Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Solusi Mengatasi Bronkitis yang Bisa Anda Coba

Di artikel ini kami akan jelaskan terkait dengan solusi mengatasi bronkitis yang bisa Anda coba. Bronkitis (bronchitis) merupakan penyakit yang terjadi disebabkan adanya infeksi pada bronkus. Bronkus adalah saluran pernapasan utama dari paru-paru. Akibatnya, terjadi peradangan atau inflamasi yang lalu memicu gejala gangguan pernapasan.

Solusi Mengatasi Bronkitis

Jenis Bronkitis

Bronkitis dibagi jadi 2 jenis, yakni :

a. Bronkitis akut

Ini adalah jenis bronkitis yang dapat mengakibatkan penderitanya mengalami gejala sampai 2 atau 3 minggu. Bronkitis jenis ini merupakan gangguan infeksi sistem pernapasan yang cukup umum terjadi. Korban yang paling sering terserang penyakit bronkitis ini yaitu anak-anak berusia di bawah 5 tahun.

b. Bronkitis kronis

Ini adalah jenis bronkitis yang diakibatkan oleh infeksi bronkus dan bertahan setidaknya 3 bulan dalam satu tahun dan dapat berulang di tahun berikutnya. Bronkitis kronis berbeda dengan bronkitis akut. Bronkitis kronis biasanya lebih sering menyerang orang-orang dengan usia di atas 40 tahun.

Faktor Resiko Bronkitis

Sebelum mencari solusi mengatasi bronkitis, ada baiknya mengetahui lebih dulu faktor resiko dari penyakit ini. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami bronkitis, antara lain :

  • Kebiasaan merokok atau mengisap asap rokok.
  • Tak memperoleh vaksin influenza atau pneumonia.
  • Terpapar berbagai zat berbahaya, seperti debu, amonia, klorin, dll saat bekerja atau melakukan aktivitas harian.
  • Anak berumur di bawah 5 tahun atau orang dewasa yang lebih dari 40 tahun.
  • Punya sistem imun / kekebalan tubuh yang lemah.
  • Memiliki riwayat penyakit lain, seperti penyakit refluks asam lambung (GERD), dll.
Penyebab Bronkitis

Untuk mencari solusi mengatasi bronkitis Anda harus tahu penyebabnya lebih dulu. Bronkitis akut disebabkan karena infeksi paru-paru yang pada banyak kasus penyebabnya yaitu virus. Iritasi dan peradangan mengakibatkan bronkus menghasilkan lendir lebih banyak. Sementara itu, penyebab bronkitis kronis yang paling umum yaitu merokok, baik itu perokok pasif ataupun aktif. Di tiap isapan rokok, ada zat yang dapat berpotensi untuk merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru. Bulu-bulu dalam paru-paru ini dinamakan rambut silia.

Padahal, rambut silia berfungsi buat menghalau dan menyapu keluar debu dan iritasi serta lendir berlebihan. Paparan dari asap rokok dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan kerusakan secara permanen pada rambut silia dan lapisan dinding bronkus. Ketika hal ini terjadi, kotoran tak dapat dikeluarkan dan dibuang dengan normal. Sehingga lendir dan kotoran menumpuk di dalam paru-paru. Makin lama, kondisi ini bisa membuat sistem pernapasan jadi rentan mengalami infeksi.

Gejala Bronkitis

Gejala atau tanda juga harus dipahami sebelum mencari solusi mengatasi bronkitis ini. Berikut ini beberapa gejala dari penyakit bronkitis :

  • Batuk disertai dengan lendir yang berwarna kuning keabu-abuan atau hijau;
  • Sakit tenggorokan;
  • Sesak napas;
  • Hidung yang beringus atau tersumbat;
  • Sakit atau rasa tak nyaman di dada;
  • Kelelahan; dan
  • Demam ringan.
Diagnosis Bronkitis

Diagnosis merupakan salah satu faktor penting dalam menemukan solusi mengatasi bronkitis. Untuk memastikan apakah seseorang mengalami bronkitis, maka dibutuhkan beberapa langkah pemeriksaan untuk memastikannya. Caranya dimulai dengan pemeriksaan terhadap :

  • gejala yang muncul,
  • riwayat kesehatan yang dialami penderitanya,
  • faktor risiko yang ada,
  • dll.

Ketika menjalani pemeriksaan awal, dokter akan mengamati kondisi paru memakai stetoskop saat bernapas. Beberapa tes lain pun diperlukan untuk mendiagnosis bronkitis. Tes tersebut, antara lain :

a. Rontgen dada

Rontgen pada dada untuk mendeteksi kondisi sistem pernapasan secara keseluruhan dan hal-hal lain penyebab atau pemicu timbulnya batuk.

b. Pemeriksaan kadar oksigen dalam darah

Ketika tes ini dijalankan, alat yang berupa sensor khusus akan dipakai. Lalu alat ini ditempelkan pada jari untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah.

c. Tes darah

d. Tes fungsi paru

Alat tes ini berupa tabung atau selang yang dinamakan spirometer. Alat tersebut akan dipakai selama proses pemeriksaan ini. Penderitanya akan diminta untuk menghirup dan mengembuskan napas lewat spirometer. Alat ini juga akan menunjukkan fungsi paru pasien.

Komplikasi Bronkitis

Jika tidak segera mencari solusi mengatasi bronkitis dengan tepat maka dapat memicu terjadinya komplikasi. Pneumonia meruakan komplikasi bronkitis yang paling mungkin terjadi. Komplikasi bronkitis ini dapat muncul ketika infeksi menyebar lebih jauh ke paru-paru. Infeksi ini lalu menyebabkan kantung udara dalam paru-paru terisi dengan cairan. Faktanya, sekitar 5% kasus bronkitis berujung pada pneumonia.

Bagi penderita bronkitis dengan 3 faktor harus dirawat di rumah sakit. 3 faktor tersebut yaitu telah lanjut usia, perokok, dan orang yang dalam kondisi sakit. Karena mereka rentan terkena pneumonia. Jadi, tindakan ini baik dilakukan sebagai bentuk pencegahan supaya terhindar dari pneumonia.

Pencegahan Bronkitis

Solusi mengatasi bronkitis yang pertama kalinya adalah pencegahan sebelum muncul. Saat sakit batuk dahak dan terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang, sebaiknya segera periksakan pada dokter. Hal ini untuk mengetahui apakah ada resiko bronkitis atau tidak.

Pengobatan Bronkitis

Pengobatan menjadi solusi mengatasi bronkitis bila penyakit ini muncul atau lebih parah. Biasanya, bronkitis dapat diatasi dengan mudah di rumah. Tapi, kondisi ini bisa makin parah dan perlu perawatan di rumah sakit. Ini terjadi ketika :

  • Batuk yang dialami lebih parah dan dapat bertahan sampai lebih dari 3
  • Mengalami demam selama lebih dari 3
  • Batuk berdahak yang diikuti dengan darah.
  • Menderitapenyakit jantung atau paru-paru yang merupakan penyebab dasarnya. Misalnya, penyakit asma, emfisema, atau gagal jantung.

Pengobatan bronkitis yang dianjurkan :

  • Menghindari rokok.
  • Menerima vaksin flu dan pneumonia.
  • Menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan tiap usai beraktivitas.
  • Mengenakan masker untuk menghindari paparan senyawa berbahaya.
  • Bronkitis akut dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa pekan. Jadi kadang tak dibutuhkan pengobatan untuk bronkitis. Dianjurkan untuk minum banyak cairan dan juga banyak istirahat. Pada beberapa kasus, gejala bronkitis dapat bertahan lebih lama.
  • Gejala bronkitis kronis umumnya akan bertahan sekitar 3 Sayangnya, sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan bronkitis kronis. Namun ada obat yang dapat dipakai untuk meredakan gejala yang muncul. Sebaiknya jauhi dan hindari merokok atau lingkungan yang banyak perokok di sekitarnya. Kondisi ini dapat membuat gejala semakin parah.

Solusi Mengatasi Bronkitis

Berikut ini solusi bronkitis dari Synergy WorldWide :

  1. Chlorophyll Plus
  2. Noni Plus
  3. Colostrum

Harga paket suplemen solusi bronkitis yaitu : Rp 1.127.600

Bronchitis

Pemesanan Paket Solusi Bronkitis

order sekarang

Harga paket solusi bronkitis di atas khusus untuk wilayah Jabodetabek dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga paket suplemen bronkitis untuk wilayah lain bisa kontak kami. Paket solusi bronkitis ini juga bisa dibeli dengan cara klik pada “Menu Order” atau lewat aplikasi SBiz Synergy.

Sekian info perihal solusi mengatasi bronkitis yang bisa Anda coba, kami harap artikel ini membantu teman-teman semua. Mohon artikel solusi sehat dari Synergy WorldWide ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.