Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Media Digital Marketing Terbaik untuk Pemasaran Bisnis

Apakah Anda tahu apa saja media yang digunakan untuk melakukan digital marketing? Ada banyak media digital marketing yang bisa Anda pakai untuk promosi, dari yang gratis sampai berbayar. Mulai dari channel atau media marketing untuk membangun komunikasi sampai memperluas bisnis.

Media Digital Marketing

Media Pemasaran Digital

Di artikel sebelumnya, Anda sudah belajar apa itu Digital Marketing. Sekarang Anda akan belajar digital marketing lebih jauh lagi yaitu terkait dengan medianya.

Meskipun upaya promosi ini sama-sama memanfaatkan media digital marketing, namun cara pemakaian dan tujuan tiap platform berbeda-beda. Silakan ikuti penjelasannya di bawah ini.

a. Google Bisnisku

Data terkait media digital marketing berupa Google Bisnisku yaitu :

  • Tingkat kemudahan : mudah dilakukan, Anda tinggal mendaftar dan melengkapi profil bisnisnya.
  • Rentang biaya : Rp 0 (gratis).
  • Performa : jangka panjang.
  • Cocok untuk : bisnis yang baru mulai atau telah berjalan dan mau mempermudah calon pelanggan tahu profil took Anda.

Google Bisnisku merupakan layanan gratis dari Google. Layanan ini untuk menampilkan profil bisnis secara instan di halaman pencarian google. Profil bisnis yang ditampilkan misalnya :

  • alamat perusahaan,
  • nomor telepon,
  • jam operasional,
  • rating bisnis,
  • dan lainnya.

Tak hanya menampilkan info, banyak manfaat dari media digital marketing ini (Google Bisnisku) yang memudahkan calon klien menemukan bisnis Anda. Seperti :

  • Menyediakan informasi yang valid. Hanya pemilik bisnis terverifikasi yang dapat membuat akun Google Bisnisku. Sehingga informasi juga valid dan bisa meminimalisir resiko penipuan yang mengatasnamakan toko Anda.
  • Memberikan informasi lengkap dan actual. Informasi detail toko dapat muncul tanpa merepotkan calon klien / pelanggan untuk scrolling dan/atau mengklik info yang ada.
  • Memunculkan bisnis di Google Maps. Calon klien / pelanggan dapat segera mengecek lokasi toko di Google Maps.
  • Mendapatkan review dari pelanggan. Testimoni bisnis dapat Anda munculkan untuk memperkuat minat calon klien / pengunjung agar berlangganan.
  • Menjadi media komunikasi pelanggan. Calon klien / pelanggan dapat bertanya secara langsung pada penjual melalui fitur Ajukan Pertanyaan.
  • Menjadi alat analisis pelanggan. Google Bisnisku akan memberikan fitur Analytics untuk membantu mengecek performa bisnis Anda.

Untuk mengaktifkan Google Bisnisku, Anda bisa lihat artikel “Cara Memanfaatkan Google Bisnisku untuk Bisnis” di TernakWebsite.Com.

Tapi, pastikan bisnis Anda sudah siap jalan. Sebab platform ini memerlukan informasi detail seperti :

  • nama toko,
  • alamat,
  • kontak, dan
  • info pelengkap lainnya.

b. WhatsApp Bisnis

Data terkait media digital marketing berupa WhatsApp Bisnis yaitu :

  • Tingkat kemudahan: mudah karena hanya harus mendaftarkan akun.
  • Rentang biaya: mulai dari Rp 0 sampai Rp 1,5 juta / bulan.
  • Performa: jangka panjang.
  • Cocok untuk : menjalin komunikasi dan melayani calon pelanggan secara langsung lewat chat / telepon.

Apakah Anda punya akun WhatsApp? Jika iya, maka Anda termasuk dalam 2 miliar orang yang memakai WA secara aktif.

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, itu artinya sebagian besar masyarakat berkomunikasi menggunakan WA. Termasuk untuk menghubungi toko yang mereka minati. Meskipun hanya sekadar untuk menanyakan :

  • pricelist,
  • stok barang,
  • dan sebagainya.

