Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Penerapan Strategi Direct Marketing yang Efektif

Apakah Anda tahu apa itu direct marketing? Bila belum tahu apakah Anda penasaran tentang direct marketing? Kebetulan sekali, artikel ini akan menjelaskan pengertian dan strategi direct marketing.

Strategi Direct Marketing

Studi Kasus

“Hanya hari ini! Diskon 50% untuk pembelian minuman apapun – Grande size. Tukar SMS ini di Starbucks terdekat”.

Demikian SMS yang Anda terima suatu hari. Sebagai penggemar kopi dan diskon, Anda tertarik dengan isi pesan / SMS tersebut. Singkat cerita, Anda meluncur ke Starbucks demi diskon yang tak dapat diabaikan itu.

SMS berisi penawaran produk di atas merupakan salah satu bentuk strategi direct marketing.

Pengertian Direct Marketing

Direct marketing merupakan strategi pemasaran yang mengandalkan komunikasi atau distribusi langsung dari pemasar / marketer ke konsumen.

Strategi direct marketing ini dapat dilakukan secara tatap muka atau melalui media komunikasi seperti :

  • telepon,
  • email, dan
  • SMS.

Direct marketing tak melibatkan pihak ketiga seperti media iklan. Dengan begitu, Anda dapat langsung menerima respons dari pelanggan.

Contohnya sama seperti yang ada di studi kasus di atas ini. Anda harus menunjukkan SMS pada pihak Starbuck supaya dapat diskon. Artinya, Starbuck menerima respons langsung dari konsumen yang jadi target promosi.

Manfaat Direct Marketing

Ada beberapa manfaat strategi direct marketing yang bisa langsung Anda rasakan, antara lain:

1. Mendapat Respons Langsung dari Pelanggan

Pemasaran langsung ke pelanggan berpotensi akan menaikkan pendapatan bisnis. Karena pelanggan bisa langsung memanfaatkan diskon atau membeli rilisan terbatas produk yang Anda tawarkan.

Selain dari segi pendapatan, respons pelanggan bisa jadi ukuran keberhasilan strategi marketing Anda.

2. Hemat Biaya Promosi

Dengan strategi direct marketing yang tepat, bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Itu artinya Anda tak perlu memakai jasa media iklan yang menghabiskan banyak biaya.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Direct marketing akan memungkinkan Anda dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Anda secara personal bisa menanyakan kebutuhan pelanggan dan melakukan penyesuaian. Semakin mengenal pelanggan Anda maka pelanggan akan makin loyal.

Jenis Direct Marketing

Jika tertarik mencoba strategi direct marketing, Anda tidak perlu khawatir caranya itu-itu saja. Karena, ada banyak jenis direct marketing yang biasa dipakai antara lain :

a. Email Marketing

Memanfaatkan email untuk melakukan promosi produk bukanlah strategi yang ketinggalan zaman. Saat ini pengguna email aktif mencapai 3,9 miliar tiap harinya. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah sampai 4,3 miliar pada tahun 2023.

Apalagi 59% pengguna email mengatakan email marketing mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli produk. Hal ini menunjukkan email marketing masih sangat potensial.

Pemakaian strategi email marketing memungkinkan Anda menampilkan kesan profesional. Ditambah, Anda dapat menyisipkan berbagai lampiran yang menarik dalam promosi melalui e-mail. Salah satu yang menggunakan strategi direct marketing ini yaitu Google.

Google memakai email dalam mempromosikan layanan mereka sehari-hari. Sebagai raksasa teknologi, hal ini agak aneh bukan?

Tapi, nyatanya Google memakai email marketing untuk mengirimkan penawaran terbaru mereka. Untuk pelanggan tertentu, Google bahkan mengirimkan kupon Google Ads.

Baca juga: Tutorial Google Ads Lengkap untuk Pemula

b. Social Media Marketing

Media sosial (medsos) merupakan sasaran promosi bisnis paling potensial saat ini. Karena, berbagai generasi aktif memakai sosial media (sosmed), seperti :

  • Generasi milenial (90%)
  • Gen X (77,5%), dan
  • Baby boomers (48,2%).

Sosmed marketing mempermudah Anda dalam berkomunikasi langsung dengan pelanggan di seluruh dunia. Selain itu, penggunaan media sosial bisa dipakai untuk promosi produk secara rutin.

Keuntungan social media marketing yaitu potensi word of mouth. Sederhananya, konsumen yang menyukai produk Anda biasanya akan merekomendasikannya ke orang lain, seperti keluarga, sahabat, dll.

