Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Solusi Mengatasi Insomnia atau Penyakit Susah Tidur

Topik kita kali ini ialah solusi mengatasi insomnia atau penyakit susah tidur. Insomnia merupakan kondisi saat seseorang mengalami kesulitan tidur. Gangguan ini membuat dirinya tidak punya waktu untuk tidur yang diperlukan tubuh. Hal tersebut mengakibatkan kondisi fisik penderita insomnia jadi tak cukup fit untuk menjalankan aktivitas keesokan harinya.

Solusi Mengatasi Insomnia

Insomnia atau Susah Tidur

Masalah ini bisa terjadi dalam jangka pendek (akut) sampai jangka panjang (kronis). Selain itu, tidur adalah keadaan tak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan tubuh beristirahat. Ketika tidur, tubuh akan melalui siklus yang bergantian antara tidur gerakan mata cepat dengan tidur non-gerakan mata cepat.

Seseorang mungkin akan lewat 4 atau 5 siklus tidur dalam semalam. Satu siklus tidur ini kurang lebih berlangsung selama 90 menit. Siklus ini diawali 4 tahap tidur non-REM, terdiri atas tidur ringan hingga tidur dalam. Kemudian, dilanjutkan dengan tidur REM dan di tahap inilah proses mimpi terjadi.

Faktor Resiko Insomnia

Sebelum mencari solusi mengatasi insomnia, ada baiknya mengetahui lebih dulu faktor resiko dari penyakit ini. Faktanya, insomnia bisa terjadi pada semua rentang usia. Tapi lebih rentan terjadi pada wanita dibandingkan pria dan seseorang yang sudah lanjut usia.

Beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami masalah tidur ini, yaitu antara lain :

  • Masalah mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, sampai gangguan stres pasca trauma (PTSD).
  • Bekerja shift, pekerjaan seperti ini dapat mengubah jam biologis tubuh.
  • Saat menstruasi tubuh akan mengalami perubahan hormon. Kondisi tersebut menimbulkan gejala hot flashes atau keringat di malam hari, sehingga mengakibatkan gangguan tidur.
  • Insomnia meningkat seiring dengan bertambahnya usia / umur.
  • Melakukan perjalanan jauh atau jet lag karena melintasi beberapa zona waktu pun dapat memicu insomnia.

Selain itu, menderita kondisi medis tertentu, seperti obesitas dan penyakit kardiovaskuler pun bisa mengakibatkan seseorang mengalami insomnia. Masa menopause disebut juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan yang bikin sulit tidur ini.

Penyebab Insomnia

Untuk mencari solusi mengatasi insomnia Anda harus tahu selain faktor resioko juga penyebabnya lebih dulu. Ada beberapa faktor penyebab insomnia yang akhirnya berujung pada kondisi susah tidur dalam jangka waktu yang cukup lama.

Faktor ini seperti akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar. Selain itu juga akibat gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, serta efek samping obat-obatan, seperti :

  • Mengalami stress
  • Mengingat peristiwa yang traumatis
  • Adanya perubahan kebiasaan tidur seperti tinggal di rumah baru, dll
  • Alami jet lag
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • dll

Insomnia yang kronis bisa berlangsung paling tidak selama 3 bulan dan juga bisa bersifat primer atau sekunder. Sejauh ini, gangguan tidur dengan jenis primer tak diketahui penyebabnya. Tapi pada tipe sekunder, kondisi lain yang bisa terjadi, seperti

  • pengaruh kondisi medis,
  • masalah psikologis,
  • penggunaan zat tertentu,
  • menderita diabetes,
  • dll.
Gejala Insomnia

Gejala atau tanda juga harus dipahami sebelum mencari solusi mengatasi insomnia ini. Seseorang yang mengalami insomnia sangat susah untuk merasakan kantuk, sehingga menentukan ukuran tidur normal. Karena kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh

  • usia,
  • gaya hidup,
  • lingkungan,
  • pola makan,
  • dll.

Gejala-gejala insomnia yang paling umum, antara lain :

  • Susah untuk merasakan kantuk dan tak dapat tertidur,
  • Terbangun pada malam hari atau dini hari dan tak dapat tidur kembali,
  • Merasa lelah,
  • Emosional,
  • Susah berkonsentrasi,
  • Tak dapat menjalankan aktivitas secara baik pada siang hari,
  • Tak dapat tidur siang walaupun tubuh terasa lelah,
  • dll.
Diagnosis Insomnia

Diagnosis merupakan salah satu faktor penting dalam menemukan solusi mengatasi insomnia. Untuk mendiagnosis insomnia, dokter akan mengawali dengan wawancara medis para penderitanya seputar :

  • Rutinitas tidur.
  • Gaya hidup yang buruk, misalnya kebiasaan mengkonsumsi kopi atau minuman keras secara berlebihan.
  • Porsi olahraga.
  • Riwayat kesehatan (penyakit yang mungkin diderita).
  • Obat-obatan yang mungkin dikonsumsi.

Selain itu, dokter pun akan meminta bikin buku harian tidur minimal selama 2 minggu. Langkah ini bisa membantu dokter memahami pola tidur dan mengukur tingkat keparahan insomnia yang dialami.

Beberapa informasi yang mesti dicantumkan di dalam buku harian tidur biasanya, meliputi

  • waktu yang dibutuhkan untuk bisa terlelap,
  • pukul berapa kira-kira mulai tidur,
  • berapa kali terbangun di malam hari, dan
  • pukul berapa terbangun.

Informasi yang lengkap dalam buku ini akan membantu dokter dalam menangani insomnia secara tepat.

Komplikasi Insomnia

Tidur punya banyak keistimewaan untuk tubuh, mulai dari kesehatan fisik sampai psikis. Jika dibiarkan tanpa penanganan dan solusi mengatasi insomnia apalagi sudah berlangsung lama, maka dapat menimbulkan berbagai masalah lainnya. Masalah ini mulai dari :

  • menurunkan produktivitas dan juga konsentrasi
  • gangguan kesehatan mental
  • memperburuk berbagai penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dll

Pencegahan Insomnia

Solusi mengatasi insomnia yang pertama kalinya adalah pencegahan sebelum terjadi. Periksakan diri ke dokter bila kesulitan untuk tidur atau sulit mempertahankan tidur. Terlebih lagi bila hal tersebut berdampak pada kehidupan sehari-hari. Kelelahan karena insomnia bisa mempengaruhi suasana hati serta menciptakan masalah di dalam hubungan dengan orang-orang terdekat dan rekan kerja.

Berikut ini beberapa cara yang efektif untuk mencegah terjadinya gangguan / sulit tidur :

  • Berusaha untuk tidur di waktu yang sama tiap malam dan ketika bangun di pagi hari. Pastikan pula tak tidur siang sebab bisa mengurangi rasa kantuk di malam hari.
  • Hindari memakai smartphone ketika sudah memasuki jam tidur supaya rasa kantuk tak
  • Hindari konsumsi kafein, nikotin, dan alkohol di siang hari yang bisa mempengaruhi pola tidur.
  • Usahakan untuk berolahraga secara teratur tiap hari dan lakukan jauh sebelum waktunya tidur.
  • Bikin kamar jadi tempat yang nyaman dan pakai alat-alat yang mempermudah untuk tidur.

Pengobatan Insomnia

Dalam mengobati dan mendapatkan solusi mengatasi insomnia, hal pertama yang dilakukan oleh dokter adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebab. Bila insomnia didasari oleh kebiasaan atau pola hidup tertentu yang tak sehat, maka dokter akan menganjurkan untuk memperbaikinya. Bila insomnia diakibatkan oleh gangguan kesehatan, maka dokter akan lebih dulu mengatasi kondisi yang mendasari rasa cemas tersebut. Misalnya, gangguan kecemasan, dll.

Dalam beberapa kasus insomnia, dokter akan menganjurkan supaya menjalani terapi perilaku kognitif. Terapi ini dapat membantu untuk mengubah perilaku dan pola pikir yang memengaruhi tidur mereka.

Andaikan dianggap perlu, tidak menutup kemungkinan dokter akan meresepkan obat tidur untuk beberapa waktu. Tapi, obat tidur adalah solusi yang bersifat sementara saja. Hal yang harus digarisbawahi, penanganan insomnia jarang berhasil jika tidak mencari solusi dari akar penyebabnya.

Solusi Mengatasi Insomnia

Berikut ini solusi insomnia dari Synergy WorldWide :

  1. Chlorophyll Plus
  2. Noni Plus

Harga paket suplemen solusi mengatasi insomnia yaitu : Rp 767.500

Insomnia

Pemesanan Paket Solusi Insomnia

order sekarang

Harga paket solusi insomnia di atas khusus untuk wilayah Jabodetabek dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga paket suplemen insomnia untuk wilayah lain bisa kontak kami. Paket solusi insomnia ini juga bisa dibeli dengan cara klik pada “Menu Order” atau lewat aplikasi SBiz Synergy.

Demikian info perihal solusi mengatasi insomnia atau susah tidur, semoga artikel kali ini bermanfaat buat Anda. Kami berharap artikel solusi sehat dari Synergy WorldWide ini diviralkan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.