Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Memanfaatkan Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis

Sudah saatnya Anda memanfaatkan strategi twitter marketing untuk bisnis! Kenapa? Karena Twitter kembali populer digunakan di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan lonjakan market sharenya dari 8,73% di November 2018 ke 39% dalam waktu dua bulan.

Strategi Twitter Marketing

Potensi Marketing di Twitter

Angka-angka tersebut bukan hanya menguntungkan bagi Twitter. Anda juga dapat memanfaatkan kepopuleran sosial media satu ini untuk mempromosikan bisnis.

Lalu bagaimana caranya? Artikel ini merangkum strategi twitter marketing yang jitu untuk bisnis.

Bila dibandingkan media sosial lain, Twitter punya cara unik untuk menggaet calon klien pada Anda. Dengan fitur yang mudah dan simpel, Twitter marketing mengedepankan engagement Anda dengan calon klien.

Komunikasi personal antara pemilik (owner) bisnis dengan calon klien memegang peranan yang sangat penting. Setidaknya 33 persen calon klien berinteraksi dengan sebuah bisnis via Twitter sebelum memutuskan melakukan pembelian.

Selain itu, Twitter marketing punya kelebihan bila dibandingkan dengan marketing di media sosial lainnya. Strategi twitter marketing disebut lebih efektif bila dibandingkan dengan iklan televisi pada waktu siaran langsung.

Hal ini disebabkan banyak orang yang menonton siaran langsung iklan televisi sambil berkomentar di Twitter.

Di lain sisi, sebanyak 31% orang mengaku lebih mudah mengingat apa yang ada di Twitter dibandingkan melalui mesin pencarian biasa. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan untuk brand awareness bisnis Anda.

Berita baik lainnya yaitu Twitter cukup ramah bagi pengguna baru. Anda tidak harus susah payah membangun reputasi dengan beli pengikut seperti di Instagram.

Fitur yang ada di Twitter juga memungkinkan Anda memperoleh eksposur dengan berbagai cara, yakni :

  • rekomendasi who to follow,
  • balasan tweet,
  • promoted tweet,
  • retweet,
  • hashtag,
  • percakapan di tweet,
  • dan akun yang diikuti.

Strategi Jitu Twitter Marketing

Berikut strategi twitter marketing yang jitu untuk bisnis Anda. Cara marketing di twitter tidak hanya soal penampilan visual, tetapi juga hal-hal teknis dan kreatif lainnya.

a. Maksimalkan Profil

Tampilan profil adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Ibarat orang, profil adalah wajah dari usaha Anda. Dan bagian inilah yang pertama kali dilihat dan menentukan reputasi bisnis Anda.

Username

Strategi Twitter Marketing selanjutnya tidak kalah penting. Pastikan untuk memilih username yang sesuai dengan nama bisnis Anda. Perbedaan username dan nama bisnis dapat mengakibatkan calon klien Anda kebingungan.

Jika memungkinkan, pilihlah username yang pendek. Dengan begitu, Anda akan menghemat karakter tweet. Username yang pendek pun cenderung mudah diingat dan praktis saat akan disebut dalam tweet.

Foto Profil

Pakailah logo usaha Anda sebagai profile picture Twitter. Ini merupakan cara termudah untuk meningkatkan branding dan reputasi bisnis Anda.

Bila Anda seorang public figure, blogger, atau content creator, alternatif lain yaitu memasang foto profil dengan latar belakang yang bersih. Foto semacam ini akan membuat Anda nampak profesional.

Header Image

Jangan biarkan header image yang ada di bagian atas profil Anda dibiarkan kosong. Elemen ini sangat strategis untuk meningkatkan brand awareness.

Ada beberapa opsi untuk menggunakan header image. Anda dapat memakai bagian ini untuk memperkuat reputasi bisnis dengan :

  • memamerkan penghargaan dan pencapaian,
  • promosi dan produk terbaru,
  • atau sekedar tagline.

Bio

Strategi Twitter Marketing selanjutnya memaksimalkan bio pada Twitter. Bio adalah bentuk perkenalan Anda ke audiens. Jadi, jangan pernah asal-asalan mengisi bagian ini.

Dalam menulis bio, Anda perlu fokus memperkenalkan apa usahanya dan apa yang dilakukan. Bio semacam ini disebut versatile. Dan bio ini dapat dengan mudah dipahami oleh audiens Anda.