Faktanya 71% konsumen yang dapat produk bagus di media sosial akan merekomendasikannya ke teman dan keluarga.

c. Telemarketing

Telemarketing merupakan upaya promosi kepada konsumen potensial melalui sambungan telepon. Keuntungan telemarketing yaitu sifatnya yang personal dan interaktif.

Selain itu, telemarketing pun punya beberapa manfaat lain, seperti :

  • dapat menjelaskan permasalahan teknis yang dialami pelanggan dengan lebih jelas;
  • memungkinkan Anda melakukan penjualan langsung; dan
  • komunikasi yang tepat dapat mempengaruhi ketertarikan pelanggan.

Salah satu bisnis yang memakai jenis direct marketing yaitu bank. Untuk nasabah dengan kategori khusus, pihak bank akan menawarkan produk yang mungkin diperlukan nasabahnya. Misalnya menawarkan kartu kredit.

d. SMS Marketing

SMS marketing adalah bentuk promosi yang memakai pesan singkat. Salah satu bentuk dari SMS marketing yaitu penawaran diskon produk dalam waktu pendek.

Seperti yang Anda ketahui, Starbucks merupakan salah satu brand yang rajin memberikan diskon. Promo dari Starbucks rata-rata berupa potongan 50% dalam banyak istilah:

  • buy 1 get 1,
  • pay 1 for 2,
  • dan sejenisnya.

Mirip Starbucks, Dunkin Donuts pun memakai SMS marketing untuk melancarkan promosi. Perusahaan asal USA ini sering memberikan produknya secara gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Dibandingkan dengan strategi direct marketing lainnya, SMS marketing punya beberapa manfaat di antaranya :

  • Bentuk promosi yang mobile friendly. Ini tak lepas dari fakta bahwa SMS merupakan salah satu fitur bawaan ponsel.
  • SMS marketing pun bisa menyasar ke berbagai kalangan. Termasuk pada calon konsumen yang tak memakai smartphone yang penting memiliki HP.
  • Promosi dengan SMS bisa terkirim dan diterima dengan sangat cepat. Ketika pesan terkirim, bisa dipastikan calon pelanggan bisa langsung menerima pesan Anda.
e. Katalog

Meski area distribusinya terbatas, promosi via katalog adalah jenis strategi direct marketing yang efektif. Anda dapat memberikan rincian produk dan harga yang jelas di katalog. Kemudian menyebarluaskannya secara fisik ataupun digital.

Biasanya katalog dipakai usaha lokal yang menargetkan konsumen dari daerah yang sama. Jadi bila ada orang tertarik, mereka dapat langsung datang ke lokasi dan memeriksa ketersediaan produk Anda.

Anda pun mungkin familiar dengan beberapa supermarket masih memakai katalog dalam mempromosikan produk yang dijual. Berikut beberapa contoh supermarket yang rutin membagikan katalog di titik-titik keramaian :

  • Giant,
  • Carrefour,
  • Transmart, dan
  • Hypermart.
f. Penjualan Langsung

Bisnis yang punya anggaran promosi terbatas umumnya memakai metode ini. Meski demikian, penjualan langsung akan memungkinkan konsumen untuk melihat langsung produk yang ditawarkan.

Bila produk yang Anda tawarkan menarik maka pelanggan tak sungkan untuk beli produk tersebut. Selain itu, penjualan langsung akan memberikan kesempatan untuk memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan.

Pelanggan yang memerlukan produk bisa langsung menghubungi Anda. Salah satu contoh brand yang masih melakukan penjualan langsung yaitu Yakult dan Sari Roti.

Kelebihan & Kekurangan Direct Marketing

Berikut ini beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari direct marketing

Kelebihan Direct Marketing

Penerapan strategi direct marketing memiliki berbagai kelebihan. Berikut di antaranya.

1. Target yang jelas

Anda bisa mengirimkan pesan yang spesifik ke pelanggan atau calon pelanggan. Semakin mengenal target promosi maka penawaran Anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau selera mereka.

2. Informatif

Melalui direct marketing, Anda bisa memberikan detail informasi produk. Mulai dari :

  • harga,
  • cara memperoleh diskon,
  • keuntungan yang diperoleh dari penawaran Anda.

3. Personal

Melalui strategi direct marketing, Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan secara personal. Misalnya Anda bisa mengirim email ucapan pada pelanggan yang beli laptop di toko Anda.

