Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Panduan Digital Marketing Strategi Lengkap bagi Pemula

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan terkait dengan panduan digital marketing strategi lengkap bagi pemula. Saat ini teknologi sudah berkembang semakin pesat. Sehingga banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih cepat dan serba otomatis. Salah satunya, kegiatan marketing. Tak perlu lagi upaya pemasaran secara door-to-door. Selain repot dan memerlukan biaya yang besar, langkah pemasaran seperti ini bisa dikatakan sudah ketinggalan zaman.

Panduan Digital Marketing

Digital Marketing (DM)

Saat ini adalah era digital marketing. Digital marketing harus bisa dikuasai dengan baik, apapun produk yang Anda jual. Terutama, bagi pebisnis pemula, seperti :

  • Ingin penetrasi ke pasar lokal? Bisa.
  • Mau menembus pasar internasional?

Dengan melakukan strategi digital marketing akan sangat memungkinkan Anda untuk mendobrak semua batas jarak dan waktu guna memasarkan produk. Seperti kemana pun dan juga kapan pun. Memahami digital marketing untuk mendukung kemajuan dan kesuksesan sebuah bisnis adalah suatu keharusan. Bila pengetahuan dan pemahaman seputar digital marketing Anda perlu dikembangkan, maka sekarang tak perlu khawatir lagi. Anda telah menemukan artikel panduan digital marketing yang tepat.

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum memahami panduan digital marketing, Anda harus tahu dulu pengertiannya. Digital marketing merupakan upaya dalam memasarkan produk dengan memanfaatkan koneksi internet dan teknologi digital. Maksudnya, digital marketing memakai pendekatan yang lebih modern bila dibandingkan marketing tradisional untuk memperoleh hasil yang optimal dan terukur.

Kenyataannya memang demikian. Hampir semua bisnis sudah menggunakan digital marketing. Mulai dari bisnis besar hingga bisnis kecil. Khususnya bagi bisnis kecil, digital marketing akan sangat membantu dalam menjangkau target market yang lebih luas namun dengan biaya terjangkau.

Contohnya, dulu Anda cuma bisa melakukan promosi produk dengan memasang papan reklame / banner di berbagai tempat. Atau bisa juga melalui iklan di TV dengan biaya yang relatif lebih mahal. Sekarang, dengan digital marketing, Anda bisa promosi produk via website, media sosial, email dll. Secara biaya digital marketing lebih murah, namun jangkauan targetnya cukup luas. Apakah Anda masih ragu untuk memakai igital marketing dalam memasarkan produk?

Alasan Pentingnya Digital Marketing

Mengapa digital marketing itu penting? Berikut beberapa alasan yang dapat meyakinkan Anda untuk mempelajari panduan digital marketing ini dan mengaplikasikannya di bisnis Anda :

1. Hampir Semua Bisnis Menggunakannya

Ada fakta yang menyatakan bahwa hanya 1 dari 5 UKM yang belum memakai digital marketing untuk produknya. Jangan sampai itu adalah bisnis Anda. Karena, bila semua kompetitor sudah memakai digital marketing maka Anda akan ketinggalan. Karena mereka bisa menjangkau pasar lebih baik dan luas.

Oleh sebab itu, bila bisnis Anda memang belum memakai strategi dan panduan digital marketing, sekarang adalah waktu yang tepat. Baik dipakai untuk meningkatkan penjualan atau mengembangkan bisnis di masa depan. Makanya strategi ini layak Anda terapkan.

2. Biayanya Lebih Murah

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang hemat biaya. Bahkan, bisa saja gratis. Yang pasti, Anda tak perlu membeli atau menyewa peralatan yang rumit saat akan memakai strategi / panduan digital marketing. Selain itu, tak perlu pusing lagi memikirkan biaya tambahan seperti ongkos pengurusan perizinan pemasangan reklame, dll.

Cukup memakai computer / laptop atau smartphone, Anda sudah bisa promosi produk via website atau media sosial, seperti :

  • Bila mau upaya optimasi website yang gratis, Anda bisa menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Supaya semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda.
  • Jika punya budget khusus, Anda bisa memasang iklan di mesin pencari google dengan menggunakan strategi Search Engine Marketing (SEM).

Keduanya ada di Strategi / Panduan Digital Marketing yang akan kami jelaskan lebih rincinya di artikel berikutnya.

3. Hasilnya Lebih Efektif

Anda bisa menjangkau target pasar dengan lebih tepat dan efektif dengan digital marketing. Salah satu alasannya karena strategi digital marketing cocok dengan kebiasaan para pelanggan saat ini. Di Indonesia, pengguna internet menghabiskan waktu sekitar 8 jam untuk online. Plus, 3 jam tiap hari untuk akses media sosial.

