Makanan Sumber Protein untuk Program Diet

Di artikel ini kami akan bahas perihal Makanan Sumber Protein untuk Program Diet Anda. Sebagaimana di sebutkan di artikel sebelumnya bahwa protein berguna untuk membentuk sel dan jariangan tubuh. Nutrisi ini juga sangat diperlukan saat Anda menjalankan program diet. Ada beberapa makanan penting yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber protein. Dimana protein dipakai buat proses pembentukan otot dan meningkatkan kesehatan.

Makanan Sumber Protein untuk Program Diet

Makanan Sumber Protein untuk Program Diet

Sumber-sumber makanan berprotein tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Ikan Tuna

Ikan tuna mengandung protein berkualitas tinggi dan juga esensial yang mudah dicerna. 100 gr daging ikan tuna panggang mengandung sekitar 24 gr protein. Tuna pun mengandung asam lemak omega-3 yang terdiri dari DHA dan EPA. Omega-3 ini sangat bagus buat menjaga kesehatan jantung.

Tuna juga kaya kandungan mineral selenium, magnesium, potassium, dan niasin, vitamin B1, serta 86. Sangat dianjurkan buat mengonsumsi daging ikan tuna setidaknya 30 gr sehari atau 2 sajian per minggu.

2. Daging Sapi Bebas Lemak (Lean Beef)

Daging sapi kaya akan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh di antaranya :

  • protein (27 gr / 100 gr daging),
  • berbagai jenis vitamin B,
  • creatine,
  • hormon pertumbuhan,
  • zat besi,
  • dan masih banyak lagi.

Semua nutrisi di atas bekerja bersama untuk

  • membentuk jaringan otot yang bebas lemak,
  • meningkatkan ATP, dan
  • membuat Anda mampu berlatih beban lebih lama.

Kandungan kolesterol dan zat besinya mampu mendongkrak level testosterone. Sehingga bisa mencegah penimbunan lemak dalam tubuh

3. Daging Kambing

Daging kambing pun kaya akan vitamin, mineral, zinc, zat besi, fosfor, selenium, dan tembaga. Bahkan daging kambing umumnya lebih rendah lemak dan kalori daripada daging sapi.

Sayangnya daging kambing mengandung kolesterol yang lebih banyak dibandingkan daging sapi. Karena itu dianjurkan mengonsumsi daging kambing secukupnya atau divariasikan dengan daging sapi buat program diet. Batasi pula konsumsi daging kambing untuk yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

4. Daging Unggas

Sebagai salah satu makanan pokok bagi para atlet binaraga, daging unggas cocok buat program diet pembentukan otot, bulking, maupun cutting. Hindari memasak dengan cara digoreng karena akan menghilangkan banyak kandungan nutrisinya. Kandungan nutrisi dalam daging unggas seperti :

  • protein (29 gr / 100 gr buat daging dada ayam)
  • asam amino esensial,
  • selenium,
  • niasin,
  • vitamin 86,
  • asam lemak omega-3,
  • dan berbagai nutrisi lainnya.

Untuk jenis daging dada ayam, usahakan pilih dari ayam kampong. Sebab lebih bernutrisi dan lebih sehat.

5. Putih Telur Ayam

Meski proteinnya jenis lambat serap sebab melepaskan protein 3 jam sesudah dikonsumsi. Tapi putih telur ayam siap membentuk jaringan otot tubuh dengan sempurna. 100 gr putih telur rebus mengandung :

  • 12,6 gr protein,
  • selenium,
  • riboflavin,
  • asam lemak omega-3,
  • vitamin Bl2, B6,
  • vitamin A,
  • folat,
  • zat besi,
  • zinc,
  • fosfor,
  • dan berbagai nutrisi lainnya.
7. Keju Cottage (Cottage Cheese)

Keju ini mengandung banyak protein kasein bersifat lepas secara berkala jika dikonsumsi (12 gr/100 gr keju cottage). Karena itu, keju ini sangat cocok dimakan sebelum tidur buat mensuplai asupan protein selama tidur sehingga mencegah katabolik otot.

Keju cottage kaya akan kalsium, riboflavin, vitamin A, B6, B12, selenium, dan merupakan sumber alami glutamine. Keju cottage pun rendah akan kalori, karbohidrat dan lemak (hanya 5 persen) sehingga sangat cocok sebagai makanan diet.

8. Kacang Hijau

100 gr kacang hijau yang direbus mengandung 7 gr protein nabati. Di samping itu kacang hijau kaya akan serat makanan yang mengenyangkan, memperbaiki pencernaan, dan mencegah konstipasi. Kacang hijau pun rendah karbohidrat dan hampir bebas lemak.

Bonusnya lagi, kacang hijau kaya akan asam lemak esensial sehingga bagus buat mengendalikan kolesterol. Belum lagi kandungan nutrisi lain seperti berbagai vitamin, mineral, enzim aktif, dan antioksidannya. Jelaslah sudah kenapa kacang hijau sangat cocok sebagai salah satu makanan diet terbaik.

9. Susu Sapi Rendah Lemak (Skim Milk)

Kandungan dalam susu sapi rendah lemak seperti protein whey dan protein kasein berkualitas tinggi. Salah satu manfaat utama protein whey yaitu dapat meningkatkan sintesis protein yang bermanfaat buat pembentukan jaringan otot bebas lemak. Sementara protein kasein bersifat dilepaskan secara berkala. Sehingga secara konstan protein kasein bisa menjaga kebutuhan asupan asam amino ke dalam otot supaya tidak katabolik.

Kandungan laktosa dalam susu sapi berperan sebagai gula yang dilepaskan pula secara berkala. Sehingga tetap aman buat program diet Anda. Belum lagi berbagai kandungan nutrisi lainnya yang siap menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Seperti

  • kalsium,
  • vitamin D,
  • vitamin K,
  • antioksidan kuat (berupa laktoferin), dan
  • CLA

Bila tidak menemukan produk susu sapi rendah lemak, produk Maximum Protein bisa jadi penggantinya. Karena produk Synergy ini mengandung protein berkualitas seperti protein whey, CLA dan lain-lain.

10. Susu Kedelai

Untuk yang alergi laktosa pada susu sapi atau vegetarian dan tidak mengkonsumsi susu sapi, maka susu kedelai jadi alternatif terbaik. Dengan bahan dasar kedelai, susu ini dijamin bebas dari laktosa dan kolesterol. Kandungan proteinnya juga cukup tinggi untuk memenuhi asupan protein untuk:

  • pertumbuhan dan perkembangan jaringan otot tubuh,
  • pembentukan sel-sel tubuh,
  • menjaga daya tahan, dan
  • memperbaiki jaringan yang rusak.

Susu kedelai memang dikenal mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang timbul akibat proses fisiologis tubuh dan pengaruh lingkungan.

Demikian informasi perihal Makanan Sumber Protein untuk Program Diet, kami harap artikel kali ini membantu kawan-kawan semua. Tolong artikel ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat. Order produk Smart Detoks bisa kontak saya atau klik 0812-1594-4622.

Referensi: Program Diet Smart Detox

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

POST REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!