Dalam pesan tersebut Anda sekaligus bisa menawarkan aksesoris laptop atau software yang mungkin diperlukan.

4. Terjangkau

Pemakaian jasa media iklan seperti televisi atau billboard mengharuskan Anda mengeluarkan biaya besar. Melalui direct marketing, Anda bisa menghemat biaya promosi.

Terjangkaunya harga internet misal, bikin promosi via email dan medsos bisa dilakukan secara luas dan mudah.

5. Hasil yang Terukur

Promosi yang dilakukan secara langsung bisa langsung diukur hasilnya. Misalnya, Anda mengirim promosi memakai kode diskon, Anda bisa langsung mengukur tingkat keberhasilan strategi ini.

Kekurangan Direct Marketing

Setelah mengetahui kelebihannya, berikut kekurangan strategi direct marketing.

1. Mengganggu

Sebagian orang menganggap direct marketing mengganggu. Contohnya SMS blast yang dilakukan provider seluler. Dalam satu hari, pelanggan dapat menerima banyak SMS yang berisi promosi sejenis.

Direct marketing yang mengganggu pelanggan maka akan memberi kesan buruk pada bisnis Anda. Selain itu, hal tersebut membuat konsumen tak tertarik untuk memakai produk Anda.

2. Banyaknya Kompetitor

Banyaknya bisnis yang memakai strategi direct marketing membuat promosi Anda tak nampak spesial. Contohnya dalam email marketing. Promosi Anda akan tenggelam dengan mudah saking banyaknya email yang diterima calon konsumen / pelanggan.

3. Sumber Daya

Pemakaian direct marketing seperti telepon memerlukan biaya yang besar. Karenanya, hanya perusahaan tertentu yang memakai metode ini dalam direct marketing.

Direct marketing seperti penjualan langsung pun menguras waktu dan tenaga yang besar. Dalam jenis usaha tertentu, direct marketing tak menghasilkan respons yang sebanding dengan sumber daya yang dikeluarkan.

Langkah Menjalankan Direct Marketing

Teknik direct marketing yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal bagi bisnis Anda. Berikut beberapa langkah strategi direct marketing yang perlu Anda cermati :

Target Pasar

1. Menentukan Target Pasar

Dari data yang dimiliki, seleksi pelanggan dan calon pelanggan potensial Anda. Perlu diingat, setiap pelanggan punya karakteristiknya masing-masing.

Pahami latar belakang dan kebutuhan tiap pelanggan. Sehingga Anda dapat menawarkan promosi yang sesuai. Secara umum, langkah menentukan target pasar yaitu sebagai berikut:

♦ Memulai dengan asumsi

Berdasarkan produk yang dimiliki, Anda dapat berasumsi siapa target pasar produk tersebut.

♦ Mencermati persaingan pasar

Anda harus cerdik dalam mencermati persaingan di lini bisnis Anda. Ini akan membantu Anda menemukan celah dalam memperoleh perhatian pelanggan.

♦ Berkomunikasi dengan pelanggan Anda

Komunikasi dengan pelanggan memungkinkan Anda tahu kekurangan dan kelebihan produk Anda.

♦ Manfaatkan analytics tools

Analytics tools berguna untuk tahu target dan trend pasar. Contohnya penggunaan Google Analytics dan Instagram Analytics.

♦ Menciptakan buyer persona

Buyer persona merupakan representasi pelanggan. Berdasarkan ciri fisik, demografi, dan lainnya, Anda bisa menggambarkan calon pelanggan Anda.

♦ Jelaskan keunggulan produk Anda

Calon pelanggan lebih mudah tertarik dengan sebuah produk bila tahu keunggulannya.

♦ Menciptakan brand positioning

Brand positioning bertujuan memberi kesan brand Anda. Dan target pasar akan terbentuk dengan sendirinya jika brand positioning Anda yang baik.

Dengan mempelajari target pasar dalam strategi direct marketing, Anda dapat memperoleh hasil maksimal bisnis Anda.

2. Merencanakan Bentuk Promosi

Merencanakan bentuk promosi yang efektif merupakan langkah berikutnya. Salah satu contohnya dengan memberikan diskon.

Diskon biasanya diberikan di waktu tertentu seperti :

  • Winter Sale atau Black Friday (luar negeri)
  • Hari Belanja Online Nasional atau Diskon Kemerdekaan (Indonesia)

Anda pun perlu menentukan platform komunikasi yang sesuai dengan desain promosi Anda. Apakah promosi lebih sesuai melalui :

  • email,
  • SMS,
  • telepon, atau
  • langsung.

