Panduan Digital Marketing Strategi Lengkap bagi Pemula
|Saat ini teknologi sudah berkembang semakin pesat. Sehingga banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih cepat dan serba otomatis. Salah satunya, kegiatan marketing atau pemasaran. Artikel ini akan membahas mengenai panduan digital marketing strategi lengkap bagi pemula yaitu teknik pemasaran terbaru.
Digital Marketing
Tak perlu lagi upaya pemasaran secara door-to-door. Selain repot dan memerlukan biaya yang besar, langkah pemasaran seperti ini bisa dikatakan sudah ketinggalan zaman.
Saat ini adalah era digital marketing strategi. Digital marketing harus bisa dikuasai dengan baik, apapun produk yang Anda jual. Terutama, bagi pebisnis pemula, seperti :
- Ingin penetrasi ke pasar lokal? Bisa.
- Mau menembus pasar internasional? Boleh.
Dengan melakukan strategi digital marketing akan sangat memungkinkan Anda untuk mendobrak semua batas jarak dan waktu guna memasarkan produk. Seperti kemana pun dan juga kapan pun.
Memahami digital marketing untuk mendukung kemajuan dan kesuksesan sebuah bisnis adalah suatu keharusan.
Bila pengetahuan dan pemahaman seputar digital marketing Anda perlu dikembangkan, maka sekarang tak perlu khawatir lagi. Anda telah menemukan artikel panduan digital marketing strategi yang tepat.
Apa Itu Digital marketing?
Sebelum memahami panduan digital marketing strategi, Anda harus tahu dulu pengertiannya. Digital marketing merupakan upaya dalam memasarkan produk dengan memanfaatkan koneksi internet dan teknologi digital.
Maksudnya, digital marketing memakai pendekatan yang lebih modern bila dibandingkan marketing tradisional untuk memperoleh hasil yang optimal dan terukur.
Kenyataannya memang demikian. Hampir semua bisnis sudah menggunakan digital marketing. Mulai dari bisnis besar sampai bisnis yang masih terbilang kecil. Khususnya bagi usaha / bisnis kecil.
Di mana pemasaran digital sangat membantu bisnis dalam menjangkau target market yang lebih luas dengan biaya yang relatif lebih terjangkau.
Contohnya, dulu Anda cuma bisa melakukan promosi produk dengan memasang papan reklame / banner di berbagai tempat. Atau bisa juga melalui iklan di TV dengan biaya yang relatif lebih mahal.
Sekarang, dengan digital marketing, Anda bisa promosi produk via website, media sosial, email dll. Secara biaya digital marketing lebih murah, namun jangkauan targetnya cukup luas.
Apakah Anda masih ragu untuk memakai digital marketing dalam memasarkan produk?
Perbedaan Marketing
Sebelum membahas tentang panduan digital marketing strategi, kami akan bahas mengenai perbedaan digital marketing (DM) dan tradisional marketing (TM) lebih dulu.
Target Pemasaran
- DM : Jangkauan luas secara online hingga ke 175 juta pengguna internet di Indonesia.
- TM : Jangkauan terbatas untuk area dan channel tertentu.
Biaya
- DM : Lebih murah dengan pemanfaatan media dan platform digital.
- TM : Lebih mahal dengan penggunaan platform konvensional ditambah pengeluaran biaya tambahan seperti perizinan.
Waktu
- DM : Bebas menentukan pelaksanaan program pemasaran kapan saja dan berapa lama.
- TM : Proses lebih lama dengan banyak pihak terlibat dan harus antri mendapatkan spot iklan terbaik.
Komunikasi
- DM : Komunikasi bisa berjalan dua arah sehingga lebih dapat meningkatkan engagement.
- TM : Komunikasi hanya bersifat satu arah sehingga sulit mendapatkan feedback.
Alasan Pentingnya Digital Marketing
Mengapa digital marketing itu penting? Berikut beberapa alasan yang dapat meyakinkan Anda untuk mempelajari panduan digital marketing ini dan mengaplikasikannya di bisnis Anda :
- Jangkauan tepat sasaran
- Hemat biaya
- Mampu menjalin komunikasi dengan calon pelanggan secara personal
- Memperkuat brand awareness
- Eksekusi lebih cepat dan sesuai keinginan
- Efektivitas strategi mudah diukur
- Meningkatkan ROI perusahaan
7 Langkah untuk Memulai Digital Marketing
Sekarang Anda sudah tahu bila digital marketing menawarkan banyak manfaat untuk bisnis. Tapi, bagaimana cara belajar digital marketing mulai dari awal?