Kabar baiknya, sekarang ada WhatsApp Bisnis yang menawarkan fitur lebih unggul daripada versi yang biasa. Media digital marketing ini dirancang khusus untuk berwirausaha, Anda dapat memanfaatkan WhatsApp Bisnis untuk :

  • Menampilkan profil bisnis. Mulai dari alamat, detail kontak, website, dll.
  • Membuat bisnis lebih professional. Satu nomor WhatsApp Bisnis dapat dipegang beberapa admin. Sehingga, bagi-bagi tugas jadi lebih mudah. Selain itu klien juga tak menerima pesan promosi dari nomor yang berbeda-beda.
  • Menyediakan fitur katalog. Dengan begitu, calon klien dapat melihat list / daftar produk dalam profil WhatsApp Bisnis Anda.
  • Melakukan monitoring dari statistik dan label pesan. Statistik ini bisa memungkinkan Anda untuk memonitor seluruh aliran pesan termasuk status pengirimannya.
  • Merespons pelanggan secara otomatis. Anda dapat mengatur balasan otomatis seperti Greeting Message, Away Message, dll.
  • Mengirim pesan secara massal dan otomatis. Tersedia fitur blast untuk mengirim pesan ke banyak nomor dalam sekali kirim.
  • Memudahkan manajemen komunikasi. Ada fitur label yang berfungsi untuk mengelompokkan chat berdasarkan kriteria tertentu.

Untuk menggunakan WhatsApp Bisnis, Anda bisa mendownload aplikasinya. Lalu melengkapi profil bisnis Anda. Jangan lupa pula untuk melakukan pengaturan lain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

c. Website

Data terkait media digital marketing berupa Website yaitu :

  • Tingkat kemudahan : mudah, karena Anda dapat membuat sendiri atau menyerahkannya ke jasa pembuatan website profesional.
  • Rentang biaya : mulai dari Rp 500 ribu / tahun.
  • Performa : jangka panjang.
  • Cocok untuk : mengganti kehadiran toko offline / konvensional Anda dan menyediakan berbagai sumber informasi terlengkap.

Rasanya tak lengkap bila belajar mengenai channel digital marketing tanpa membahas website. Mengapa website penting bagi bisnis? Sebab, bisnis yang tak memiliki website berpotensi untuk kehilangan 70 – 80% calon pelanggan potensialnya.

Selain itu, website jadi sumber informasi bagi orang-orang untuk melihat kredibilitas bisnis. Itu sebabnya 56% orang berharap website menyajikan info yang lebih update daripada Google Bisnisku maupun platform lainnya.

Selain itu, ada banyak alasan kenapa bisnis harus menggunakan media digital marketing ini (website) agar semakin sukses :

  • Cocok untuk segala jenis bisnis. Website bisa menyediakan berbagai fitur yang bisnis butuhkan. Seperti fitur :
  • tujuan wisata untuk bisnis travel,
  • halaman info ketersediaan kamar untuk hotel,
  • dsb.
  • Sebagai etalase produk. Website bisa jadi toko untuk memajang sekaligus melayani transaksi pelanggan.
  • Bisa diakses 24 jam penuh sehingga meminimalisir kehilangan calon pelanggan potensial.
  • Mengontrol konten sendiri. Anda bebas mengatur isi website sesuai kepentingan perusahaan. Baik itu halaman produk, press release, dan sebagainya.
  • Memudahkan bisnis ditemukan calon pelanggan. Dengan optimasi SEO maka website akan lebih mudah tampil di halaman pencarian Google.

Anda tertarik membuat website? Banyak kok cara yang bisa Anda lakukan. Bila belum bisa membuatnya sendiri, kami siap mengakomodasinya. Selain itu kami juga membuka jasa kelola website bagi Anda yang sudah memiliki web namun belum punya waktu untuk mengelolanya.

d. Landing Page

Data terkait media digital marketing berupa Landing Page yaitu :

  • Tingkat kemudahan : mudah, karena Anda bisa membuatnya sendiri atau meminta jasa pembuatan landing page.
  • Rentang biaya : mulai dari Rp 27 ribu / bulan (buat sendiri) atau 500 ribu / tahun (jasa pembuatan website).
  • Performa : jangka panjang.
  • Cocok untuk : fokus mengarahkan calon pelanggan menuju transaksi.