3. Arahkan Calon Konsumen ke Website Anda

Dalam penerapan strategi direct marketing, Anda bisa menggabungkannya dengan internet marketing. Pemilik website bisnis bisa memakai direct marketing untuk mengarahkan pelanggan ke websitenya.

Lewat website, pelanggan bisa tahu lebih banyak produk yang Anda punya tanpa harus datang ke lokasi. Bila ada produk lain yang mau pelanggan beli, tentu semakin baik. Sekali menyelam, dua tiga pulau terlampaui.

Meski demikian, pastikan tampilan website Anda tak timpang dengan email yang Anda kirimkan.  Desain email harus selaras dengan desain landingpage / website yang menarik pula.

Anda tak mau mengecewakan pelanggan yang sudah merespons promosi Anda, bukan? Jadi bikin pelanggan Anda melirik dengan landing page / website yang menarik!

Bila Anda belum bisa membuat website sendiri, serahkan masalah ini ke kami. Karena kami saat ini membuka jasa pembuatan web yang murah dan berkualitas.

4. Analisa Performa

Pendekatan langsung direct marketing menghasilkan respons langsung. Itu artinya Anda bisa mengukur keberhasilan strategi Anda secara cepat.

Misal toko kue Anda menawarkan diskon 50% khusus hari Valentine kepada 100 pelanggan via SMS. Anda bisa tahu berapa banyak yang meresponsnya hari itu juga.

Bila banyak yang merespons tawaran itu, berarti strategi Anda berhasil. Bila tidak, Anda bisa segera mengevaluasinya. Apa yang membuat tawaran itu tak menarik perhatian pelanggan.

Strategi direct marketing bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk menambahkan strategi lain yang dibutuhkan.

Tips Direct Marketing

Dalam menerapkan strategi direct marketing, kami punya beberapa tips yang akan penting diketahui.

1. Menjaga Perasaan Pelanggan

Direct marketing yang tak disiapkan dengan baik beresiko mengganggu, bahkan menyinggung pelanggan. Makanya, Anda perlu memperhatikan customer experience dalam komunikasi yang dilakukan.

Selain itu, hindari pendekatan berulang ke calon pelanggan yang tak tertarik pada produk Anda. Alih-alih menarik, hal tersebut bisa membuat mereka kesal. Dari situ calon pelanggan dapat memberi penilaian buruk pada bisnis Anda.

2. Pahami Etika dan Hukum Direct Marketing

Anda perlu mempelajari etika dan hukum dari direct marketing sebelum memutuskan menerapkan strategi ini. Dengan begitu, Anda dapat memperlakukan calon pelanggan dengan baik sampai mereka berpotensi jadi pelanggan yang loyal.

Contohnya, Anda tak boleh melakukan strategi direct marketing ke pelanggan yang sudah menolak promosi langsung dari Anda. Bila bersikeras, Anda dan perusahaan bisa dilaporkan ke pihak berwajib.

Tapi, memahami etika dan hukum direct marketing bukan cuma bermanfaat untuk memperoleh konsumen saja. Hal ini pun membantu Anda menciptakan kultur yang lebih baik di lingkungan perusahaan.

Terutama yang mencakup tentang persaingan sehat antar karyawan dalam mengejar target penjualan.

3. Menghindari Limbah

Banyak perusahaan mengurangi media cetak dalam promosinya. Selain mulai tergantikan platform digital, media cetak tak sesuai dengan prinsip sustainable marketing.

Sederhananya, sustainable marketing merupakan bentuk promosi produk yang dilakukan dengan memperhatikan aspek lingkungan.

Semakin mudahnya akses informasi saat ini membuat pelaku bisnis dan juga pelanggan terbuka terhadap isu lingkungan. Ketika memilih metode direct marketing, Anda harus selalu memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Siap Menerapkan Strategi Direct Marketing?

Direct marketing merupakan strategi marketing yang mengedepankan komunikasi Anda dengan pelanggan. Dengan rencana yang cermat dan komunikasi yang baik, bisnis Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lewat artikel ini, Anda dapat menerapkan jenis dan strategi dari direct marketing yang telah diulas.

Demikian info terkait dengan penerapan strategi direct marketing yang efektif, kami harap postingan ini berguna untuk Anda. Kami berharap post digital marketing ini dishare biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WeCreativez WhatsApp Support
Soleh Agus
Hai 👋 Ada yang bisa kami bantu?