Manfaat Digital Marketing Strategy bagi Bisnis

Apa saja manfaat pemasaran digital atau digital marketing khususnya bagi bisnis? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel manfaat digital marketing strategy bagi bisnis ini hingga selesai.

Manfaat Digital Marketing

Manfaat Digital Marketing

Pemasaran digital sangat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda untuk bersaing ke pasar yang lebih luas. Selengkapnya berikut ini adalah berbagai manfaat digital marketing :

a. Hampir Semua Bisnis Menggunakannya

Manfaat digital marketing yang pertama yaitu hampir semua bisnis menggunakan strategi ini. Ada fakta yang menyatakan bahwa hanya 1 dari 5 UKM yang belum memakai digital marketing untuk produknya.

Jangan sampai itu adalah bisnis Anda. Karena, bila semua kompetitor sudah memakai digital marketing maka Anda akan ketinggalan. Karena mereka bisa menjangkau pasar lebih baik dan luas.

Oleh sebab itu, bila bisnis Anda memang belum memakai strategi dan panduan digital marketing, sekarang adalah waktu yang tepat. Baik dipakai untuk meningkatkan penjualan atau mengembangkan bisnis di masa depan. Makanya strategi ini layak Anda terapkan.

b. Biayanya Lebih Murah / Hemat

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang hemat biaya (ini salah satu manfaat digital marketing). Bahkan, bisa saja gratis.

Yang pasti, Anda tak perlu membeli atau menyewa peralatan yang rumit saat akan memakai strategi digital marketing. Selain itu, tak perlu pusing lagi memikirkan biaya tambahan seperti ongkos pengurusan perizinan pemasangan reklame, dll.

Cukup memakai computer / laptop atau smartphone, Anda sudah bisa promosi produk via website atau media sosial, seperti :

  • Bila mau upaya optimasi website yang gratis, Anda bisa menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Supaya semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda.
  • Jika punya budget khusus, Anda bisa memasang iklan di mesin pencari google dengan menggunakan strategi Search Engine Marketing (SEM).

Manfaat digital marketing lainnya yaitu saat menjalankan strategi yang berbayar Anda bebas menentukan budget sendiri. Seperti yang jasa digital marketing strategy yang kami sediakan, di mana Anda bisa menentukan sendiri budgetnya.

Kira-kira, ini kisaran biaya untuk menjalankan digital marketing :

Jenis Digital Marketing Biaya
Membuat website Rp 26 ribu – Rp 2,5 juta
SEO Gratis – berbayar (menyesuaikan tools yang dipakai)
SEM Mulai dari Rp 4 juta
Email Marketing Rp 80 ribu – Rp 360 ribu
PPC Rp 10 ribu – jutaan (menyesuaikan kebutuhan)

Tentunya, biaya digital marketing akan jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Secara garis besar, berikut biaya iklan tradisional :

Jenis Iklan Tradisional Biaya
Display koran Rp 61 ribu/mmk
Pasang baliho/billboard Rp 600 ribu/m2
Iklan di Televisi nasional Rp 14 juta – Rp 100 juta

Sekarang, Anda bisa melihat perbedaan biaya digital marketing dengan pemasaran tradisional? Jadi bisa disimpulkan, digital marketing memang jauh lebih terjangkau daripada iklan konvensional.

c. Hasilnya Lebih Efektif

Manfaat digital marketing yang ketiga yaitu hasilnya lebih efektif. Anda bisa menjangkau target pasar dengan lebih tepat dan efektif dengan digital marketing.

Salah satu alasannya karena strategi digital marketing cocok dengan kebiasaan para pelanggan saat ini. Di Indonesia, pengguna internet menghabiskan waktu sekitar 8 jam untuk online. Plus, 3 jam tiap hari untuk akses media sosial.

Bila Anda memasarkan produk secara online, tentu akan menjangkau calon konsumen lebih mudah dan langsung di gadget mereka.

Selain itu, Anda juga bisa menjalin komunikasi 2 arah dengan calon konsumen Anda, apapun platform yang dipakai. Bisa dengan berbalas komentar atau sharing dan like.

