Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Mengapa Harus SEO untuk Optimasi Website

Apakah Anda ingin mendapatkan trafik organik secara gratis? Bila iya Anda bisa menggunakan strategi SEO. Tapi mengapa harus SEO yang digunakan untuk mendapatkan trafik organik? Dapatkan jawabannya di sini.

Mengapa Harus SEO

Strategi SEO

SEO merupakan strategi yang tepat dan mujarab untuk berbagai bisnis online yang melandaskan diri pada pencarian. Dan mengapa harus SEO yang Anda pakai untuk optimasi website. Berikut beberapa fakta menarik mengenai teknik optimasi mesin pencari ini.

Sekitar 80% pengguna internet saat ini masih menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Hal tersebut derdasarkan data yang rilis dari beberapa perusahaan riset online terpercaya. Dan 80% dari jumlah data tersebut memakai Google.

Selain itu, Moz menyebutkan jika hasil-hasil pencarian organik memicu klik 8,5 kali lebih banyak dibandingkan iklan PPC. Ini tentu berimbas kepada tingkat keberhasilan hasil organik yang 5,6 kali lebih baik dibandingkan hasil berbayar.

Moz adalah salah satu perusahaan yang bergerak di segmentasi software SEO paling tekenal di dunia. Di mana perusahaan ini merupakan pembuat metriks SEO terkenal yaitu :

  • Domain Authority (DA), dan
  • Page Authority (PA).

Jangan ditanya bagaimana perbandingannya dengan traffic dari media sosial yang memiliki konversi jauh lebih kecil lagi. Dan ini jadi salah satu alasan mengapa harus SEO yang Anda gunakan.

Perbedaannya terletak pada tingkat kecenderungan. Yaitu kecenderungan antara orang yang memang sedang mencari sesuatu dan orang yang tidak berharap untuk menemukan promosi yang Anda buat.

Misalnya produk Anda kosmetik, maka bayangkan :

  • Orang yang sedang mencari informasi kosmetik wajah terbaik melalui Google.
  • Orang yang hanya ingin melihat status teman-temannya di laman Facebook dan tidak sengaja menemukan iklan kosmetik tersebut.

Maka tak heran jika konversi trafik website lebih besar dengan mengandalkan SEO daripada Facebook Ads. Bahkan setelah menggelontorkan ratusan juta biaya iklan Facebook.

Mengapa Harus SEO

Dengan SEO, Anda akan berpeluang untuk mendapatkan traffic organik secara gratis yang lebih besar dengan tingkat konversi yang lebih baik. Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa harus SEO yang Anda gunakan untuk optimasi.

Berikut beberapa alasan paling masuk akal yang sebaiknya Anda ketahui :

a. Kuenya Besar

Alasan mengapa harus SEO yang pertama yaitu kuenya besar. Situs pemeringkat web populer Alexa milik Amazon menjadikan Google di urutan #1 (pertama).

Peringkat Google di Alexa Traffic Rank Global untuk pertama kalinya pada tahun 2009 menggantikan Yahoo! Dan semenjak itu tak pernah pernah lagi merubahnya.

Kecuali di China yang punya kebijakan internet tertutup di mana Google berada di urutan #11. Hampir di setiap negara lain Google.Com konsisten berada di urutan 3 besar Alexa Rank berdasarkan  negara. Terutama negara yang jumlah pengguna internetnya banyak.

Selain itu ada juga Google lokal yang melayani bahasa tempat seperti :

  • Google.co.id di Indonesia,
  • Google.co.jp di Jepang,
  • Google.co.uk di Inggris,
  • dan lain sebagainya.

Ini berarti, Google merupakan website paling populer di seluruh dunia dengan skor tertinggi untuk kombinasi antara :

  • jumlah pengunjung, dan
  • banyaknya laman yang dibuka.

Dengan Google, setiap orang dapat mencari informasi apa saja sebanyak yang diinginkan tanpa perlu membayar 1 sen pun. Dan biasanya kita tak pernah puas dengan satu pencarian saja.

Karena Alexa pun mencatat bila rata-rata pengunjung akan membuka 8 halaman Google tiap kali memakainya. Google sudah merubah bagaimana kita memenuhi keingintahuan dan memperoleh informasi. Baik dalam hal cara maupun waktu yang dibutuhkan.

Untuk masalah kesehatan misalnya, coba tebak ada berapa orang yang mengandalkan Google sebagai dokter? Google sendiri mengklaim dalam posting di blognya jika 1% dari setiap 1 triliun pencarian merupakan kata kunci yang berhubungan dengan gejala penyakit.

Kabar baiknya, arus permintaan akan informasi yang begitu masif ini ternyata tidak diimbangi oleh ketersediaan konten yang :

  • relevan,
  • berkualitas, dan
  • uptodate.

Kita pasti pernah mendapatkan hasil pencarian sangat buruk yang tidak memuaskan ketika menggunakan Google. Ceruk tersebut memberikan sebuah pengetahuan; kue amat besar tersedia bagi kita.

b. Diakui

Alasan mengapa harus SEO yang kedua yaitu teknik yang diakui. Sejauh ini, beberapa jenis konten terpenting yang dapat diletakkan di website dan dioptimasi dengan SEO, yakni :

  • teks,
  • gambar,
  • multimedia seperti video dan audio, serta
  • semua kombinasi yang dapat dibuat dari ketiganya.

Marketing berbasis konten atau yang biasa dikenal sebagai content marketing yaitu nyawa sebenarnya dari SEO. Tak bisa dimungkiri jika SEO adalah semua tentang content marketing, dan vice versa.

Data memperlihatkan jika 91 % perusahaan B2B melakukan marketing via konten. Di mana 87% menggunakan media sosial sebagai jalur distribusinya.

Konversi 67% didapatkan lebih banyak melalui media blog dengan 58% pengguna menyetujui efektivitas konten berupa artikel.

c. Baik untuk Brand

Alasan mengapa harus SEO yang ketiga yaitu bagus untuk brand. Sampai hari ini, Google terus menampilkan berbagai hasil pencarian yang kompeten untuk kata kunci yang berkaitan dengan brand. Termasuk nama perusahaan dan nama pribadi.

Kemunculan website resmi di halaman pertama untuk kata kunci merek atau brand. Apalagi kata kunci penting lainnya yang berhubungan di hasil pencarian Google akan secara drastis meningkatkan kredibilitas para pengguna.

Misalnya, bila Anda punya produk kosmetik wajah bermerek Trulum Synergy dengan website resmi di trulumsynergy.com.

Maka menempatkan kata kunci Trulum Synergy atau “kosmetik wajah Trulum” di urutan pertama Google merupakan sebuah hal yang mudah dilakukan.

Itu seperti memberikan tiket kepada petugas valet parking. Menempatkan website Anda di urutan pertama untuk kata kunci “celana renang terbaik”, itu baru SEO. Dan itu tidak mungkin tidak akan memberikan dampak luar biasa bagi sebuah brand.

d. Ideal

Alasan mengapa harus SEO yang keempat yaitu ideal. Semua hal gila yang tercetus mengenai bisnis online, di antaranya bisa :

  • berjalan secara otomatis,
  • ditinggal-tinggal,
  • dikerjakan dari mana saja,
  • dijalankan hanya pakai kolor,
  • menjangkau seluruh dunia,
  • buka terus 24 jam,
  • dll.

Seluruh hal di atas dapat diwujudkan dengan SEO. Itulah mengapa harus SEO yang digunakan saat Anda mengoptimasi website.

Berpayungkan domain, hosting dan aneka macam script, sebuah website atau blog bisa diakses :

  • kapan saja,
  • di mana saja,
  • oleh siapa saja, dan
  • dengan apa saja.

Jika Anda beraliran modern keras dan sepenuhnya percaya kepada sistem online. Bahkan sebuah toko online dapat dioperasikan menggunakan script e­commerce, shopping cart, chat bot, yang tidak membutuhkan kita untuk terus bersiaga.

Untuk masalah market, SEO yang berhubungan langsung dengan keyword dan konten memiliki ukuran lapangan yang luas tanpa tandingan.

Hampir semua niche dapat hidup dengan mengandalkan traffic mesin pencari, dari :

  • remeh-temeh lirik lagu hingga review pesawat tempur,
  • cerita seram hotel berhantu hingga konten aneh tentang rumah kura-kura.

Traffic dari SEO sangat fleksibel sehingga dapat dimonetisasi dengan beragam pilihan sesuai niche, keyword dan angle yang dipilih. Mulai dari CPC affiliate, toko online CPA hingga recehan popup ads yang sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

e. Murah

Alasan mengapa harus SEO yang kelima yaitu murah. Seumpama kita memiliki modal yang gemuk, membangun bisnis mungkin tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Pasalnya tak semua punya kondisi serupa. Di mana makin kecil modal yang dipunya, maka semakin sedikit juga pilihan yang kita punya.

Beruntung, untuk menjalankan strategi SEO kita butuh modal yang relatif kecil. Tidak disangsikan lagi, SEO membebankan biaya yang jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan kanal marketing online lainnya, seperti :

  • periklanan PPC,
  • social media marketing,
  • email marketing,
  • dll.

Alasan mengapa harus SEO karena teknik ini jauh lebih sederhana daripada metode marketing lainnya yang mengandung kompleksitasnya masing-masing. Ini tentu harus menjadi alasan yang bagus bagi Anda untuk tak lagi menunda-nunda, bukan?

f. Jangka Panjang

Alasan mengapa harus SEO yang keenam yaitu jangka panjang. Di usianya yang menginjak 24 tahunan, Google sepertinya masih akan memiliki umur yang panjang. Tidak ada satu pun studi yang menyebutkan jika kejayaan Google akan berakhir besok, lusa atau bulan depan.

Dan selama Google masih ada, selama itu pula SEO dapat dilakukan. Berada dalam tarikan nafas yang sama, SEO pun menunjang model bisnis jangka panjang yang jadi impian tiap orang.

Kita bisa membangun sebuah website dengan strategi optimasi, pemilihan niche dan keyword yang tepat. Dan berharap website tersebut mampu memberikan penghasilan hingga berbulan-bulan atau malah bertahun-tahun ke depan bahkan tanpa perlu lagi dikerjakan.

Hal ini tentu sangat berkebalikan dengan traffic berbayar yang stop seketika saat iklan dimatikan. Traffic dari SEO hanya akan berhenti mendadak ketika website terkena deindex atau sandbox.

Yang mana dapat diantisipasi atau ketika layanan Google tiba-tiba down yang mana hampir tidak pernah terjadi.

Orang bijak berkata (ini juga terkait dengan mengapa harus SEO untuk optimasi website) :

“Apa yang bisa diperoleh secara mudah umumnya hal tersebut tidak akan bertahan dengan lama. Sebaliknya apa yang bertahan lama, umumnya tidak akan didapat secara mudah.”

Namun Anda tidak perlu takut dulu, karena jika sudah memahami konsepnya, SEO tidaklah sesulit yang dibayangkan. SEO bukan strategi yang kilat sehingga membutuhkan sedikit kesabaran.

Maka alasan terakhir yang harus dicatat kenapa melakukan SEO yaitu karena kita termasuk orang yang sabar. Mujur bagi kita, karena kesabaran adalah salah satu kunci utama untuk meraih kebahagiaan.

Bila membutuhkan jasa SEO khususnya jasa backlink berkualitas, langsung hubungi kami atau bisa klik link yang ada. Bisa juga klik tombol di bawah ini :

order sekarang

Sekian info berkaitan dengan mengapa harus seo untuk optimasi website, kami harap artikel kali ini berguna untuk kawan-kawan semua. Mohon artikel teknik SEO ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WeCreativez WhatsApp Support
Soleh Agus
Hai 👋 Ada yang bisa kami bantu?