Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Perubahan Warna Urine bisa Mendeteksi suatu Penyakit

Perlu Anda ketahui, perubahan warna urine yang bersifat sederhana bisa disebabkan oleh pewarna makanan buatan yang tak baik bagi kesehatan. Selain itu bisa juga karena resep obat tertentu yang dikonsumsi. Tapi, terkadang warna urine yang abnormal atau bahkan ada darah, menandakan ada suatu penyakit tertentu yang sedang menyerang tubuh.

Perubahan Warna Urine

5 Perubahan Warna Urine

Urine atau air seni merupakan salah satu cara ampuh untuk mendiagnosa suatu penyakit yang ada didalam tubuh. Warna urine menjadi penentu sehat atau tidaknya seseorang. Bahkan, warna urin pun bisa memberikan berbagai informasi penyakit yang ada di dalam tubuh. Berikut dibawah ini 5 perubahan warna urine yang bisa deteksi penyakit.

a. Urine Warna Kuning Gelap

Jika warna urine Anda gelap, ini menunjukkan bila Anda sedang mengalami dehidrasi. Walaupun kedengarannya sepele, tapi Anda harus segera mengonsumsi cairan. Hal ini untuk menjaga kinerja dari kandung kemih.

b. Urine Warna Merah

Jika warna urine merah, ini menunjukkan didalam urin ada darahna. Dalam dunia medis ini disebut dengan hematuria. Kalau menemukan hal ini, Anda harus berkonsultasi ke dokter. Karena hal ini, bisa jadi Anda menderita penyakit

  • ginjal,
  • infeksi ginjal,
  • peradangan, atau
  • kanker.
c. Urine Berbau

Ingat, jangan pernah berpikir hanya pete dan jengkol saja yang dapat menyebabkan urin berbau. Bau yang menyengat pada urine menunjukkan adanya gangguan pada saluran kemih. Apalagi bila kondisi ini pun diiringi dengan demam. Kalau kondisi Anda demikian, sebaiknya waspadalah dan periksakan ke dokter.

d. Urine Berbuih

Ini merupakan salah satu gejala jika Anda mengalami penyakit ginjal. Ketika bagian penyaringan ginjal tak bekerja dengan baik, maka akan mengakibatkan penumpukkan protein dalam urin. Protein inilah yang membuat buih di dalam air seni. Kasus ini pun bisa mengarah pada penyakit tekanan darah tinggi. Sehingga Anda memerlukan obat menstabilkan tekanan darah tinggi alami yang jauh lebih baik.

e. Ada gas yang keluar

Bila ini terjadi pada Anda, artinya ada bakteri dalam kandung kemih Anda. Kehadiran bakteri yanga ada di dalam kandung kemih akan membuat air seni menjadi bergas. Apabila Anda memiliki riwayat infeksi saluran kemih, sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter. Tanda ini pun bisa mengarah pada adanya gangguan di usus.

Sekian informasi mengenai perubahan warna urine bisa mendeteksi suatu penyakit, semoga artikel kali ini bermanfaat buat sahabat semua. Mohon post dunia kesehatan ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Program Sehat Bugar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.