Kedekatan inilah yang bisa menumbuhkan rasa percaya (trust) dari calon konsumen untuk membeli produk Anda. Faktanya, sebuah bisnis bisa meningkatkan pendapatannya sampai lebih dari $1 juta setelah secara aktif memasarkan produk dengan digital marketing.

Hebatnya lagi manfaat digital marketing strategi yaitu eksekusinya lebih cepat dan sesuai keinginan. Bahkan, Anda dapat menjalankan strategi ini dalam waktu harian saja.

Kira-kira, seperti ini contoh timeline-nya :

Aktivitas Waktu
Merancang konten dan design iklan 3 hari
Mempublikasikan di website 1 menit
Mengatur ads 1 jam
Menunggu review ads 1 hari
Total Waktu 4 hari 1 jam 1 menit

Kurang dari seminggu saja, Anda sudah dapat meluncurkan kampanye (campaign) pemasaran digital Anda. Tak hanya di satu channel, melainkan di berbagai saluran marketing, baik di :

  • Facebook,
  • Instagram,
  • Google,
  • dsb.

Sedangkan jika menggunakan iklan tradisional (brosur atau koran), tentu usaha yang keluar akan jauh lebih banyak. Seperti :

  • mengurus perizinan dan administrasi,
  • menunggu iklan dipasang,
  • dll.

Belum lagi jika terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti baliho ambruk dan semacamnya.

d. Hasilnya Lebih Terukur

Manfaat digital marketing yang keempat yaitu hasilnya lebih terukur. Sangat penting untuk tahu tingkat kesuksesan dari program pemasaran Anda.

Dan, digital marketing adalah strategi pemasaran yang bisa diukur (measurable). Tiap pelaksanaan program dimulai dari data yang dimasukkan dalam sistem. Mulai dari tujuan, biaya, durasi dan lainnya.

Lantas, saat program tersebut berjalan, Anda dapat langsung melakukan monitoring. Dengan mencatat persentase kesuksesan atau kegagalan suatu program.

Sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan melanjutkan program atau menghentikannya. Bahkan, sebelum program tersebut berakhir.

Selain itu manfaat digital marketing akan terasa karena tiap channel marketing rata-rata menyediakan alat pengukuran data, seperti :

  • Website dengan Google Analytics,
  • Facebook ads dengan menu Tracking,
  • Instagram dengan Insights,
  • dan masih banyak lagi.

Alhasil, lebih mudah bagi Anda dalam menilai efektivitas kampanye :

  • Apakah iklan menjangkau target audiens yang tepat?
  • Seberapa besar konversi yang didapatkan melalui channel marketing tersebut?
  • Konten mana yang populer dan dapat Anda manfaatkan lebih lanjut?
  • dll.

Dengan melakukan evaluasi strategi digital marketing, Anda tahu mana yang baik dan kurang baik bagi bisnis. Sehingga, rencana perusahaan / bisnis ke depannya dapat lebih efektif.

e. Jangkauan Tepat Sasaran

Manfaat digital marketing strategi yang kelima yaitu jangkauannya tepat sasaran. Karena, Anda dapat membidik audiens secara spesifik, mulai dari :

  • wilayah,
  • umur,
  • gender,
  • dan detail lainnya.

Misalnya, Anda memakai iklan Facebook atau Facebook Ads yang menargetkan untuk semua orang dengan usia 21 – 65 tahun di Bogor. Selain itu untuk mereka yang tertarik dengan produk gratis.

Berbagai platform ads online menerapkan teknologi machine learning. Sehingga iklan hanya akan muncul ke audiens yang sesuai dengan iklan Anda seperti :

  • histori pencarian,
  • transaksi,
  • minatnya,
  • dan sebagainya.

Alhasil, iklan Anda juga akan lebih efisien dan efektif dalam meraih tujuannya. Tentunya, manfaat digital marketing ini akan berbeda dengan pemasaran tradisional.

Misalnya memasang baliho. Di mana Anda harus survey lebih dahulu lokasi baliho mana yang strategis di kota tersebut.

Belum lagi, Anda tidak dapat memilih target audiens yang disasar. Semuanya serba kira-kira. Oleh sebab itu, manfaat dari hadirnya pemasaran digital bagi efektivitas bisnis cukup terasa. Baik efektivitas dari segi waktu, biaya, maupun tenaga.

