Motivasi dalam Menjalankan Program Diet

Pembahasan kita kali ini adalah Motivasi dalam Menjalankan Program Diet secara Umum. Apa yang jadi alasan awal dan motivasi Anda buat menjalankan program diet dan berolahraga? Walaupun banyak di antara Anda yang menjalankan program diet tanpa mau berolahraga. Namun kami berasumsi bahwa Anda bakal melakukan yang benar dan terbaik untuk diri sendiri. Yaitu mengatur pola makan dan mengatur jadwa berolahraga yang tepat.

Motivasi dalam Menjalankan Program Diet

Alasan Melakukan Diet

Selama ini kami selalu membahas tentang bagaimana mengatur pola makan yang benar, apa yang boleh dan tidak boleh dimakan, bagaimana latihan yang tepat untuk membakar lemak secara cepat, dan masih banyak lagi hal-hal teknis seperti itu. Namun akhirnya kami menyadari satu hal. Semua pola makan dan jadwal latihan tak akan ada artinya jika Anda tidak mau melakukannya. Dari situ kami mulai berpikir, apa sebenarnya yang mendorong Anda untuk memulai ini semuanya?

Suatu ketika Romy Rafael, master ilusionis ditanya oleh seorang rekannya L. Denny Santoso, penulis buku Rahasia Diet 2; The Home Gym, tentang satu hal, yakni bagaimana sih cara menghipnotis orang supaya berhenti merokok?

Romy menjawab pertanyaan tersebut dengan cerdas bahwa tanpa adanya dorongan dari dalam dirinya, seseorang tidak akan bisa dihipnotis untuk berhenti merokok. Yang dapat dibantu yaitu seseorang yang ingin berhenti merokok namun kesulitan melakukannya. Hal itu membutuhkan apa yang biasanya disebut “turning point” atau titik balik.

Sebagai contoh, orang yang benar-benar tidak mau berhenti merokok tadi tahu-tahu divonis dokter terkena kanker paru-paru, kemudian ia shock dan behenti merokok. Namun, kondisi ini biasanya sudah terlambat.

Kembali lagi ke masalah diet dan olahraga. Nampaknya jarang sekali kita menemui orang yang dengan sadar mau berolahraga dan diet sebelum mengalami turning point. Orang melakukan olahraga setelah divonis dokter menderita obesitas, diabetes, kolesterol tinggi, yang emang solusinya ialah berolahraga (selain obat tentunya). Hal ini tentu amat disayangkan bukan?

Untungnya belakangan ini kesadaran masyarakat untuk berolahraga dan mengatur pola makan sudah mulai meningkat. Banyak sekali makanan sehat yang dijual di mana-mana. Gym-gym atau tempat olahraga sudah menjamur di berbagai tempat. Namun, meskipun kenyataannya semakin banyak orang yang berolahraga, masih terlihat banyak orang yang berolahraga dan berdiet secara salah.

Motivasi dalam Menjalankan Program Diet

Lantas kita pun bisa bertanya-tanya, apa sebenarnya yang menjadi tujuan dan motivasi mereka untuk melakukan diet? Kebanyakan orang pasti akan menjawab untuk kurus. Jawaban semacam ini tentu harus kita luruskan.

Bayangkan kalau beratnya 100 kg, tinggi 170 cm, dan mau kurus tanpa menyebutkan suatu goal yang jelas. Akibatnya, motivasi orang itu tidak akan kuat. Misalnya otaknya ingin beratnya jadi 55 kg. Menurut mereka, itu kurus, tetapi 100 kg menuju 55 kg akan susah diwujudkan. Jika beratnya cuma turun menjadi 90 kg, motivasinya akan turun karena menurutnya susah sekali terwujud.

Dalam konteks inilah, tujuan dan motivasi dalam menjalankan program diet sangat perlu diperjelas. Bahkan sangat perlu buat dijaga dan ditingkatkan. Jangan sampai motivasi dan tujuan program diet hanya sekedar buat menurunkan berat badan. Lebih dari itu, motivasi dan tujuan program diet yaitu buat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Lantas, bagaimana agar motivasi dan tujuan diet bisa dijaga dan ditingkatkan secara baik? Berikut ini adalah jawabannya:

1. Jangan berusaha terlalu keras

Hal ini dikarenakan biasanya orang yang berusaha terlalu keras hanya akan bertahan pada awalnya saja, ketika sudah memasuki waktu-waktu sebulan mungkin motivasi ini akan turun, atau bahkan hilang.

2. Fokuslah pada proses diet jangan pada hasilnya

Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga motivasi anda, apabila anda menjalani diet dan hanya terpaku pada hasilnya saja anda lama-lama akan merasa stress, karena mungkin bisa jadi berat badan anda tidak turun sesuai dengan yang anda inginkan. Sebaiknya anda menikmati proses anda saat menjalani diet tentu hal ini akan jauh lebih memudahkan anda dalam menjalaninya.

3. Berilah hadiah bagi tubuh Anda

Ketika dapat melakukan diet sesuai dengan yang ditargetkan, berikanlah hadiah pada tubuh Anda. Hadiah ini bisa sesuatu yang menyenangkan dan dapat membuat tubuh Anda jadi rilex. Seperti spa, mandi rempah, manicure, pedicure atau sesuatu kegiatan yang bisa bikin hati Anda merasa senang.

4. Gunakanlah cermin sebagai pembangkit motivasi Anda

Cobalah kenakan baju ketika masih langsing dulu di depan cermin saat Anda merasa masih gemuk. Apabila masih belum pas berarti usaha dan perjuangan Anda masih kurang.

5. Tentukan tujuan Anda

Jika tujuan dan motivasi Anda berdiet adalah keluarga maka jalankanlah aktivitas bersama-sama dengan keluarga. Hal ini bertujuan supaya keluarga juga jadi langsing dan sehat. Misalnya dengan berjalan-jalan bersama, dan menerapkan pola makan yang sehat.

6. Jangan terlalu sering menimbang berat badan

Dengan semakin sering anda menimbang berat badan anda, maka anda pun akan sering pula mengalami, stress, karena pada saat proses diet tentu saja berat badan anda tidak dapat turun secara drastis.

Demikian informasi tentang Motivasi dalam Menjalankan Program Diet, semoga postingan ini berguna untuk kawan-kawan semua. Tolong postingan ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat. Anda bisa juga mencoba program detoksifikasi Smart Detox supaya badan ideal. Untuk order produk Smart Detoks bisa kontak saya atau klik di sini.

Referensi: Program Diet Smart Detox

POST REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.