Mungkin, Anda sering tertukar antara website dengan landing page. Terlihat mirip, namun sebenarnya kedua platform ini berbeda. Landing page yaitu halaman dalam website yang dirancang khusus untuk melakukan transaksi (selling letter). Pertanyaannya, jika sudah memiliki website apakah masih perlu membuat landing page?

Tentu saja masih! Karena, landing page memiliki berbagai keunggulan yang lebih spesifik daripada website. Khususnya dalam hal untuk mendongkrak transaksi. Lengkapnya, ini dia kelebihan media digital marketing landing page :

  • Lebih fokus mengarahkan audiensmenuju informasi utama.
  • Mempercepat kemungkinan konversi dengan mengajak calon pelanggan untuk melakukan aksi tertentu. Seperti bertransaksi, mengisi form, mempelajari produk, dll.
  • Mengumpulkan data pelanggan potensial via contact form.

Dengan membuat landing page yang memikat, bukan mustahil akan meroketkan konversi sampai 300%. Jadi selain memiliki website, sebaiknya Anda pun harus membuat landing page agar strategi digital marketing makin sukses.

e. Blog

Data terkait media digital marketing berupa blog yaitu :

  • Tingkat kemudahan: ada dua yaitu mudah (konten umum) dan sulit (konten yang memerlukan riset sampai teknik khusus seperti SEO).
  • Rentang biaya : mulai dari Rp 500 ribu / tahun
  • Performa: jangka panjang
  • Cocok untuk: membantu bisnis Anda menjaring berbagai target audiens via konten terlengkap.

Blog merupakan jenis website yang khusus memuat berbagai macam konten / artikel. Umumnya, perusahaan yang mau menjaring lebih banyak calon pelanggan pasti membuat blog selain website utamanya.

Mengapa demikian? Alasannya, blog membawa dampak positif bagi bisnis. Bahkan, bisnis yang membuat blog berpotensi untuk menghasilkan 126% calon customer / pelanggan daripada perusahaan yang tidak.

Hal tersebut tak mustahil sebab media digital marketing ini menawarkan berbagai keunggulan seperti berikut :

  • Fungsi blog sangat fleksibel dalam membantu perusahaan melakukan sales funnel. Yaitu tahapan yang dilalui pelanggan potensial untuk menuju keputusan pembelian.
  • Bebas membuat konten / artikelyang bisa membantu sampai meyakinkan calon pelanggan untuk bertransaksi.
  • Blog memungkinkan memasang iklan / ads.
  • Mendongkrak performa SEOsehingga berpotensi untuk menjaring lebih banyak traffic.
  • Memungkinkan toko onlinelebih mudah untuk ditemukan di halaman mesin pencari seperti Google.

Sekilas, blogging terlihat sangat sepele. Padahal bila Anda asal posting konten atau menjalankan blog ala kadarnya, hasilnya juga akan kurang maksimal. Oleh karena itu, Anda harus membuat atau menyusun strategi blogging yang tepat bagi bisnis.

Yuk Gunakan Media Digital Marketing!

Ada banyak platform digital marketing yang bisa Anda usahakan dan semuanya memberikan efek yang berbeda.

Media DM Cocok untuk…
Google Bisnisku Mempermudah calon customer / pelanggan mengetahui profil took / bisnis Anda.
WhatsApp Bisnis Menjalin komunikasi dan melayani calon customer / pelanggan secara langsung via chat / telepon.
Website Mengganti kehadiran took konvensional / offline Anda dan menyediakan berbagai sumber informasi terlengkap.
Landing Page Fokus mengarahkan calon customer / pelanggan menuju transaksi.
Blog Membantu bisnis menjaring berbagai target audiens melalui konten terlengkap.

Demikian informasi berkaitan dengan media digital marketing terbaik untuk pemasaran bisnis, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Mohon post panduan belajar DM ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WeCreativez WhatsApp Support
Soleh Agus
Hai 👋 Ada yang bisa kami bantu?