Penting untuk Anda ingat, kesuksesan strategi digital marketing ditentukan juga oleh target pasar. Dengan membidik target pasar yang tepat, maka peluang keberhasilan strategi marketing Anda juga akan lebih besar.

f. Mampu Menjalin Komunikasi dengan Calon Pelanggan secara Personal

Yang keenam, manfaat digital marketing yaitu bisa menjalin komunikasi dengan calon pelanggan secara personal. Anda bisa menjalin komunikasi personal atau pemasaran yang dipersonalisasi (personalized marketing) dengan calon pelanggan.

Tentu ini penting. Karena mengingat 80 persen pelanggan cenderung membeli produk dari merek yang memberikan personalized experience atau pengalaman yang dipersonalisasi. Tidak heran, personalized marketing jadi salah satu trend bisnis online.

Personalized marketing ini mungkin bisa Anda lakukan. Karena berbagai tools digital marketing dapat merekam data real-time hasil respons iklan. Seperti :

  • demografi,
  • jangkauan,
  • siapa yang merespon,
  • dll.

Personalized marketing ini bisa Anda terapkan untuk pendekatan kembali ke pengunjung yang telah berinteraksi dengan website dan iklan. Atau biasa disebut dengan retargeting. Misalnya, mengirim info produk baru via email.

Dengan personalized marketing maka potensi konversi atau pembelian kembali (repeat order) yang meningkat. Selain itu engagement dengan pelanggan juga akan meningkat.

g. Memperkuat Brand Awareness

Digital marketing strategi yaitu teknik ampuh untuk memperkuat brand awareness. Dan ini merupakan salah satu manfaat digital marketing yang penting. Brand awareness yaitu rasa familiar yang pelanggan miliki atas suatu produk dan/atau bisnis.

Mengapa digital marketing bagus untuk brand awareness? Alasannya, digital marketing bisa meningkatkan paparan brand ke target audiens-nya. Apalagi, channel digital marketing itu beragam.

Dengan beragamnya channel marketing, maka promosi Anda sampai ke target audiens bisa secara berkali-kali. Karena nyatanya, untuk mengingat suatu brand, rata-rata orang butuh 5 sampai 7 kali impresi.

Hal tersebut, artinya, mereka harus melihat suatu brand berkali-kali hingga akhirnya familiar. Contoh strategi digital marketing yang cocok untuk brand awareness yakni SEO untuk optimasi website.

Karena, optimasi SEO akan memungkinkan website menduduki halaman pertama Google untuk kata kunci (keyword) yang sering dicari orang. Jadi, berbagai konten Anda dapat tampil berkali-kali di halaman pertama Google saat orang memerlukannya.

h. Meningkatkan ROI Perusahaan

Kesuksesan digital marketing strategi dapat dilihat dari return on investment (ROI). Dan ini manfaat digital marketing yang diinginkan bisnis / perusahaan.

ROI merupakan prosentase profit yang diterima perusahaan / bisnis setelah menginvestasikan uang dengan besaran tertentu. Kabar gembiranya, strategi digital marketing akan mempermudah Anda dalam mengukur ROI perusahaan.

Karena, Anda dapat melakukan performance tracking dari tiap kampanye pemasaran. Dengan begitu, mudah untuk melihat berapa besar pengeluaran dan hasil yang perusahaan / bisnis terima.

Di bawah ini estimasi ROI dari berbagai jenis channel digital marketing :

Jenis Digital Marketing ROI (3 tahun)
Website yang menerapkan SEO 748%
SEM & PPC 36%
Email Marketing 261%
Facebook Ads 87%

Angka yang cukup fantastis bukan? Jadi, dapat disimpulkan bila digital marketing memang sangat ampuh untuk menumbuhkan perusahaan / bisnis. Walaupun begitu, jangan anggap semua strategi digital marketing itu cara dan hasilnya sama saja.

Sekian info seputar manfaat digital marketing strategy bagi bisnis, semoga post ini mencerahkan sahabat semua. Kami berharap post digital marketing ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *