

Salah satunya yaitu dengan memaksimalkan alat promosi cetak seperti kartu nama, flyer atau brosur. Alat promosi cetak bisa membantu meningkatkan brand awareness dan meningkatkan reputasi perusahaan Anda.

Karena, tak semua orang mengakses internet. Dan tentunya dengan alat promosi cetak tersebut akan membuat bisnis Anda lebih terpercaya.

Cara Menerapkan Strategi Marketing

Bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran (marketing)? Setelah mengetahui beragam strategi marketing yang baik, Anda perlu menerapkan strategi tersebut dengan tepat.

Apa saja langkah yang perlu Anda lakukan?

1. Melakukan Segmentasi Pasar

Sesuai namanya, segmentasi pasar yaitu upaya untuk membagi pasar jadi beberapa kelompok yang lebih kecil. Pembagian kelompok untuk strategi pemasaran ini dilakukan berdasarkan :

Lokasi Geografis

Segmentasi pasar berdasarkan geografi paling mudah dilakukan. Anda dapat menentukan pembagian pasar berdasarkan desa, kota, provinsi, sampai pulau. Bahkan untuk produk internasional, Anda dapat membaginya dalam beberapa benua atau negara.

Demografis

Demografi terkait dengan dinamika penduduk. Segmentasi demografis meliputi :

  • jenis kelamin,
  • umur,
  • tingkat pendidikan,
  • dan lainnya.

Segmentasi ini pun relatif mudah dilakukan. Contohnya, Anda dapat menciptakan pembagian berupa :

  • pria dan wanita,
  • dewasa dan anak-anak,
  • SMA dan kuliah,
  • dan lainnya.

Perilaku

Di sisi lain, segmentasi perilaku mungkin sedikit rumit. Karena, Anda perlu mempelajari kebiasaan masyarakat dalam membeli suatu produk. Misalnya :

  • tujuan pembelian produk (apakah memang kebutuhan atau gaya hidup),
  • bagaimana cara membelinya (apakah datang langsung ke toko atau online),
  • dan masih banyak lagi.

Psikografi

Yang terakhir yaitu segmentasi psikografi. Inilah yang paling rumit sebab lebih spesifik. Segmentasi ini adalah pengembangan dari segmentasi sebelumnya (demografi dan perilaku).

Sebagai contoh, seseorang yang punya tingkat penghasilan tinggi dan sering berbelanja online, tentu akan menyukai produk yang dapat dibeli via website. Meskipun harganya sedikit lebih mahal.

2. Menentukan Target Pasar (Market Targeting)

Setelah membagi pasar sesuai segmennya, langkah penerapan strategi pemasaran (marketing) selanjutnya yaitu menentukan target pasar. Target pasar yaitu segmen tertentu yang dituju untuk melakukan penjualan suatu produk.

Dengan memahami target pasar, akan lebih mudah dalam menentukan produk yang akan dijual dan langkah promosi yang akan dilakukan. Target pasar yang berbeda memerlukan konten promosi dan cara komunikasi yang berbeda juga.

Tak hanya itu, Anda pun dapat tahu peta persaingan dengan kompetitor Anda. Dengan demikian, Anda dapat melakukan perhitungan apakah menguntungkan untuk melakukan penetrasi pada target pasar tertentu.

3. Market Positioning

Bahkan pada target pasar yang spesifik, Anda bisa menemukan kompetisi yang ketat. Namun kondisi ini tentu akan menuntut Anda melakukan perang harga yang kurang menguntungkan.

Oleh sebab itu, Anda harus menerapkan strategi pemasaran yang ketiga yaitu positioning.

Secara sederhana, market positioning adalah strategi marketing untuk menunjukkan produk Anda berbeda dari yang lain. Salah satu caranya yaitu membangun kesadaran merek atau brand awareness.

Kesadaran akan merek bisa memberikan beberapa manfaat. Seperti :

  • kemudahan dapat konsumen baru,
  • menciptakan kelompok pelanggan yang loyal,
  • dll.

Manakah Strategi Pemasaran yang Ingin Anda Praktikkan?

Pemasaran atau promosi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Dibutuhkan perencanaan strategi yang matang supaya dapat hasil yang maksimal.

Semoga beberapa strategi marketing di atas bisa membantu dalam merencanakan strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk bisnis Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WeCreativez WhatsApp Support
Soleh Agus
Hai 👋 Ada yang bisa kami bantu?