Menerapkan Strategi Guerilla Marketing yang Unik

Apa itu guerilla marketing? Bagaimana Menerapkannya ke Bisnis? Di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai strategi Guerilla Marketing yang unik beserta penerapannya. Mari kita mulai pembahasannya!

Strategi Guerilla Marketing

Definisi Guerilla Marketing

Ada begitu banyak strategi pemasaran (marketing) yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah Guerilla Marketing.

Guerilla Marketing merupakan strategi pemasaran (marketing) modern yang memakai elemen kejutan (surprise) dalam praktiknya. Tujuannya adalah untuk bisa menarik perhatian audiens dengan lebih baik.

Untuk menjalankan kampanye guerilla, dibutuhkan kreativitas yang tinggi dalam setiap upaya promosi yang dilakukan. Memang cukup menantang. Tapi, hasilnya tidak jarang bisa membuat audiens terhibur ketika melihat iklan penawaran produk yang ditampilkan.

Saat ini, sudah banyak bisnis atau usaha yang memakai teknik / strategi guerilla marketing. Alasannya karena selain efektif, strategi pemasaran guerilla jenis ini juga minim akan anggaran.

Kenapa bisa demikian? Karena, upaya yang dilakukan dalam strategi pemasran guerilla ini lebih fokus pada kreativitas yang terkait, ide, waktu, dan juga tenaga. Jadi, bukan menomorsatukan pada anggaran.

Selain itu, Guerilla Marketing pun cenderung menargetkan kampanye ke pelanggan lama daripada pelanggan baru. Itu karena kampanye marketing ini bertujuan untuk meningkatkan ikatan pelanggan dengan produk dan/atau brand.

Upaya promosi memakai Guerilla Marketing tidak jarang jadi viral. Pesan kreatif yang disampaikan dalam strategi marketing ini sering disebarluaskan audiens dari mulut ke mulut. Ini adalah bukti kekuatan dari strategi marketing ini.

Prinsip Guerilla Marketing

Untuk bisa menerapkan strategi guerilla marketing ke bisnis, Anda harus mengenal dan memahami prinsip-prinsipnya dahulu. Pemasaran (Marketing) Guerilla memiliki 5 prinsip yang nantinya bisa Anda pakai. Mari kita lihat satu per satu!

1. Penuh Kejutan

Guerilla Marketing dijalankan dengan memberikan efek kejutan (surprise) pada audiens. Efek kejut ini dilakukan dengan memakai cara dan tempat yang tak biasa. Dengan demikian, akan lebih mudah mendapatkan perhatian penuh dari audiens.

2. Kreatif dan inovatif

Strategi Guerilla Marketing lebih mementingkan :

  • imajinasi,
  • ide yang kreatif, dan
  • desain yang inovatif.

Dengan menampilkan iklan yang baru dan unik, maka banyak audiens yang akan tertarik dengan pesan iklan promosi yang disampaikan. Tujuan akhirnya adalah membuat audiens terkesan dan tertarik untuk melakukan :

  • pembelian produk,
  • melakukan hal sesuai yang diinginkan,
  • dan sebagainya.

3. Low Budget

Tak perlu anggaran besar untuk menjalankan kampanye guerilla. Berbekal kreativitas, biaya promosi bisa Anda ditekan. Jadi, upaya promosi akan lebih efisien baik memakai media digital atau fisik.

4. Temporer

Upaya strategi Guerilla Marketing yang dimaksudkan untuk berjalan dalam periode waktu tertentu. Kenapa? Sebab, jika menggunakan ide yang sudah digunakan, efek surprise-nya tidak akan muncul dan tidak terlalu optimal.

5. Memberikan Efek Positif

Guerilla Marketing hadir dengan ide kreatif yang bisa menghibur target audiens. Selain bisa jadi pengalaman baru yang menyenangkan, juga bisa memberikan nilai (value) kepada audiens.

Misalnya, dengan memberikan giveaway sebagai bagian dari kampanye. Atau, membuat kampanye yang bersifat edukasi.

Kelebihan dan Kelemahan Guerilla Marketing

Setiap strategi marketing pasti ada kelebihan dan kelemahannya. Begitu juga dengan strategi Guerilla Marketing yang memiliki kelebihan dan kelemahan.

Kelebihan Guerilla Marketing

Lalu, apa saja kelebihan atau keunggulan strategi Guerilla Marketing? Berikut ini beberapa manfaat / kelebihan guerilla marketing yang perlu Anda tahu :

1. Lebih Hemat

Strategi marketing lain mungkin akan memerlukan biaya besar dalam usahanya. Mulai dari membuat iklan :

  • fisik (baliho, flyer, brosur),
  • digital (social media ads),
  • dan sebagainya.

Beda halnya dengan kampanye guerilla. Tanpa promosi dengan anggaran besar pun, Anda bisa tetap menarik perhatian audiens lebih baik dengan Guerilla Marketing.