Anda dapat juga menambahkan elemen humor, pencapaian, atau hashtag terkait bisnis Anda. Pastikan Anda hanya akan menulis bio semacam itu saat branding bisnis sudah cukup kuat.

b. Tweet di Waktu yang Tepat

Anda ingin tweet Anda mencapai audiens sebanyak mungkin. Itu artinya, Anda harus memperhatikan waktu untuk mempublikasikan tweet yang tepat.

Anda biasakan untuk aktif di pagi, siang, dan sore hari. Waktu-waktu ini yaitu ketika audiens Anda mengisi waktu di jalan untuk berangkat ke sekolah atau kantor. Dan juga untuk mengisi waktu istirahat makan siang.

c. Maksimalkan Fitur

Twitter tak sekedar konten teks. Kini, ada beberapa fitur yang harus Anda kombinasikan dalam tweet. Dan ini bisa Anda manfaatkan untuk strategi twitter marketing.

Gambar

Menambahkan gambar pada tweet menambah 150% kemungkinan untuk di-retweet. Jadi, jika memang ingin memperluas jangkauan tweet, pastikan Anda menambahkan gambar pada tweet.

Ada dua cara kombinasi gambar ke tweet yaitu dengan :

  1. Menambah gambar sebagai ilustrasi konten.
  2. Menjadikan beberapa gambar sebagai cerita bersambung. Cara ini dapat dipakai saat Anda punya konten yang cukup panjang, namun tak mau mempublikasikannya dalam bentuk teks.

Video

Bila engagement yang Anda cari, maka menambahkan video ke tweet akan meningkatkannya sampai 10 kali lipat.

Curi perhatian audiens Anda dengan menunjukkan :

  • latar yang menarik,
  • gerakan atau aktivitas,
  • video yang diambil dari jarak dekat,
  • dan juga visual yang membuat penasaran.

Jangan lupa sertakan logo bisnis Anda dan orang-orang.

GIF

Strategi twitter marketing lain untuk meningkatkan engagement adalah dengan menambahkan GIF ke tweet. Cara ini bisa meningkatkan engagement hingga 55% dibandingkan dengan tweet yang tak menyertakan GIF.

Polling

Polling adalah cara strategis membangun engagement sekaligus mencari insight tentang audiens Anda.

d. Gunakan Bahasa Percakapan

Inti dari strategi Twitter marketing adalah engagement. Maka penting untuk membuat bahasa yang digunakan senatural mungkin. Seperti halnya Anda sedang bercakap-cakap.

Cara paling mudah untuk memancing interaksi yaitu dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Hindari menanyakan hal yang jawabannya sebatas pada iya atau tidak. Format pertanyaan tersebut umumnya tak banyak direspons oleh pengguna Twitter.

Begitu halnya dengan tweet yang bernada monolog atau terlalu kaku. Gaya seperti ini hanya akan membuat para pengikut ragu untuk menanggapi tweet Anda.

e. Gunakan Tanda Pagar (Hashtag)

Tanda pagar mempermudah tweet ditemukan oleh pengguna Twitter yang belum mengikuti Anda. Maka, pastikan untuk menyertakan tanda pagar di tweet saat melakukan strategi twitter marketing.

Anda dapat membuat tanda pagar khusus sesuai brand atau mengikuti trending topic yang ada di Twitter. Tapi, Anda pastikan hanya menambahkan 2 buah tanda pagar di tweet.

Jumlah ini akan meningkatkan engagement tweet hingga 21% dibandingkan dengan tweet dengan banyak tanda pagar.

f. Pakai Kata-Kata Ajakan

Pakai kata-kata ajakan untuk menggiring calon klien ke aksi yang Anda mau. Misalnya :

  • Ajak untuk berbelanja
  • Kunjungi website kami
  • Download di sini
  • Baca lebih lanjut
  • dll

Pakai kata-kata ajakan jika diperlukan saja. Terlalu banyak memakai kata-kata tersebut akan menimbulkan kesan yang agresif pada usaha Anda.

Baca Juga : Cara Maksimalkan Promosi Bisnis dengan Hashtag

g. Ikuti Obrolan Terkini

Topik pembicaraan yang sedang viral yaitu strategi twitter marketing yang cukup mulus untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda dapat mengenalkan bisnis pada pengguna Twitter yang belum mengikuti akun Anda.

h. Balas Mention, Retweet dan Like

Twitter didesain agar Anda dapat lebih dekat dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Maka tidak aneh bila Twitter digunakan untuk menonjolkan customer service sebuah brand.

Hal ini didukung juga oleh sejumlah statistik :

  • Sebanyak lebih dari 75% pengguna mengaku pernah me-mention akun bisnis.
  • Sebanyak lebih dari 65% pengguna berinteraksi dengan tweet yang dibuat oleh akun bisnis.
  • Sebanyak 82% pengguna merasa senang dan puas ketika tweet mereka dibalas.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tak membalas, retweet atau pun like tweet dari pengikut Anda.

i. Caption Kreatif

Caption tidak kalah pentingnya ketika melakukan strategi Twitter marketing. Apalagi bila Anda membagikan video atau konten dari website lain.

Caption memberi konteks pada konten yang dibagikan. Bagian ini pun akan membantu audiens dalam memutuskan untuk mengklik konten Anda atau tidak.

Namun yang harus Anda perhatikan yaitu tak sekedar menulis ulang judul artikel ke tweet. Bila membagikan konten dari website Anda sendiri, ada baiknya untuk mengisi meta deskripsi di bagian bawah judul dengan kreatif.

j. Berinteraksi dengan Influencers

Berinteraksi dengan influencers yaitu strategi twitter marketing untuk memperoleh eksposur. Influencers punya pengikut yang banyak.

Namun, yang tidak kalah penting yaitu kesediaan pengikut untuk mengikuti apa yang disarankan oleh influencers. Jadi, bukan saja eksposur yang diperoleh melainkan juga lead ke bisnis Anda.

Bila Anda punya cukup modal, bekerja sama dengan influencers bisa jadi pilihan. Anda dapat menjanjikan sejumlah benefit ke influencers supaya mereka mempromosikan bisnis Anda.

Tapi, ada juga cara lain yang dapat digunakan yakni dengan membalas tweet seorang influencer. Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh testimoni dengan lebih organik dan meyakinkan.

Tapi, tentu saja Anda harus jeli agar tweet semacam ini tidak terlewat.

k. Konsisten

Konsisten merupakan elemen yang tidak kalah penting dalam menjalankan strategi twitter marketing. Apalagi di medium seperti Twitter. Di mana umur tweet begitu pendek sehingga Anda harus bersaing dengan banyaknya tweet dari para kompetitor.

Untuk dapat konsisten melakukan marketing di Twitter, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan bersamaan.

  1. Persiapkan konten untuk Twitter. Anda dapat membuat konten dan merilisnya di waktu-waktu yang dianggap sangat strategis.
  2. Jadilah lebih spontan. Selagi tidak ada konten untuk dibagikan, Anda dapat membalas pertanyaan pelanggan, retweet dan like tweet yang memperkuat citra bisnis. Ini pun dilakukan sambil ikut dalam percakapan soal isu yang hangat dibicarakan.

Dengan 2 pendekatan ini, upaya promosi bisnis Anda dapat berjalan dengan konsisten dan mudah.

l. Twitter Ads

Twitter Ads adalah solusi cepat bila Anda punya target marketing. Apakah itu dapat tambahan :

  • pengikut,
  • engagement,
  • pengunjung website atau konversi lain,
  • in-stream video,
  • atau yang lainnya.

Anda dapat menargetkan ke pengguna Twitter dengan minat dan perilaku digital yang spesifik. Dengan begitu, upaya mempromosikan bisnis yang dilakukan Anda akan berjalan lebih efektif.

Biaya yang dikeluarkan dapat menyesuaikan dengan budget yang Anda punya untuk melakukan strategi twitter marketing.

Gunakan Strategi Twitter Marketing Sekarang!

Mempromosikan bisnis Anda di Twitter bukanlah sesuatu hal yang sulit. Namun dengan strategi yang tepat, Anda dapat memperoleh hasil yang diinginkan dengan lebih efektif dan efisien.

Jadi Anda dapat menerapkan strategi untuk twitter marketing di atas supaya memperoleh hasil yang optimal.

Berikut ringkasan dari strategi ini :

  • Maksimalkan profil
  • Tweet di waktu yang tepat
  • Maksimalkan fitur
  • Gunakan bahasa percakapan
  • Gunakan tanda pagar (hashtag)
  • Pakai kata-kata ajakan
  • Ikuti obrolan terkini
  • Balas mention, retweet dan like
  • Caption kreatif
  • Berinteraksi dengan influencers
  • Konsisten
  • Twitter Ads

Anda pun dapat mencoba strategi lain seperti teknik SEO agar omset bisnis meningkat. Untuk artikelnya bisa klik link yang ada.

Sekian info seputar memanfaatkan strategi twitter marketing untuk bisnis, kami harap artikel kali ini berguna untuk Anda. Kami berharap postingan sosmed marketing ini dibagikan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WeCreativez WhatsApp Support
Soleh Agus
Hai 👋 Ada yang bisa kami bantu?