Program Smart Detox
Daftar Synergy WGabung bersama bisnis Synergy WorldWide

Kiat Smart Bisnis Online bagi Pemula

Topik kita sekarang adalah kiat smart bisnis online bagi pemula. Dengan menjalankan bisnis online dapat menghasilkan puluhan sampai ratusan juta rupiah per bulan. Dan ini adalah fakta bukan mitos. Hanya dengan bermodal komputer, smartphone, dan jaringan internet, Anda dapat memasarkan produk tanpa batas geografis yang menghalangi. Anda bisa mendapatkan pelanggan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan Anda pun dapat memperoleh pelanggan dari luar negeri!

Smart Bisnis Online

Mendulang Rupiah dari Bisnis Online

Makin luas jangkauan pelanggan Anda tentu akan semakin banyak juga uang yang bisa diraup. Bisnis online memang menggiurkan. Itulah kenapa artikel ini dibuat. Kami ingin membantu Anda membangun smart bisnis online hingga sukses!

Lewat artikel ini Anda akan belajar bagaimana cara membangun bisnis online yang benar-benar menghasilkan rupiah. Dari bagaimana trik memilih platform bisnis online sampai dengan cara mengoptimasinya. Sudah siap membangun bisnis online Anda? Ayo, mulai langkah pertama Anda untuk memulai kesuksesan di bisnis online!

Mengapa Harus Bisnis Online?

Sebelum ke inti pembahasan, kami akan membahas sekilas kenapa Anda harus terjun ke dunia bisnis online. Kenapa sih harus bisnis online? Apa saja keuntungannya?

Berikut beberapa alasan kenapa harus menjalankan smart bisnis online :

1. Jangkau Lebih Banyak Konsumen

Dengan go online, bisnis Anda dapat menjangkau ke lebih banyak lagi konsumen tanpa batas geografis apa pun. Tak hanya di kota tempat tinggal Anda, bahkan dapat menjangkau pelanggan sampai ke luar negeri. Anda bahkan tidak perlu punya toko fisik untuk smart bisnis online. Cukup memakai smartphone dan laptop, Anda sudah dapat bekerja dari rumah. Mungkin hanya perlu gudang untuk menyimpan barang-barang dagangan Anda.

2. Semua Jenis Bisnis Butuh Online Presence

Anda perlu mengetahui fakta ini. 81 persen orang melakukan riset online. Menariknya, mereka melakukan riset online tak cuma saat akan berbelanja online saja. Namun para pengguna internet juga melakukan riset online saat akan mengunjungi sebuah toko atau tempat makan.

Coba bayangkan, ketika orang-orang mencari smart bisnis online Anda dan mereka tidak menemukannya di hasil pencarian. Apa yang akan mereka lakukan? Mereka punya banyak pilihan lain di internet yang menawarkan produk yang sama dengan milik Anda. Anda tidak mau itu terjadi, bukan?

3. Belanja Online Makin Digemari

Pasar online Indonesia sedang tumbuh gencar-gencarnya. Bahkan diprediksi pada tahun 2021, pasar online Indonesia akan memiliki 119 juta pelanggan dengan angka transaksi mencapai lebih dari 65 miliar dollar AS. Cukup menggiurkan, bukan?

Bayangkan, dengan mendapatkan 1 persen dari keseluruhan pasar smart bisnis online saja, Anda sudah mendapatkan sekitar satu juta pelanggan. Dan tentunya, Anda dapat memperoleh lebih dari itu, mengingat tren belanja online yang terus meningkat tiap tahunnya.

Cara Memulai Bisnis Online

Untuk mulai membangun online presence bagi bisnis sebenarnya tak sesulit yang Anda bayangkan. Anda bisa memulainya dengan tiga platform dasar untuk smart bisnis online. Ketiga platform tersebut adalah :

a. Buat Akun Sosial Media

Mudah dan gratis. Kedua faktor inilah yang bikin media sosial jadi platform favorit para pebisnis online. Sebut saja Facebook, Whatsapp YouTube, Instagram, LINE, hingga Twitter. Anda pasti pernah menemukan setidaknya 1 atau 2 akun online shop di sosial media tersebut. Buat Anda yang sedang berencana membangun smart bisnis online, ada satu pertanyaan yang mengusik: media sosial mana yang harus saya gunakan?

Tenang, Anda akan menemukan jawabannya di sini. Kami tak akan mendikte sosial media mana yang mesti Anda gunakan. Di sini kami hanya sedikit memandu dalam menemukan sosial media yang paling tepat untuk bisnis Anda.

Teknik Bulls Eye

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan Teknik Bulls Eye. Bulls Eye merupakan teknik yang dirancang dan digunakan untuk menentukan sosial media mana yang paling efektif dan tepat. Teknik ini berguna untuk sebuah bisnis atau bisnis rintisan (start-up) Berikut teknik-teknik dalam Bulls Eye :

1) Brainstorming

Bikin daftar semua sosial media yang mungkin dipakai dan tulis ide-ide yang dapat diaplikasikan

2) Rank

Kelompokkan semua sosial media yang sebelumnya dilakukan pendaftaran ke dalam 3 kategori, yakni :

  • Inner Circle,
  • Potential, dan
  • Long Shot.

3) Prioritize

Fokuskan hanya pada Inner Circle saja dan mesti ada 3 sosial media di kategori Inner circle, tak lebih dan tak kurang.

4) Test

Terapkan uji coba berbagai ide pada sosial media di kategori Inner Circle secara bersamaan.

5) Focus On

Tahap test di atas akan menunjukkan 1 sosial media yang paling efektif untuk digunakan. Memaksimalkan pemasaran di satu media sosial tersebut.

b. Daftar Google Bisnisku

Salah satu fitur dari google yang berperan dan bisnis online adalah Google Bisnisku (GMB). Dengan fitur ini, detail bisnis Anda dapat tampil secara lengkap di hasil pencarian Google. Di samping itu, platform ini pun membantu Anda dalam memenangkan persaingan hasil pencarian lokal.

Masih ada banyak manfaat yang bisa smart bisnis online Anda dapatkan dengan terdaftar di Google Bisnisku. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menyediakan informasi valid kepada pelanggan. Google akan melakukan verifikasi terhadap semua pendaftar pada GMB. Dan cuma akan meloloskan bisnis dengan pemilik yang valid.
  • Bisnis Anda muncul di Google Maps. Dengan terdaftar di GMB, secara otomatis bisnis Anda pun akan muncul di direktori Google Maps.
  • Mendapatkan review dari pelanggan. Sesudah beli produk, maka pelanggan dapat membagikan pengalamannya saat berbelanja di halaman platform GMB milik Anda.

Menariknya lagi, Anda dapat membuat profil di Google Bisnisku tanpa dipungut biaya apa pun alias gratis.

c. Buat Website

Platform terakhir dan yang paling penting dalam smart bisnis online yaitu website. Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dengan berjualan di website sendiri. Berikut beberapa di antaranya :

1. Punya Toko Utama

Jualan online tak bisa bergantung pada 1 jenis platform saja. Ada marketplace, sosial media sampai website yang dapat dijadikan lapak jualan online. Tapi, Anda mesti memiliki satu toko utama untuk bisnis online Anda. Apakah lapak di marketplace bisa menjadi toko utama? Tentu saja tidak. Lapak itu bukan milik Anda. Sederhananya, Anda cuma menyewa “sepetak lapak” di marketplace. Untuk tetap dapat berjualan di sana Anda harus mematuhi semua aturan dan ketentuan dari pemilik lapak.

Jika begitu, apakah halaman sosial media dapat dijadikan toko utama? Jawabannya juga masih sama: tidak. Sosial media hanyalah salah satu dari sekian banyak kanal marketing. Anda bisa memakainya untuk menjaring pelanggan, namun bukan untuk dijadikan sebagai toko utama.

Jadi platform apa yang dapat dijadikan toko utama? Website merupakan platform yang dapat dimanfaatkan sebagai toko utama bisnis online Anda. Kenapa? Sebab website merupakan platform yang Anda bangun sendiri. Semua aturan dan ketentuan dapat Anda atur sendiri tanpa adanya campur tangan dari pihak lain.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis online yaitu memperoleh kepercayaan dari pelanggan. Pelanggan cuma dapat melihat bisnis Anda dari layar mereka. Mereka perlu diyakinkan bahwa bisnis Anda memang benar-benar nyata. Sayangnya, sosial media saja tak cukup untuk meyakinkan pelanggan. Ada sekitar 84 persen pelanggan lebih percaya pada bisnis yang memiliki website atau situs resmi (menurut studi Verisign). Website resmi bikin pelanggan merasa lebih aman untuk bertransaksi dengan Anda.

3. Bisnis Anda Lebih Mudah Ditemukan di Google

Smart bisnis online yang baik yaitu bisnis yang mudah ditemukan di Google. Kenapa? Karena sekitar 81 persen pengguna melakukan riset di Google lebih dulu sebelum beli suatu produk. Supaya bisnis Anda mudah ditemukan di Google, hal pertama yang diperlukan yaitu website. Dengan website Anda dapat menjaring trafik organik Google dengan berbagai konten menarik.

Kabar baiknya, Anda bisa bikin website sendiri dalam waktu yang relatif singkat. Dengan mengkombinasikan WordPress dan WooCommerce, Anda dapat membangun website toko online tanpa perlu pengetahuan coding atau programming sama sekali!

Pondasi Website Bisnis Online

Bikin website untuk smart bisnis online tak boleh setengah-setengah. Anda mesti mengoptimalkan fungsi website dengan semaksimal mungkin supaya pelanggan nyaman berbelanja di sana. Apa saja yang mesti Anda lakukan supaya website berjalan secara optimal? Berikut langkah-langkahnya

1. Tingkatkan Kecepatan Website

Pelanggan Anda merupakan orang-orang yang tak sabaran. Mereka mau serba cepat. Pengguna internet di Indonesia akan meninggalkan website yang kecepatan loadingnya lebih dari 3 detik (menurut riset Google). Coba cek kecepatan loading dari website Anda. Apakah website Anda kecepatannya di atas 3 detik atau di bawah 3 detik? Bila kecepatan loading website sudah kurang dari 3 detik, Anda dapat sedikit lebih lega. Tapi, jika loading website Anda masih di atas 3 detik, tidak perlu khawatir.

2. Tingkatkan Keamanan Website

Selain masalah kecepatan loading, keamanan website pun jadi salah satu faktor penting yang harus dimiliki toko online. Pelanggan tak mau data-data pribadinya tersebar dan disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Anda perlu meyakinkan bahwa website smart bisnis online Anda aman untuk transaksi. Mereka harus diyakinkan bahwa data mereka tak disalahgunakan dan transaksi mereka aman. Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas keamanan website toko online Anda? Simak di artikel-artikel selanjutnya.

3. Siapkan Backup

“Sedia payung sebelum hujan”. Begitu pun dengan mengelola website. Mesti sedia “payung” sebelum “hujan”. Payung yang dimaksud di sini yaitu backup. Sedangkan hujan yang dimaksud di sini yaitu berbagai hal seperti

  • error saat update tema,
  • terkena hack, atau
  • diserang malware.

Jadi saat hal-hal yang tak diinginkan tersebut terjadi, Anda sudah memiliki cadangan data website. Dengan begitu, website tetap dapat berjalan secara normal. Dan yang terpenting yaitu pelanggan tak terganggu saat berbelanja di toko online Anda. Anda dapat mengaktifkan plugin backup otomatis. Beberapa layanan hosting website bahkan menyediakan fitur backup otomatis.

4. Buat Website Mobile Friendly

Saat ini website toko online akan susah memenangkan persaingan bila tak mobile friendly. Karena sebagian besar pengguna internet Indonesia mengakses internet lewat perangkat mobile. Menurut riset Google pada 2018, sebanyak 93 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet lewat smartphone. Jadi bikin website mobile friendly bukan lagi pilihan, melainkan suatu keharusan bagi smart bisnis online Anda. Pastikan pelanggan Anda dapat mengakses website Anda baik di perangkat desktop ataupun mobile.

Optimasi Smart Bisnis Online

Setelah membangun 4 pondasi website toko online yang kuat, kini Anda bisa mulai mengoptimasinya. Yaitu untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan tentu saja keuntungan.

a. SEO (Search Engine Optimization)

Mau muncul di halaman pertama hasil pencarian Google? Semua pemilik toko online atau smart bisnis online pasti mau websitenya muncul di ranking / halaman pertama hasil pencarian Google. Dengan berada di peringkat teratas hasil pencarian Google, kemungkinan untuk Anda mendapatkan pelanggan lebih tinggi.

Menurut riset Infront Webworks hasil pencarian yaitu sebagai berikut :

  • 29,6 persen trafik organik dikuasai oleh peringkat kesatu,
  • 13,1 persen diambil peringkat kedua, dan
  • 9,6 persen untuk peringkat ketiga.

Makin tinggi peringkat website toko online Anda di hasil pencarian Google, maka semakin besar trafik yang akan datang. Tapi, Anda tak bisa cuma fokus pada trafik tinggi saja. Anda pun mesti mendapat trafik yang potensial untuk membeli produk.

Di sinilah SEO diperlukan. Dengan SEO, Anda dapat mengoptimasi website supaya mendapatkan trafik yang tinggi sekaligus potensial. Bagaimana cara untuk mengoptimasi SEO di website? Jawabannya akan dijelaskan di artikel tentang optimasi Search Engine Optimization (SEO).

b. Social Media Marketing

Mengelola media sosial untuk smart bisnis online tak hanya berkutat pada posting konten saja. Ada serangkaian strategi yang harus diterapkan supaya media sosial bisnis Anda dapat mendatangkan rupiah. Salah satunya dengan menggunakan teknik Bulls Eye untuk menentukan sosial media mana yang paling efektif bagi bisnis. Setelah itu, yang Anda perlukan yaitu strategi social media marketing.

c. Blog Bisnis

Blog bukan hanya untuk kebutuhan personal saja. Smart bisnis online Anda pun membutuhkan blog. Anda tak dapat mengandalkan halaman produk saja untuk memenangkan kompetisi / persaingan di pencarian organik. Di sinilah peran dari blog yang begitu penting. Pengunjung website bisnis yang memiliki blog 55 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan bisnis tanpa blog.

Dibutuhkan banyak konten menarik untuk bisa muncul di peringkat atas hasil pencarian Google. Sayangnya website toko online Anda cuma terbatas untuk menampilkan produk. Lantas di mana Anda dapat menerbitkan banyak konten menarik?

Yup, benar, di blog. Anda bisa bikin blog yang isinya berhubungan dengan apa yang dijual. Dari konten-konten tersebut, Anda dapat mengarahkan para pengunjung blog untuk beli produk. Itu merupakan gambaran sederhana bagaimana blog bisnis bekerja.

d. Email Marketing

Popularitas email sebagai kanal marketing memang relatif lebih kecil dibandingkan dengan sosial media. Namun, jika disbanding dengan media sosial, ternyata email marketing bisa lebih efektif. Email marketing 40 kali lebih efektif untuk conversion bila dibandingkan dengan Facebook dan Twitter (Menurut McKinsey and Company). Anda perlu strategi yang matang untuk smart bisnis online bisa memperoleh hasil optimal dari email marketing.

e. Google Analytics
  • Ingin mengubah strategi marketing? Gunakan data!
  • Mau mengubah desain website? Gunakan data!
  • Mau menambah / mengurangi produk? Gunakan data!

Keputusan apa pun yang akan Anda ambil untuk smart bisnis online mesti berdasarkan data. Pertanyaannya di mana bisa memperoleh data untuk analisis perkembangan website toko online Anda? Jawabannya ada di Google Analytics.

Dengan Google Analytics, Anda akan mendapatkan data yang bisa dipakai untuk menganalisis performa website toko online. Mulai dari jumlah pengunjung, asal pengunjung, sampai halaman produk mana yang paling menghasilkan. Semua itu dapat Anda peroleh di Google Analytics.

Baca : Panduan Digital Marketing Lengkap untuk Pemula

Sekian info berkaitan dengan Kiat Smart Bisnis Online bagi Pemula, kami harap post kali ini berguna buat Anda. Kami berharap artikel panduan bisnis online ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.