Bila Anda memasarkan produk secara online, tentu akan menjangkau calon konsumen lebih mudah dan langsung di gadget mereka. Selain itu, Anda juga bisa menjalin komunikasi 2 arah dengan calon konsumen Anda, apapun platform yang dipakai. Bisa dengan berbalas komentar atau sharing dan like.

Kedekatan inilah yang bisa menumbuhkan rasa percaya (trust) dari calon konsumen untuk membeli produk Anda. Faktanya, sebuah bisnis bisa meningkatkan pendapatannya sampai lebih dari $1 juta setelah secara aktif memasarkan produk dengan digital marketing.

4. Hasilnya Lebih Terukur

Sangat penting untuk tahu tingkat kesuksesan dari program pemasaran Anda. Dan, digital marketing adalah strategi pemasaran yang bisa diukur (measurable). Tiap pelaksanaan program dimulai dari data yang dimasukkan dalam sistem. Mulai dari tujuan, biaya, durasi dan lainnya.

Lantas, saat program tersebut berjalan, Anda dapat langsung melakukan monitoring. Dengan mencatat persentase kesuksesan atau kegagalan suatu program. Sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan melanjutkan program atau menghentikannya. Bahkan, sebelum program tersebut berakhir.

DM vs TM

Perbedaan Marketing

Sebelum membahas tentang panduan digital marketing, kami akan bahas mengenai perbedaan digital marketing (DM) dan tradisional marketing (TM) lebih dulu.

Target Pemasaran

  • DM : Jangkauan luas secara online hingga ke 175 juta pengguna internet di Indonesia.
  • TM : Jangkauan terbatas untuk area dan channel tertentu.

Biaya

  • DM : Lebih murah dengan pemanfaatan media dan platform digital.
  • TM : Lebih mahal dengan penggunaan platform konvensional ditambah pengeluaran biaya tambahan seperti perizinan.

Waktu

  • DM : Bebas menentukan pelaksanaan program pemasaran kapan saja dan berapa lama.
  • TM : Proses lebih lama dengan banyak pihak terlibat dan harus antri mendapatkan spot iklan terbaik.

Komunikasi

  • DM : Komunikasi bisa berjalan dua arah sehingga lebih dapat meningkatkan engagement.
  • TM : Komunikasi hanya bersifat satu arah sehingga sulit mendapatkan feedback.

Strategi Digital Marketing

Sekarang saatnya tahu strategi digital marketing yang bisa meningkatkan penjualan produk Anda! Setidaknya ada beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan dalam strategi / panduan digital marketing usaha Anda:

  • SEO
  • SEM (Google Ads)
  • Social Media Marketing
  • Email Marketing
  • Blog
  • Facebook dan Instagram Ads
  • Affiliate Marketing
  • Online PR
  • Influencer

Membangun Website Sebagai Strategi Digital Marketing Terbaik

Digital marketing merupakan strategi pemasaran terbaik untuk produk dan bisnis saat ini. Di panduan digital marketing ini ada berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan seperti list di atas. Namun, ada satu hal yang sangat dasar dan penting yaitu memiliki website untuk bisnis Anda.

Mengapa strategi / panduan digital marketing harus bergantung dengan adanya website? Website merupakan media utama bagi calon konsumen untuk melakukan pembelian produk dan mendapatkan informasi. Berikut pentingnya website :

  • Saat memakai strategi email marketing, Anda akan mengarahkan konsumen ke
  • Ketika pakai strategi SEM, Anda pun menautkannya ke website (landing page).
  • Begitu dengan strategi-strategi pemasaran digital di atas.

Di website itulah, konsumen akan melakukan pembelian produk yang mereka inginkan untuk pertama dan selanjutnya. Untungnya, bikin website itu relatif mudah. Anda cuma memerlukan domain dan hosting untuk bisa online. Untuk list penyedia hosting terbaik dan berkualitas ada di widget.

Roadmap Panduan Digital Marketing

Setelah membaca pembahasan di atas, maka ada pertanyaan, “Saya ingin belajar strategi digital marketing (DM), tapi harus mulai dari mana ya?” Jangan khawatir! Karena di panduan digital marketing ini, kami telah menyiapkan urutan materi yang perlu Anda pelajari untuk menguasai DM secara lengkap. Tidak hanya membuat urutan materi saja, kami juga sudah menyediakan materi-materinya di artikel-artikel yang ada di website ini.

Jadi, Anda tinggal mengikuti langkahnya satu per satu. Mulai dari

  • mengidentifikasi target pasar,
  • merancang tujuan pemasaran,
  • mengeksekusi kampanye pemasaran di ber-bagai platform,
  • dll.

Tidak hanya itu, Anda juga akan tahu cara menjalankan berbagai praktik dari panduan digital marketing, seperti :

  • SEO (Search Engine Optimization),
  • Social Media Ads,
  • Email Marketing,
  • dan masih banyak lagi!

Ini dia urutan materi atau roadmap panduan digital marketing yang telah kami susun :

Pengenalan Dasar Sebelum Memulai
  • Mengenal Marketing Campaign
  • Mengenal tentang Target Pasar
  • Memahami Conversion Funnel pada Bisnis
  • Tools Digital Marketer yang Wajib Diketahui
Mulailah dengan Landing Page
  • Sudah memiliki usaha di marketplace? Lanjutkan dengan punya Website!
  • Bikin Landingpage yang Menarik untuk Memikat Calon Konsumen
  • Membuat Website dengan platform WordPress
Digital Marketing Analytics
  • Cara Memasang Google Analytic di WordPress
  • Cara Menggunakan dan Membaca Google Analytic
  • Cara Memasang dan Menggunakan Google Tag Manager di Website
  • Cara Memasang Facebook Pixel di WordPress
  • Panduan Lengkap Tracking Konversi di WordPress (Conversion Tracking)
  • Memanfaatkan Google Search Console untuk Monitor Performa Website
  • Cara Mengukur Engagement Rate dan Meningkatkannya
Panduan Search Engine Marketing (SEM)
  • Riset keyword dengan Google Keywords Planner
  • Jenis Google Ads yang Harus Dietahui
  • Tips Iklan di Google Ads
  • Jenis dan Ukuran Banner Iklan Google
  • Tutorial Google Ads Lengkap untuk Pemula
  • Google Display Network (GDN)?
  • Panduan Lengkap Google Shopping untuk Pemula
  • Tips Jitu Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Retargeting
Panduan Social Media Paid
  • Jenis Iklan dan Ukuran Banner Facebook Ads
  • Panduan Membuat Facebook Ads Lengkap
  • Cara Beriklan di Instagram Ads untuk Pemula
  • Panduan lengkap beriklan di Youtube untuk Pemula (YouTube Ads)
  • Tutorial Beriklan bagi Pemula (LinkedIn Ads)
  • Panduan Terlengkap untuk Bisnis (TikTok Ads)
Panduan Search Engine Optimization (SEO)

Faktor Google Ranking

  • Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

Riset Keywords:

  • Rekomendasi Tools Riset Keywords
  • Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO
  • Mengenal Long Tail Keyword
  • Mengenal LSI Keyword

SEO On Page dan Konten:

  • Struktur Website SEO Friendly
  • Panduan Dasar Optimasi On Page
  • Cara Membuat Artikel SEO Friendly

SEO Off Page:

  • Panduan Dasar SEO Off Page
  • SEO Link Building: Panduan Komplit Bagi Pemula

SEO Toko Online

  • Local SEO untuk Bisnis Online
  • Panduan SEO untuk Website Toko Online
Panduan Content Marketing
  • Cara Membuat Strategi Content Marketing
  • Copywriting: Cara Lengkap “Menjual”dengan Tulisan
  • Tips Membuat Call To Action (CTA)
  • Panduan Lengkap Memulai Video Marketing
Panduan Social Media Organic

Facebook

  • Memulai Facebook Marketing Lengkap untuk Bisnis
  • Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce

Instagram

  • Cara Menggunakan Instagram Bisnis
  • Strategi Instagram Marketing
  • Panduan Menggunakan Instagram Shopping
  • Tools Instagram Analytics Terbaik

Youtube

  • Panduan Lengkap YouTube Marketing untuk Mengembangkan Bisnis
  • YouTube Analytic untuk Mengukur Performa Video
  • Panduan Promosi Video Ide Konten YouTube untuk Bisnis

TikTok

  • Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan TikTok
  • Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis
Panduan Chat Marketing
  • Mengenal Robot Virtual yang Penting untuk Bisnis Digital (Chatbot)
  • Cara Membuat WhatsApp Bisnis
  • Plugin Chat WhatsApp WordPress Terbaik
Panduan Email Marketing
  • Strategi Email Marketing untuk Mengembangkan Bisnis
  • Cara Mengembangkan Email List
  • Menggunakan Mailchimp untuk Email Marketing Anda
  • Email Bisnis Profesional? Email Hosting Solusinya!

Bonus panduan digital marketing : Tips Marketing Brand Lokal

Demikian informasi perihal panduan digital marketing strategi lengkap bagi pemula, kami harap post ini berguna buat teman-teman semua. Kami berharap artikel digital marketing ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.