Kriteria Backlink Berkualitas Tinggi Yang Harus Anda Ketahui

Apakah Anda mau tahu apa saja kriteria / indikator backlink yang termasuk berkualitas tinggi? Bila mau tahu kriteria backlink berkualitas tinggi yang bisa Anda gunakan untuk link building, simak artikel ini sampai selesai.

Kriteria Backlink Berkualitas

Kriteria Backlink Berkualitas Tinggi

Inilah daftar 5 kriteria backlink berkualitas tinggi yang dibutuhkan dalam rangka melakukan off page SEO secara baik :

a. Links with Traffic

Backlinks terbaik yaitu link yang diklik oleh pengguna secara acak dan juga konstan. Sehingga dengan adanya backlink (pranala balik) bisa mendatangkan traffic ke website kita.

Selain pasti terindeks oleh Google, link dengan perlakuan seperti ini biasanya juga memenuhi kriteria backlink berkualitas yang lainnya yaitu :

  • relevan, dan
  • terpercaya.

Salah satu trik untuk mendapatkan links with traffic adalah dengan membuat backlinks dari konten yang berkualitas. Terutama untuk metode :

  • PBN,
  • blog pos, dan
  • aged web 2.0.

Artinya, walau konten hanya diletakkan di tier-1 dan bukan moneysite, buatlah yang :

  • unik,
  • panjang, dan
  • SEO friendly.

Cara lainnya yaitu dengan menyisipkan backlinks pada konten yang sebelumnya sudah punya traffic. Trik ini cocok Anda terapkan pada metode blog post.

Alih-alih memesan blog post baru, kita dapat meminta supaya link diselipkan pada pos yang sudah ada. Tentu kita harus meminta akses statistik pengunjung dari pemilik blog, seperti :

  • Google analytics,
  • Histats,
  • dan sebagainya.

Akses tersebut untuk mengetahui post mana saja yang sudah mendapatkan traffic. Biasanya pemilik blog tidak keberatan dengan permintaan seperti ini, tentu selama harganya cocok.

b. Indexed dan DoFollow

Seperti punya :

  • motor gede (moge) namun tidak pernah dibunyikan suara knalpot berisiknya,
  • perhiasan emas bermata intan berlian tapi tak pernah digunakan saat kondangan,

Begitulah gambaran dari links yang tidak terindex. Siapa yang akan tahu kalau kita memiliki benda-benda yang memang dibeli untuk dipamerkan tersebut?

Ada kalanya Google melewatkan link-link penting milik website kita, meski ia sangat rajin melakukan Crawling dan link setiap saat. Padahal hampir seluruh tools SEO hanya bisa melihat nilai dari backlinks yang terindex saja.

Tak terindex berarti tak terlihat dan sesuatu yang tak terlihat dianggap tak ada. Maka sebaik apapun backlinks yang kita miliki, jika ia tidak terindex, sia-sialah itu barang.

Dan agar link terindex untuk kesekian kalinya, fokuslah hanya pada backlinks dari web-web berkualitas yang biasanya cepat diindek oleh Google. Bila perlu pakai layanan backlink indexing pihak ketiga, seperti :

  • Backlinksindexer,
  • Linklicious,
  • Lindexed,
  • dan lain sebagainya.

Bagi yang menggunakan jasa SEO, garansi backlink terindex bisa menjadi salah satu indikator layanan yang berkualitas.

Selanjutnya, kriteria backlink berkualitas tinggi dan bernilai yaitu yang punya atribut dofollow. Yang berarti mengizinkan Google untuk mengikutinya. Kebalikan dari atribut ini yaitu nofollow. Yang artinya tak mengizinkan Google untuk mengikutinya.

Ini membuat begitu terang benderangnya perbedaan link di atas. Namun, nyatanya Google tetap memperhitungkan nofollow link sebagai ranking factor dalam algoritma mereka.

Sehingga tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa link dofollow dan nofollow itu :

  • sama pentingnya, dan
  • jadi salah satu metode dalam diversifikasi link.

Disarankan Anda untuk memberikan prioritas bagi link dofollow. Namun bila memang Anda dapat memperoleh nofollow link, maka itu tak jadi masalah. Terutama yang berhubungan dengan link dari media sosial.

c. Relevant dan Trusted

Backlinks relevan merupakan hal yang sangat penting bagi Google yang selalu terobsesi dengan relevansi. Relevan berarti berasal dari website yang punya niche mirip atau menyerupai.

Kita tidak ingin memiliki link untuk website rumah milik kita dari website lain yang sama sekali tidak berhubungan. Misalnya :

  • software game,
  • fashion muslim,
  • dan sebagainya.

Selain relevan, backlinks pun harus datang dari website terpercaya bukan yang mencurigakan atau abal-abal. Seperti spammy website atau dummy blog yang tidak keru-keruan. Dan keduanya merupakan kriteria backlink berkualitas tinggi yang perlu Anda perhatikan.

High authority website adalah yang terbaik. Selain itu, website-website berdomain TLD yang memiliki parameter bagus untuk :

  • indexing,
  • konten,
  • traffic,
  • domain authority,
  • dan lain sebagainya.

Jumlah keseluruhan outbound link yang dikandung oleh website yang memberikan backlinks juga merupakan faktor yang menentukan :

  • tingkat kepercayaan, dan
  • nilai dari sebuah backlinks.

Semakin besar angkanya, maka semakin kecil nilainya.

Faktor ini disebut sebagai OBL (outbound links) score. Dengan logika bahwa :

OBL > IBL < Link Juice

Ket terkait kriteria backlink berkualitas :

  • OBL : link keluar ke website lain
  • IBL : link yang masuk dari website lain (inbound links)

Artinya jika sebuah website yang memiliki terlalu banyak OBL yang tidak diimbangi dengan IBL maka nilai link juicenya menjadi kecil. Karena link terdistribusi ke banyak tempat.

Sebagai ilustrasi : bandingkan daya hancur sebuah meriam pada sebuah bangunan dengan ketapel-ketapel kecil yang ditembakkan ke banyak target sasaran.

d. Non-Reciprocal

Reciprocal berarti bolak-balik. Reciprocal link yaitu jenis link di mana sebuah web memberikan link kepada web lain yang memberikan link balik. Saling memberi.

Biasanya link seperti ini diperoleh melalui forum. Khusunya forum yang menyediakan wadah untuk bertukar link atau link exchange yang cukup ramai diikuti oleh pemilik website.

Sayangnya reciprocal link merupakan jenis yang tak begitu Google suka. Dan bukan termasuk salah satu kriteria backlink berkualitas. Serta secara prinsip tidak memberikan manfaat yang signifikan.

Bukti dari ketidaksenangan Google terhadap reciprocal link yaitu tenggelamnya berbagai situs blog directory. Di mana situs ini dahulu sangat populer dan menjadi salah satu rekomendasi wajib offpage SEO. Situs directory ini seperti :

  • Blogtoplist,
  • Bloggeries,
  • Technorati,
  • Ontoplist,
  • dan lain sebagainya.

Hampir seluruh blog directory di atas mensyaratkan reciprocal link sebelum web kita bisa masuk dalam daftar mereka. Caranya yaitu dengan meletakkan button yang biasanya disebut sebagai “chicklet” yang mengarah ke web mereka di web kita.

Adapun kebalikan dari reciprocal link yaitu non-reciprocal link. Di mana link ini umumnya juga disebut sebagai one way link. Inilah jenis yang akan kita cari untuk backlinks kita dan jadi salah satu kriteria backlink berkualitas tinggi.

e. Diversified

Sebuah entitas belum bisa dimasukkan dalam kategori luar biasa sebelum entitas tersebut dapat pengakuan dari banyak pihak. Begitu pula dengan website.

Untuk memaksimalkan dan juga jadi salah satu kriteria backlink berkualitas tinggi dalam off page SEO, kita membutuhkan keanekaragaman dan diversifikasi. Cara untuk mewujudkannya bisa macam-macam, seperti :

  • diversifikasi TLD (com, net, org, dll),
  • hosting (ip dan lokasi),
  • anchor text,
  • platform,
  • dan sebagainya.

Platform merupakan jenis yang paling penting untuk dimainkan.

Link berkualitas harus datang tidak hanya dari web dengan platform blog saja. Melainkan juga jenis lain seperti :

  • forum,
  • online shop,
  • aged web 2.0,
  • social media,
  • dan lain sebagainya.

Makin variatif dan bermacam-macam backlinks yang masuk / menuju ke suatu website, maka akan semakin diakui website tersebut. Dan semakin maksimal SEO-nya.

Demikian informasi tentang kriteria backlink berkualitas tinggi yang harus diketahui, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk sahabat semua. Kami berharap artikel SEO Off Page (backlink) ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapat manfaat. Sedang mencari jasa backlink berkualitas dan murah klik link.

Referensi :

  • Buku SEO
  • Sumber Lain

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *