Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Strategi marketing apa yang kira-kira efektif dan cocok untuk bisnis Anda? Apalagi dengan berkembangnya bisnis dan promosi online? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda bisa baca artikel strategi digital marketing bisnis ini hingga selesai.

Strategi Digital Marketing

Strategi Marketing

Bisa dikatakan, strategi marketing merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda untuk memperoleh banyak konsumen. Tanpa strategi marketing yang baik, bisnis tidak akan mampu mencapai goal-nya.

Ibarat hendak menangkap ikan, strategi marketing ialah umpan dan peralatan pancing yang Anda perlukan. Tapi tenang, di artikel ini, Anda akan mempelajari berbagai jenis strategi digital marketing atau online lengkap dengan tips singkatnya.

Menarik, bukan? Yuk simak penjelasannya sampai selesai ya!

Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

Ada beberapa strategi digital marketing yang efektif untuk Anda coba, seperti :

  • Inbound Marketing
  • Content Marketing
  • Social Media Marketing
  • Influencer Marketing
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Affiliate Marketing
  • Direct Marketing
  • Email Marketing
  • Community Marketing
  • Word of Mouth Marketing
  • Video Marketing
  • Pay Per Click (PPC)
  • Native Advertising

Berikut ulasan beberapa jenis strategi digital marketing yang sudah terbukti ampuh dipakai untuk banyak bisnis online!

a. Inbound Marketing

 Inbound marketing merupakan strategi digital marketing atau metode pemasaran online yang bertujuan untuk membantu calon konsumen menemukan bisnis Anda. Caranya yakni dengan membuat konten menarik dan user experience yang mengesankan.

Pada prinsipnya, inbound marketing yaitu cara membuat bisnis Anda menarik dan diperlukan oleh calon konsumen. Sehingga mereka tertarik membeli produk Anda.

Dalam memakai strategi digital marketing ini, ada 4 tahap yang harus Anda lakukan :

1. Attract

Pada tahap ini, fokus utama Anda yaitu menarik perhatian calon konsumen. Karena, mereka belum tahu sama sekali mengenai bisnis Anda. Di tahap ini, Anda bisa memanfaatkan :

  • content marketing,
  • SEO,
  • digital advertising, dan
  • social media marketing.

2. Convert

Bila sudah dapat atensi calon konsumen, Anda harus menggiring mereka untuk jadi pembeli. Pada tahap ini, Anda perlu memperoleh kontak mereka untuk diproses.

Informasi kontak mereka dapat Anda peroleh melalui :

  • form,
  • landing page, dan
  • lead magnet.

3. Close

Pada tahap ini, Anda akan mengubah konsumen jadi pembeli. Anda dapat mengirimkan konten atau pesan berisi informasi seperti diskon khusus agar calon konsumen cepat melakukan pembelian.

4. Delight

Setelah meraih pembeli, Anda harus terus membangun hubungan dengan para konsumen tersebut. Hal ini agar mereka tetap membeli produk Anda lagi.

Caranya, Anda bisa :

  • Menawarkan program loyalty, di mana pelanggan bisa memperoleh poin untuk ditukarkan dengan reward tertentu.
  • Melakukan survey dengan meminta feedback via email atau media sosial untuk meningkatkan kepuasan mereka.

Tentunya, strategi digital marketing ini sudah sukses dipakai oleh banyak pebisnis! Berikut ini beberapa kelebihan dari memakai inbound marketing :

  • Terbukti 20 kali lebih efektif dan murah sebab memakai media yang dipakai banyak orang. Seperti media sosial, email, dan lainnya.
  • Lebih mudah mendapat konsumen sebab menyasar audiens spesifik yang sudah Jadi, produk bisa benar-benar menjawab permasalahan dan kebutuhan para konsumen tersebut.
  • Pemasaran tak mengganggu dan memaksa konsumen yang bisa menimbulkan efek negatif bagi bisnis.

b. Content Marketing

Content marketing merupakan suatu teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten. Di mana teknik ini dilakukan untuk menarik audiens dan mengonversi mereka jadi konsumen.

Menurut riset :

  • 91% Business to Business (B2B) marketer memakai content marketing untuk menjangkau konsumen.
  • 86% Business to Customer (B2C) marketer percaya bahwa content marketing merupakan kunci utama strategi marketing.

Content marketing adalah strategi pemasaran digital yang terbilang baru. Tapi, jenis strategi digital marketing satu ini sudah sukses dipakai oleh perusahaan besar seperti :

  • Hubspot,
  • Buffer,
  • dan lainnya.

Berikut ini beberapa alasan kenapa content marketing ini penting :

  • jadi investasi jangka panjang
  • mendapatkan kepercayaan konsumen
  • meningkatkan brand awareness dan trafik
  • memperbaiki kualitas SEO
  • konversi pelanggan

Tapi bukan konten asal. Content marketing mengajak Anda untuk merancang konten dengan prinsip : penting, relevan, dan konsisten. Sehingga, konten akan :

  • relevan bagi bisnis,
  • menjawab kebutuhan target audiens, dan
  • diproduksi secara konsisten.

Konten ini tak terbatas pada artikel atau video saja, tapi juga copywriting pada iklan. Copywriting merupakan teknik membujuk pembaca untuk mengikuti perintah / petunjuk Anda.

Ini beberapa contoh bentuk content marketing yang mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda yang sering menjalankan strategi digital marketing :

Blog

Melalui content marketing blog, Anda dapat menuangkan informasi yang diperlukan pembaca sampai mengarahkannya menuju halaman pembelian.

Ebook

Bila memerlukan media yang lebih panjang dari blog, Anda dapat memanfaatkan ebook. ebook pun dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan leads atau kontak pelanggan dari syarat mendownload ebook. Leads tersebut nantinya dapat Anda konversi jadi konsumen.

Email

Email menjadi sarana komunikasi secara langsung dengan konsumen Anda. Konten yang dikirimkan dalam email marketing sebenarnya adalah bentuk dari content marketing.

Media Sosial

Tiap jenis media sosial tentu punya karakteristik konten yang berbeda. Oleh karenanya, untuk menjalankan content marketing di media sosial bisa disebut dengan sosmed marketing.

Social Media Marketing

c. Social Media (Sosmed) Marketing

Social media marketing merupakan strategi digital marketing dengan memakai platform media sosial. Jenis konten yang dapat Anda pakai di media sosial cukup beragam, seperti :

  • informasi umum,
  • panduan,
  • promo produk,
  • kuis,
  • launching produk,
  • dll.

Bila target konsumen Anda adalah pengguna aktif media sosial, sosmed marketing wajib diterapkan. Terlebih lagi, ada sekitar 160 juta orang Indonesia yang merupakan pengguna media sosial aktif.

Ada cukup banyak platform media sosial yang dapat Anda pakai. Tapi, Anda tetap harus memilih platform yang tepat untuk kesuksesan strategi marketing Anda.

Berikut beberapa jenis sosmed marketing yang dapat dicoba untuk menjalankan strategi digital marketing Anda :

1. Instagram Marketing

Potensi Instagram (IG) untuk pemasaran produk memang tidak perlu diragukan lagi. Terlebih saat ini IG menyediakan fitur lengkap untuk penjualan produk, seperti :

  • akun khusus bisnis,
  • instagram Shopping, dan
  • Instagram Ads.

2. Facebook Marketing

Banyaknya jumlah pengguna Facebook di Indonesia membuat strategi marketing yang satu ini wajib Anda terapkan. Anda bisa posting konten yang menarik dan mengiklankan produk memakai Facebook Ads dan Facebook Toko / Marketplace.

3. TikTok Marketing

Popularitas TikTok yang semakin melejit tentu jadi incaran banyak pebisnis sebagai tempat promosi online. Terlebih TikTok pun sudah menyediakan fasilitas TikTok Ads untuk para pebisnis.

Anda juga bisa membuat konten menarik untuk brand awareness seperti :

  • konten challenge,
  • duet,
  • dan lainnya.

4. YouTube Marketing

YouTube pun bisa jadi pilihan Anda dalam menjalankan strategi marketing online yang efektif. Apalagi YouTube saat ini jadi platform video paling terkenal di jagat maya. Anda dapat mempromosikan produk dan konten video menarik lainnya di channel YouTube.

5. Twitter Marketing

Ingin bisnis Anda lebih dikenal? Twitter bisa jadi pilihan. Faktanya 80% pengguna melakukan mention brand di tweet mereka. Anda juga dapat membuat konten menarik dengan menyertakan hashtag di tiap kampanye produk.

Sebelum memilih platform mana yang dipakai, ada baiknya Anda melakukan riset lebih dahulu. Pastikan platform tersebut sesuai dengan target konsumen Anda.

Baca juga: Tempat Rekomendasi Promosi Bisnis Online

d. Influencer Marketing

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya influencer? Influencer yaitu orang yang dapat memberikan pengaruh banyak orang.

Secara sederhana, influencer marketing merupakan strategi digital marketing yang mengajak seorang influencer untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan / sales.

Jenis influencer terbagi jadi 2 yakni, berdasarkan

  1. Platformnya, seperti :
  • Selebgram (Instagram),
  • YouTuber (YouTube), dan
  • Blogger (Blog).
  1. Jumlah followersnya, seperti :
  • influencer mikro (10-an ribu follower),
  • influencer makro (100-an ribu follower), dan
  • influencer premium (jutaan follower).

Meski budget yang dikeluarkan mungkin cukup banyak, namun manfaat yang Anda peroleh pun sebanding. Apalagi untuk :

  • menjangkau lebih banyak konsumen, dan
  • meningkatkan brand awareness.

Terbukti, 53% konsumen wanita ternyata melakukan pembelian produk setelah melihat postingan dari influencer.

Jadi, bila mau memakai strategi marketing ini, pastikan Anda memilih influencer yang sesuai dengan target konsumen. Sesuaikan pula budget dengan influencer yang Anda pilih.

Baca Juga: Mengenal Konsep Pemasaran

Search Engine Optimization

e. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi digital marketing yang efektif berikutnya yaitu SEO atau search engine optimization. SEO ialah serangkaian proses yang dilakukan agar website mendapatkan peringkat teratas di pencarian search engine seperti Google.

Perlu Anda ketahui bahwa 90% orang mencari informasi via Google. Sementara itu, 91,5% trafik di dunia yang diperoleh website muncul di halaman pertama Google. Jadi, bila mau bisnis Anda ditemukan lebih banyak orang, SEO bisa menjadi solusinya!

Saat mau memakai strategi SEO, Anda perlu mempelajari cara Google meranking website. Beberapa hal yang menjadi indikator perangkingan dari Google, seperti :

  • keyword yang dipakai,
  • struktur URL,
  • keamanan dan kecepatan website,
  • topik konten,
  • search intent,
  • struktur konten,
  • meta tags,
  • backlink, dan
  • mobile friendly.

Supaya tak kewalahan dengan berbagai indikator ranking di atas, Anda dapat melakukan optimasi SEO berdasarkan jenisnya. Jenis SEO sebagai strategi digital marketing sendiri ada 3 macam, yakni :

1) SEO On Page

Optimasi SEO yang dilakukan dari dalam website atau fokus pada konten. Misalnya :

  • membenahi struktur konten,
  • pemakaian heading,
  • permalink,
  • kecepatan website,
  • tema responsif, dan
  • interlinking.
2) SEO Off Page

Optimasi SEO yang dilakukan dari luar website. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas dan relevansi website.

Misalnya, dengan menambah backlink atau website lain yang merujuk ke konten Anda. Makin berkualitas website yang me-link ke website Anda, maka makin besar peluang untuk naik peringkat.

3) Technical SEO

Upaya mengoptimasi back-end website sehingga performanya jadi oke. Baik dari struktur web, kecepatan dan keamanan website, dsb.

Jenis digital marketing ini cocok bagi semua bidang bisnis, termasuk bagi perusahaan baru ataupun yang sudah lama berjalan.

Untungnya, strategi SEO ini dapat Anda jalankan untuk jangka panjang secara gratis dan selalu berkembang. Artinya, SEO bisa menjadi investasi strategi marketing online yang efektif untuk Anda coba.

f. Search Engine Marketing (SEM)

Selain SEO, ada strategi digital marketing lain yang dapat Anda coba yakni Search Engine Marketing atau SEM. Secara sederhana, SEM merupakan teknik pemasaran dengan mengiklankan website di hasil pencarian, seperti Google.

Sebab SEM adalah praktik mengiklankan website, di mana Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Biasanya layanan iklan seperti Google Ads memakai metode Pay per Click (PPC). Artinya, Anda hanya akan membayar sesuai dengan jumlah klik iklan Anda.

Meskipun Anda harus mengeluarkan budget, hasil yang diperoleh cukup menguntungkan. Menurut survei, tiap 1$ yang dikeluarkan untuk modal Google Ads, profit yang diperoleh bisa sebesar 8$.

Dengan kata lain, sebuah bisnis berpeluang memperoleh keuntungan hingga 8x lipat. Bila mau bisnis muncul di halaman teratas Google dengan waktu yang relatif cepat dibanding SEO, Anda dapat memanfaatkan SEM.

Sebab jenis strategi ini berbayar. Sehingga tentu banyak manfaat istimewa yang akan Anda peroleh, di antaranya :

  • meningkatkan conversion rate;
  • hasil relatif lebih cepat daripada SEO;
  • dapat menentukan target audiens;
  • biayanya terbilang lebih kecil / minim daripada metode iklan secara tradisional.

Namun ada hal penting yang perlu Anda ingat. Meski instan, jangan menerapkan jenis strategi ini secara sembarangan. Pantau pula efektivitas dan efisiensinya bagi bisnis Anda.

g. Affiliate Marketing

Strategi digital marketing lainnya yang dapat Anda coba terapkan yaitu affiliate marketing. Sederhananya, affiliate marketing merupakan metode pemasaran dengan sistem bagi hasil atau pemberian komisi dengan orang yang berhasil menjualkan produk.

Komisi yang diberikan pada afiliator juga dapat Anda sesuaikan. Bisa 10%, 50%, bahkan ada juga yang 70%. Dengan affiliate marketing ini, Anda seperti punya banyak sales yang membantu memasarkan produk.

h. Direct Marketing

Anda tentu pernah memperoleh SMS penawaran paket pulsa dari provider tertentu atau promo diskon dari restoran cepat saji. Upaya yang dilakukan itu adalah salah satu contoh penerapan dari direct marketing.

Direct marketing merupakan strategi digital marketing yang mengandalkan komunikasi atau penjualan secara langsung. Misalnya secara tatap muka atau via media, seperti :

  • telepon,
  • email, dan
  • SMS.

Banyak keuntungan yang Anda peroleh dengan memakai direct marketing :

  • Dapat memperoleh respons lebih cepat.
  • Biaya promosi lebih hemat sebab tak perlu memakai jasa media iklan.
  • Loyalitas pelanggan meningkat.

Untuk bisa menjalankan strategi digital marketing ini dengan baik, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan :

1. Menentukan target yang jelas

Dapat dikatakan direct marketing adalah lanjutan dari strategi marketing lainnya, seperti content marketing. Jadi, di direct marketing ini Anda harus tahu siapa saja calon konsumen yang berpotensi untuk dikonversi jadi konsumen.

2. Merencanakan bentuk promosi

Pastikan Anda sudah menyiapkan konten promosi yang sesuai dengan target konsumen Anda. Misalnya, promo diskon 75% jasa backlink spesial Hari Kemerdekaan dan lainnya.

3. Memahami etika dan hukum direct marketing

Saat Anda akan melakukan direct marketing, pastikan calon konsumen bersedia untuk dihubungi. Misalnya via email, pastikan mereka adalah pelanggan yang sudah mengisi form subscriber email Anda.

i. Email Marketing

Selanjutnya, email marketing. Strategi digital marketing ini adalah upaya pemasaran memakai media email. Menurut survei, strategi email marketing ternyata 40 kali lipat lebih baik bila dibanding dengan media sosial.

Berikut ini beberapa alasan kenapa email marketing menjadi pilihan banyak pebisnis :

  1. Biaya lebih hemat, tapi hasil maksimal.
  2. Jangkauan dari strategi ini sangat luas, karena mengingat 90% konsumen mengecek email tiap hari.
  3. Mudah menjangkau berbagai perangkat.
  4. Sebanyak 86% konsumen mau menerima informasi produk langganan mereka via email 1 bulan sekali.
  5. Email bisa menyampaikan pesan perusahaan / bisnis secara efektif.

Menjalankan strategi digital marketing ini juga tidak boleh sembarang. Bila mau menerapkannya sebagai strategi marketing, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Mulai dari :

  • memilih tools marketing,
  • membangun email list,
  • membuat segmentasi email list,
  • dan masih banyak lagi.

Supaya email marketing ini benar-benar bermanfaat untuk bisnis, Anda harus membuat pesan yang personal dan relevan. Misalnya,

  • menyapa calon pelanggan Anda dengan nama mereka sendiri,
  • mengingatkan tagihan / invoice pembayaran,
  • mengirim rekomendasi konten sesuai dengan minat calon pelanggan Anda,
  • dll.

Bagusnya lagi, email marketing bisa jadi cara Anda menjalin komunikasi jangka panjang dengan calon pelanggan ataupun pelanggan. Dengan kata lain, Anda dapat menyaring berbagai info penting yang mereka perlukan.

Tentunya, hal ini berbeda dengan channel digital marketing lain yang menyajikan seabrek informasi. Sehingga, target audiens malah susah menyaring mana yang penting untuk mereka.

j. Community Marketing

Community marketing merupakan strategi digital marketing yang dilakukan dengan cara aktif berinteraksi dengan komunitas konsumen milik bisnis. Baik itu secara offline ataupun online. Misalnya, di :

  • grup Facebook,
  • event virtual,
  • seminar,
  • forum online,
  • dll.

Fokus utama dari community marketing ini yaitu membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Itulah kenapa, Anda perlu selalu mendengarkan dan merespons apa yang sedang konsumen perlukan.

Selain itu, Anda pun berpeluang menjangkau lebih banyak pelanggan baru yang memang tertarik dengan bidang produk Anda. Faktanya, 77% bisnis sudah mempercayai komunitas dapat meningkatkan brand awareness Anda.

Intinya, lewat community marketing ini, Anda sebenarnya berpeluang meningkatkan :

  • penjualan,
  • pelanggan baru,
  • menambah leads,
  • dll.

Berikut ini 2 jenis strategi digital marketing ini (community marketing) yang harus Anda ketahui :

1. Organic Community Marketing

Jenis community marketing ini adalah komunitas yang dibentuk sendiri oleh konsumen. Contohnya grup FB penggemar atau pelanggan di kota tertentu. Adanya komunitas ini bisa membuat pelanggan saling :

  • berdiskusi,
  • tanya jawab, dan
  • memberikan saran.

Tapi, dampak negatifnya, mereka bisa saja memberikan komentar buruk tentang produk pada pelanggan lain.

2. Sponsored Community Marketing

Jenis community marketing ini yaitu komunitas yang memang dibuat oleh bisnis untuk konsumen. Jadi, di sini mereka bisa langsung berkomunikasi dengan Anda.

Dengan jenis ini, Anda dapat turut mengawasi dan memberikan respons. Sehingga, bisa meminimalkan kesalahpahaman dan hal negatif lainnya.

k. Word of Mouth Marketing

Seperti namanya, word of mouth marketing (WoM marketing) merupakan strategi digital marketing atau pemasaran yang dilakukan oleh konsumen pada orang-orang terdekatnya.

Biasanya, pemasaran ini dilatarbelakangi oleh kepuasan seseorang setelah beli produk suatu bisnis. Teknik WoM ini pun dapat dimanfaatkan dengan membuat testimoni konsumen yang dibagikan di beberapa channel pemasaran Anda.

Dalam strategi pemasaran ini ada 3 unsur penting untuk memaksimalkan hasil, yakni :

  • Engage : upaya untuk mendorong konsumen berinteraksi dan menghadirkan rasa memiliki. Caranya dapat dengan aktif membalas komentar pelanggan di media sosial.
  • Equip : upaya agar konsumen memperoleh kesan yang baik dari produk Anda. Sehingga konsumen dengan sukarela membagikan pengalamannya.
  • Empower : upaya konsumen membagikan cerita mereka. Anda dapat membuat kampanye brand di media sosial.

Bagaimana? Tertarik memakai strategi digital marketing WoM? Pastikan dulu Anda sudah merancang :

  • branding yang baik,
  • media sosial yang aktif, dan
  • konten-konten yang menarik untuk konsumen.

l. Video Marketing

Mungkin video marketing merupakan salah satu jenis strategi digital marketing yang paling populer. Faktanya, 89% pelaku marketing setuju teknik promosi melalui video cukup berdampak pada ROI perusahaan.

Bukan tanpa alasan, ini beberapa kelebihan video marketing :

  • Video meningkatkan pemahaman konsumen akan produk Anda;
  • Meningkatkan conversion;
  • Video jadi tren terkini;
  • Pelanggan lebih suka membagikan video;
  • Video merupakan masa depan marketing.

Format video marketing juga ada berbagai macam seperti :

  • video demo,
  • event,
  • tutorial,
  • interview,
  • product update,
  • dll.

Selain YouTube, masih ada banyak platform video marketing yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari :

  • website,
  • TikTok,
  • ads,
  • dll.

m. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Clik (PPC) merupakan strategi digital marketing di mana pebisnis hanya perlu membayar tiap iklan yang diklik atau direspons audiens.

Kelebihan PPC antara lain:

  • Bisa mengatur target audiens;
  • Hasil lebih cepat;
  • Bisa disesuaikan dengan anggaran Anda;
  • Algoritma tak mempengaruhi PPC;
  • Target audiens susah membedakan PPC dengan organik.

Berbeda dengan SEM, penggunaan PPC lebih umum. Bukan hanya untuk mesin pencarian saja, PPC pun hadir dalam bentuk iklan apapun yang dapat diklik. Misalnya :

  • Google Ads,
  • Facebook Ads,
  • TikTok Ads,
  • dll.

n. Native Advertising

Mungkin, Anda jarang mendengar istilah Native Advertising. Native Advertising merupakan strategi digital marketing dengan konten berbayar yang dipasang di platform tertentu.

Uniknya, format kontennya mirip dengan postingan biasa. Sehingga, strategi ini lebih menarik untuk diklik.

Strategi Digital Marketing Mana yang Akan Anda Gunakan?

Daftar di atas merupakan beberapa jenis strategi digital marketing yang baik untuk Anda coba. Lalu kira-kira strategi mana yang akan diterapkan untuk bisnis Anda? Content marketing? Community marketing? Atau co-branding?

Apapun jenis yang akan digunakan, pastikan sebelumnya Anda sudah membuat tujuan pemasaran dan target konsumen. Langkah ini penting dilakukan, agar strategi yang Anda jalankan berhasil.

Misalnya, mau menerapkan social media marketing, Anda harus riset terlebih dahulu :

  • platform yang akan dipakai,
  • siapa target konsumennya,
  • jenis konten yang sesuai,
  • dll.

Sekian info seputar strategi digital marketing untuk meningkatkan omset bisnis, semoga post ini berguna untuk kalian. Kami berharap post panduang digital marketing ini dibagikan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi : Jasa Pembuatan Website

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WeCreativez WhatsApp Support
Soleh Agus
Hai 👋 Ada yang bisa kami bantu?