Supaya Anda tak tersesat, cobalah ikuti 7 langkah belajar atau panduan digital marketing strategi berikut ini :
1. Tentukan Buyer Persona
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika belajar di panduan digital marketing strategi ini yaitu mencari tahu persona konsumen Anda. Buyer persona sangat menentukan keberhasilan digital marketing Anda.
Singkatnya, buyer persona merupakan profil yang mewakili target pasar dari produk Anda. Dengan menentukan buyer persona yang tepat, Anda juga lebih mudah dalam menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran.
Namun tak asal tunjuk saja, Anda perlu tahu cara membuat buyer persona khusus untuk bisnis. Mulai dari riset sampai menciptakan profil buyer persona secara lengkap.
2. Identifikasi Kebutuhan Target Pasar
Salah satu kunci sukses di panduan digital marketing strategi ini yaitu kemampuan mengidentifikasi kebutuhan buyer persona atau target pasar.
Sebelum menawarkan layanan ke target pasar, pastikan lebih dulu apakah produk Anda menjawab masalah yang sedang mereka alami.
Caranya bagaimana? Silakan Anda terjun langsung ke lapangan untuk mencari tahu dengan :
- riset pasar,
- membuat Focus Group Discussion (FGD),
- bergabung dengan Twitter Spaces,
- dan sebagainya.
3. Susun Marketing Plan
Setelah mengetahui beberapa poin target pasar di atas, bukan berarti Anda bisa langsung memasarkan produk dan promosi secara gila-gilaan. Sebagus-bagusnya produk, jika tak dipromosikan dengan tepat maka akan berisiko gagal.
Oleh karena itu, buatlah marketing plan. Marketing plan merupakan rencana pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis pada suatu periode / kurun waktu tertentu.
Dengan menyusun marketing plan, maka seluruh strategi promosi Anda akan lebih terarah dan efisien. Karena, Anda tahu :
- apa yang perlu dikerjakan,
- apa tak perlu dikerjakan,
- bagaimana akan mencapainya.
4. Manfaatkan Berbagai Media Digital marketing
Panduan digital marketing strategi selanjutnya adalah mengetahui media untuk menjalankannya. Media digital marketing tersebut yaitu :
- Google BisnisKu;
- WhatsApp Bisnis;
- Website;
- Landing page; dan
- Blog.
5. Terapkan Strategi Copywriting
Apa kesamaan dari seluruh media digital marketing strategi di dunia ini? Jawabannya sederhana : semuanya sama-sama memerlukan kata-kata.
Digital marketing membutuhkan teknik merangkai kata. Baik untuk Anda tampilkan di :
- tombol CTA,
- artikel blog,
- caption Instagram,
- dan sebagainya.
Ada teknik khusus untuk meramu / meracik kata-kata demi menyampaikan kepentingan bisnis. Inilah yang disebut dengan teknik copywriting.
Bukan hanya sekadar membuat kata-kata. Copywriting adalah teknik membujuk para pembaca untuk mengikuti perintah / ajakan Anda. Seperti untuk :
- bertransaksi,
- mendaftar,
- men-download,
- dan banyak lagi.
Untuk itu, pastikan copywriting Anda bisa untuk menyampaikan pesan bisnis secara baik. Sehingga, target pasar menangkap manfaat dari produk Anda dan tahu kenapa mereka harus membelinya.
6. Gunakan Marketing Tools untuk Bisnis
Media dalam menjalankan pemasaran digital di panduan digital marketing strategi ini cukup banyak. Tentunya, akan pusing jika harus mengatur semuanya sendiri.
Oleh sebab itu, manfaatkanlah berbagai marketing tools yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. To do list untuk :
- mengatur daftar pekerjaan,
- aplikasi email otomatis,
- aplikasi untuk menganalisa data,
- tools digital marketing yang membantu upaya SEO.
Sehingga manajemen project juga akan lebih mudah dan praktis.
7. Pahami Metrik Digital marketing dan Evaluasi
Menjalankan digital marketing strategi tanpa melakukan evaluasi performanya sama saja bohong. Bagaimana Anda bisa tahu sejauh apa strategi tersebut berdampak bagi bisnis jika tak melakukan evaluasi?
Bisa jadi, strategi Anda tersebut ternyata terlalu boros dan tak sepadan dengan keuntungannya. Atau bisa juga, rencana Anda mungkin sudah tak relevan dengan kebutuhan target pasar.
Supaya Anda dapat menyusun rencana marketing yang tepat sasaran, maka pahami metrik digital marketing dan lakukan evaluasi.
Bongkar analytics media digital marketing Anda lalu lihat seberapa besar :
- trafficnya,
- impresinya,
- conversion rate-nya,
- dan metrik-metrik lainnya.
Dari data yang ada, ubah jadi informasi yang berharga bagi perkembangan bisnis Anda.
Roadmap Panduan Digital Marketing Strategi
Setelah membaca pembahasan di atas, maka ada pertanyaan, “Saya ingin belajar strategi digital marketing (DM), tapi harus mulai dari mana ya?” Jangan khawatir!
Karena kami dari agensi digital marketing strategi bisa membantu. Tapi bila ingin belajar sendiri bisa ikuti panduan pemasaran digital / digital marketing ini. Kami telah menyiapkan urutan materi yang perlu Anda pelajari untuk menguasai DM secara lengkap.
Tidak hanya membuat urutan materi saja, kami juga sudah menyediakan materi-materinya di artikel-artikel yang ada di website ini.
Jadi, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di panduan digital marketing ini satu per satu. Mulai dari :
- mengidentifikasi target pasar,
- merancang tujuan pemasaran,
- mengeksekusi kampanye pemasaran di ber-bagai platform,
- dll.
Tidak hanya itu, Anda juga akan tahu cara menjalankan berbagai praktik dari panduan pemasaran digital (digital marketing), seperti :
- SEO (Search Engine Optimization),
- Social Media Ads,
- Email Marketing,
- dan masih banyak lagi!
Ini dia urutan materi atau roadmap panduan digital marketing strategi yang telah kami susun :
a. Pengenalan Dasar Sebelum Memulai
Berikut persiapan dasar dalam menjalankan pemasaran digital pada panduan digital marketing ini :
- Mengenal Marketing Campaign
- Mengenal tentang Target Pasar
- Memahami Conversion Funnel pada Bisnis
- Tools Digital Marketer yang Wajib Diketahui
Untuk pembahasan panduan di atas bisa Anda baca di artikel yang ada di kategori / menu Bisnis Online (BO).
b. Media Digital Marketing
Berikut beberapa media yang perlu Anda siapkan sebelum mengikuti panduan digital marketing strategi di bawah :
- Sudah memiliki usaha di marketplace? Lanjutkan dengan punya Website!
- Mulailah dengan Landing Page. Bikin Landingpage yang Menarik untuk Memikat Calon Konsumen
- Membuat Website / blog dengan platform WordPress
- Google BisnisKu
- WhatsApp Bisnis
Membangun Website Sebagai Strategi Digital Marketing Terbaik
Digital marketing merupakan strategi pemasaran terbaik untuk produk dan bisnis saat ini. Di panduan pemasaran digital ini ada berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan seperti list di bawah.
Namun, ada satu hal yang sangat dasar dan penting yaitu memiliki website untuk bisnis Anda. Mengapa panduan pemasaran digital harus bergantung dengan adanya website?
Website merupakan media utama bagi calon konsumen untuk melakukan pembelian produk dan mendapatkan informasi. Berikut pentingnya website :
- Saat memakai strategi email marketing, Anda akan mengarahkan konsumen ke
- Ketika pakai strategi SEM, Anda pun menautkannya ke website (landing page).
- Begitu dengan strategi-strategi pema saran digital di atas.
Di website itulah, konsumen akan melakukan pembelian produk yang mereka inginkan untuk pertama dan selanjutnya. Untungnya, bikin website itu relatif mudah.
Anda cuma memerlukan domain dan hosting untuk bisa online. Untuk list penyedia hosting terbaik dan berkualitas ada di widget.
c. Optimasi Search Engine
Ada dua jenis optimasi search engine yaitu SEO dan SEM. Berikut ulasannya :
1) Search Engine Optimization (SEO)
Panduan digital marketing yang efektif berikutnya yaitu SEO atau search engine optimization. SEO ialah serangkaian proses yang dilakukan agar website mendapatkan peringkat teratas di pencarian search engine seperti Google.
Perlu Anda ketahui bahwa 90% orang mencari informasi via Google. Sementara itu, 91,5% trafik di dunia yang diperoleh website muncul di halaman pertama Google. Jadi, bila mau bisnis Anda ditemukan lebih banyak orang, SEO bisa menjadi solusinya!
Beberapa hal terkait strategi optimasi SEO Website yaitu :
- Tingkat kemudahan : sedang / middle (konsep dasarnya) hingga sulit / advanced (karena menyesuaikan algoritma Google terbaru).
- Rentang biaya : gratis sampai berbayar (menyesuaikan dengantools SEO yang Anda gunakan).
- Performa : jangka panjang
- Cocok untuk : mempermudah calon pelanggan menemukan bisnis Anda di pencarian Google.
Panduan SEO
Berikut beberapa panduan digital marketing strategi tentang SEO :
- Faktor Google Ranking
- Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking
- Riset Keywords
- Rekomendasi Tools Riset Keywords
- Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO
- Mengenal Long Tail Keyword
- Mengenal LSI Keyword
- SEO On Page dan Konten
- Struktur Website SEO Friendly
- Panduan Dasar Optimasi On Page
- Cara Membuat Artikel SEO Friendly
- SEO Off Page
- Panduan Dasar SEO Off Page
- SEO Link Building: Panduan Komplit Bagi Pemula
- SEO Toko Online
- Local SEO untuk Bisnis Online
- Panduan SEO untuk Website Toko Online
2) Search Engine Marketing (SEM)
Selain SEO, ada strategi digital marketing lain yang dapat Anda coba yakni Search Engine Marketing atau SEM. Secara sederhana, SEM merupakan teknik pemasaran dengan mengiklankan website di hasil pencarian, seperti Google.
Sebab SEM adalah praktik mengiklankan website, di mana Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Biasanya layanan iklan seperti Google Ads memakai metode Pay per Click (PPC). Artinya, Anda hanya akan membayar sesuai dengan jumlah klik iklan Anda.
Meskipun Anda harus mengeluarkan budget, hasil yang diperoleh cukup menguntungkan. Menurut survei, tiap 1$ yang dikeluarkan untuk modal Google Ads, profit yang diperoleh bisa sebesar 8$.
Dengan kata lain, sebuah bisnis berpeluang memperoleh keuntungan hingga 8x lipat. Bila mau bisnis muncul di halaman teratas Google dengan waktu yang relatif cepat dibanding SEO, Anda dapat memanfaatkan SEM.
Sebab jenis strategi ini berbayar. Sehingga tentu banyak manfaat istimewa yang akan Anda peroleh, di antaranya :
- meningkatkan conversion rate;
- hasil relatif lebih cepat daripada SEO;
- dapat menentukan target audiens; dan
- biayanya terbilang lebih kecil / minim daripada metode iklan secara tradisional.
Namun ada hal penting yang perlu Anda ingat. Meski instan, jangan menerapkan jenis strategi ini secara sembarangan. Pantau pula efektivitas dan efisiensinya bagi bisnis Anda.
Beberapa hal terkait strategi SEM yaitu :
- Tingkat kemudahan : mudah hingga sulit. Hasil dapat langsung terlihat, tapi sulit mencari pengaturan yang tepat agar bisa balik modal.
- Rentang biaya : mulai dari Rp 4 juta
- Performa : jangka pendek.
- Cocok untuk : menempatkan website Anda di halaman pencarian search engine seperti Google secara instan.
Panduan SEM
Berikut beberapa panduan digital marketing strategi tentang SEM :
- Riset keyword dengan Google Keywords Planner
- Jenis Google Ads yang Harus Dietahui
- Tips Iklan di Google Ads
- Jenis dan Ukuran Banner Iklan Google
- Tutorial Google Ads Lengkap untuk Pemula
- Google Display Network (GDN)?
- Panduan Lengkap Google Shopping untuk Pemula
- Tips Jitu Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Retargeting
d. Sosial Media Marketing
Pengguna sosial media makin meroket dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, muncullah strategi sosmed marketing dalam panduan digital marketing strategi ini. Social media marketing (sosmed) adalah upaya marketing lewat sosial media.
Kalau Anda mengira hanya anak muda saja yang main sosmed, salah besar. Nyatanya, di Indonesia sendiri mulai dari remaja hingga orang tua (usia 65 tahun ke atas) banyak yang aktif bersosmed ria.
Itu artinya, potensi pasar yang bisa Anda jangkau pun makin besar. Selain itu, ada banyak alasan mengapa Anda harus memulai social media marketing sekarang juga :
- Hemat biaya. Apalagi, banyak tools gratis untuk membuat konten sosmed.
- Efektif dan efisien. Mengingat Anda bisa secara spesifik mengatur target iklan sesuai demografi yang Anda inginkan.
- Meningkatkan brand awareness.
- Memperluas pangsa pasar.
- Memudahkan komunikasi dengan target pasar.
- Menyebarkan info terbaru dengan cepat.
- Menarik traffic ke website.
Sebelum memulainya, berikut beberapa hal terkait strategi social media marketing (SMM) yaitu :
- Tingkat kemudahan : mudah sampai sulit (bergantung dari ide konten dan kebutuhannya).
- Rentang biaya : gratis sampai berbayar, menyesuaikan tools sosial mediayang Anda
- Performa : jangka pendek hingga panjang.
- Cocok untuk : menjaring berbagai kalangan target pembeli / pelanggan melalui konten yang interaktif.
Di antara banyaknya jenis sosial media, platform yang paling populer di Indonesia adalah :
- Instagram,
- Twitter,
- Facebook, dan
- TikTok.
Supaya Anda tidak ketinggalan langkah dari kompetitor, sebaiknya mulai pelajari panduan strategi sosmed terbaik di keempat platform tersebut.
1) Panduan Social Media Organic
Berikut beberapa panduan digital marketing strategi tentang sosmed organic :
- Memulai Facebook Marketing Lengkap untuk Bisnis
- Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce
- Cara Menggunakan Instagram Bisnis
- Strategi Instagram Marketing
- Panduan Menggunakan Instagram Shopping
- Tools Instagram Analytics Terbaik
Youtube
- Panduan Lengkap YouTube Marketing untuk Mengembangkan Bisnis
- YouTube Analytic untuk Mengukur Performa Video
- Panduan Promosi Video Ide Konten YouTube untuk Bisnis
TikTok
- Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan TikTok
- Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis
2) Panduan Social Media Paid
Berikut beberapa panduan digital marketing strategi tentang sosmed paid :
- Jenis Iklan dan Ukuran Banner Facebook Ads
- Panduan Membuat Facebook Ads Lengkap
- Cara Beriklan di Instagram Ads untuk Pemula
- Panduan lengkap beriklan di Youtube untuk Pemula (YouTube Ads)
- Tutorial Beriklan bagi Pemula (LinkedIn Ads)
- Panduan Terlengkap untuk Bisnis (TikTok Ads)
e. Strategi Digital Marketing
Sekarang saatnya tahu strategi digital marketing yang bisa meningkatkan penjualan produk Anda! Setidaknya ada beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan dalam panduan digital marketing ini :
1) Content Marketing
Berikut beberapa panduan digital marketing strategi tentang content marketing :
- Cara Membuat Strategi Content Marketing
- Copywriting : Cara Lengkap “Menjual”dengan Tulisan
- Tips Membuat Call To Action (CTA)
- Panduan Lengkap Memulai Video Marketing
2) Email Marketing
Berikut beberapa panduan digital marketing strategi tentang email marketing :
- Strategi Email Marketing untuk Mengembangkan Bisnis
- Cara Mengembangkan Email List
- Menggunakan Mailchimp untuk Email Marketing Anda
- Email Bisnis Profesional? Email Hosting Solusinya!
3) Strategi Lain
Selain yang di atas dalam panduan digital marketing strategi lainnya seperti :
- Inbound Marketing
- Influencer Marketing
- Direct Marketing
- Community Marketing
- Word of Mouth Marketing
- Online PR
- Video Marketing
- Pay Per Click (PPC)
- Native Advertising
- Affiliate Marketing
- dll
f. Digital Marketing Analytics
Berikut beberapa panduan digital marketing strategi tentang cara analisisnya :
- Cara Memasang Facebook Pixel di WordPress
- Panduan Lengkap Tracking Konversi di WordPress (Conversion Tracking)
- Cara Mengukur Engagement Rate dan Meningkatkannya
- Cara Memasang Google Analytic di WordPress
- Cara Menggunakan dan Membaca Google Analytic
- Cara Memasang dan Menggunakan Google Tag Manager di Website
- Memanfaatkan Google Search Console untuk Monitor Performa Website
Bila belum memiliki waktu untuk mengaplikasikan panduan di atas, Anda bisa menggunakan produk dari agensi DM kami. Langsung saja hubungi kami di 0895-3772-97046.
Demikian informasi perihal panduan digital marketing strategi lengkap bagi pemula, kami harap post ini berguna buat teman-teman semua. Kami berharap artikel digital marketing ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.