Salah satu contohnya adalah strategi yang digunakan Colgate. Yaitu dengan menggandeng perusahaan ice cream dengan membuat stik berbentuk sikat gigi.

Selain biaya produksi stik berbentuk sikat gigi yang dapat ditanggung bersama, pesan yang disampaikan juga lebih mengena. Pesan tersebut yaitu :

Setelah makan ice cream, jangan lupa gosok gigi.

2. Lebih Mudah Viral

Kampanye Guerilla dibuat dengan mengedepankan kreativitas yang tinggi dan terkadang menyisipkan unsur humor. Maka, lebih besar kemungkinan kampanye tersebut bisa menarik perhatian audiens dan go viral bila dibandingkan dengan yang biasa-biasa saja.

Iklan Red Bull misalnya. Red Bull menjalin kerja sama dengan Felix Baumgartner dalam iklan promosinya dengan melakukan aksi kontroversial.

Sosok Felix yang merupakan seorang penerjun asal Austria dinilai cocok dengan karakter produk Red Bull. Di mana produk Red Bull lebih mengedepankan kekuatan, keberanian, dan adrenalin.

3. Lebih Berkesan dan Lebih Dekat dengan Target Audiens

Strategi Guerilla Marketing dapat membangun perasaan yang kuat dengan audiens. Sehingga strategi marketing ini akan lebih efektif untuk menyampaikan pesan promosi produk. Tidak jarang kedekatan perasaan tersebut akan mendorong terbangunnya engagement yang baik.

Contohnya, kampanye guerilla minuman Bounty. Di mana promosi minuman Bounty dilakukan di tengah jalan kota New York yang sibuk / ramai.

Iklan tersebut cukup menarik perhatian banyak orang. Sesekali pejalan kaki yang melintas akan berhenti sekedar untuk mengambil foto bersama media promosi yang dipakai.

4. Cocok untuk Membangun Partnership dengan Calon Konsumen

Guerilla marketing umumnya melibatkan bisnis / organisasi lain untuk berkolaborasi. Selain kampanye dapat dijalankan dengan budget lebih kecil, namun jangkauan audiens-nya bisa lebih luas.

Contohnya, Microsoft Surface yang bekerja sama dengan bisnis / usaha cuci mobil lokal. Di mana Microsoft memakai tembok bisnis cuci mobil lokal untuk jadi sarana guerilla marketing-nya.

Di satu sisi, Microsoft memperoleh lokasi terbaik menampilkan iklan. Di sisi lain, bisnis cuci mobil juga diuntungkan, karena mendapat perhatian lebih (exposure) dari orang yang lewat.

Kelemahan Guerilla Marketing

Meskipun banyak kelebihan, strategi guerilla marketing juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

  • Ide yang disampaikan dalam materi pemasara bisa saja tak sesuai untuk orang tertentu.
  • Kreativitas iklan yang dihasilkan bisa menimbulkan kesalahpahaman (misinterpretasi).
  • Proses pembuatan butuh waktu padahal penerapan harus cepat.

Jenis Guerilla Marketing

Secara umum, strategi guerilla marketing terbagi jadi beberapa jenis, sesuai dengan targetnya, yaitu :

a. Ambient Marketing

Ambient marketing (marketing lingkungan sekitar) adalah jenis strategi guerilla marketing dengan pesan yang ditempatkan dekat dengan audiens. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian orang-orang yang lewat.

Pesan tersebut bisa ditempatkan di :

  • trotoar,
  • stasiun kereta api,
  • mall,
  • kampus,
  • tempat wisata,
  • dan lain-lain.

Strategi ini memanfaatkan space terbuka untuk menarik perhatian banyak orang yang lewat, atau yang memakai fasilitas umum (fasum). Ambient marketing umumnya memakai media berupa :

  • graffiti di tembok bangunan,
  • sticker di tiang-tiang listrik,
  • instalasi di tempat umum,
  • dan sebagainya.

b. Ambush Marketing

Ambush marketing (marketing penyergapan) merupakan jenis guerilla marketing yang dilakukan dengan masuk ke suatu acara yang dihadiri banyak audiens.

Dengan demikian, kampanye strategi guerilla marketing jenis ini dapat langsung menarik perhatian. Selain itu juga lebih mudah dalam menyampaikan pesan promosi produk.

Misalnya, seperti di :

  • konser musik,
  • pertandingan olahraga,
  • dan sebagainya.

c. Stealth Marketing

Teknik stealth marketing yaitu teknik marketing sembunyi-sembunyi. Di teknik ini, umumnya pemasaran sebuah produk / iklan dibuat tak begitu kentara. Sehingga hanya audiens yang jeli yang dapat paham bahwa itu merupakan iklan sebuah produk.

d. Viral Marketing

Sebuah informasi dapat viral disebabkan banyak orang yang menyebarkannya. Begitu juga viral marketing yang dapat dengan cepat menyebar dan jadi perhatian audiens.

Teknik viral marketing ini memanfaatkan kekuatan sosial media (sosmed) untuk mengajak konsumen dan influencer agar menyebarkan pesan produk.

Menerapkan Guerilla Marketing untuk Bisnis

Bagaimana menerapkan strategi Guerilla Marketing untuk bisnis? Di bagian sebelumnya, Anda sudah mempelajari berbagai hal tentang Guerilla Marketing. Jadi, sekarang saatnya Anda mempelajari berbagai kiat untuk menerapkan Guerilla Marketing di bisnis!

a. Kenali Audiens Anda

Mengenali audiens merupakan langkah utama dalam Guerilla Marketing. Anda jadi tahu konten apa saja yang tepat untuk audiens dan cara terbaik untuk menyampaikannya. Hal ini akan mempermudah dalam pembuatan kontennya juga.

Untuk dapat mengenali audiens dan psikologi mereka, Anda bisa lebih dulu melakukan riset atau survei.

b. Sesuaikan dengan Bisnis Anda

Apakah Anda mau membuat video marketing yang viral? Ataukah mau memakai strategi stealth marketing? Pada akhirnya, jenis strategi Guerilla Marketing yang dipilih harus Anda sesuaikan dengan :

  • jenis bisnis,
  • sumber daya,
  • kebutuhan, dan
  • ide kampanye.

Bila bisnis Anda masih berkembang, pakai guerilla marketing dengan anggaran yang tak terlalu besar.

c. Tentukan Anggarannya

Memakai kampanye Guerilla memang cenderung lebih murah. Asal, strategi yang Anda pakai tepat. Selain dapat menghemat pengeluaran, Anda akan memperoleh keuntungan yang berlipat.

Bila Anda punya budget terbatas untuk promosi namun mengharapkan efek yang luar biasa, Guerilla marketing cocok dipakai.

d. Ciptakan Ide Kreatif

Upaya guerilla marketing yang Anda lakukan harus bisa menarik perhatian audiens dengan efek surprise yang diberikan.

Hadirkan ide-ide segar yang belum pernah dipakai baik oleh Anda maupun kompetitor / pesaing sebelumnya. Karena, bila kampanye yang sama terjadi berulang kali, maka kampanye tersebut tak lagi efektif.

Oleh karena itu, Anda harus membuat rencana marketing yang baru atau fresh. Dan jangan lupa untuk menyusun tindakan promosi apa saja yang akan dilakukan. Tentu saja supaya daya tarik audiens dapat diarahkan ke konversi.

e. Siapkan Call-to-Action

Bila mau hasil yang maksimal, strategi Guerilla Marketing yang Anda jalankan harus punya Call-to-Action (CTA). Caranya bisa beragam. Misalnya dengan :

  • melakukan giveaway,
  • memberikan kupon diskon,
  • memberikan link yang berisi form tentang informasi yang dapat mereka isi.

Dengan begitu, Anda dapat melakukan follow-up guna menggenjot penjualan / sales produk.

f. Fokus pada Kelompok Kecil

Menargetkan kampanye bisnis pada kelompok yang lebih kecil dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif.

Karena, Anda dapat membangun hubungan atau relasi yang lebih dekat dengan mereka. Dengan demikian, bisa membangun ikatan dengan pelanggan secara lebih kuat.

g. Buat Pesan yang Jelas dan Singkat

Salah satu kunci sukses kampanye guerilla marketing terletak pada pesan copywriting yang mau Anda sampaikan.

Jadi pastikan pesan yang mau disampaikan ke audiens Anda jelas dan singkat. Pakai juga cara komunikasi yang pas / tepat supaya audiens dapat lebih mudah diajak untuk take action.

Saatnya Menerapkan Strategi Guerilla Marketing untuk Bisnis

Guerilla marketing bisa menjadi lebih menantang untuk diterapkan bila dibandingkan dengan strategi marketing yang lain. Itu karena strategi ini memerlukan banyak inovasi dan ide kreatif.

Tapi, tak perlu khawatir. Selama Anda punya marketing plan yang matang, Anda pasti bisa meraih kesuksesan dengan strategi promosi ini. Apalagi ditambah dengan pengetahuan yang cukup mengenai target audiens.

Guerilla marketing pun dapat dipakai untuk semua jenis bisnis. Tentunya dengan menerapkan langkah dan prinsip Guerilla Marketing yang telah dijelaskan di atas.

Bagaimana menurut Anda? Sudah siap menerapkan Pemasaran Guerilla untuk bisnis Anda?

Demikian info mengenaiĀ strategi guerilla marketing yang unik dan kreatif, semoga post ini berguna untuk kalian. Tolong artikel marketing bisnis ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *