Aliran SEO yang Perlu Kita Ketahui

Apakah Anda tahu aliran apa saja yang ada dalam optimasi SEO? Mau tahu apa saja aliran tersebut? Simak artikel mengenai aliran SEO atau topi SEO ini hingga selesai.

Aliran SEO

Topi SEO

Ketahuilah apa strategi yang akan kita gunakan dengan menerima seluruh risiko yang mungkin ditimbulkannya di masa depan. Karena hal ini penting dalam bisnis apapun, termasuk SEO.

Bicara masalah SEO tak akan lengkap tanpa membahas alirannya yaitu :

  • topi hitam (Black Hat),
  • topi putih (White Hat), dan
  • topi abu-abu (Grey Hat).

Ketiganya merupakan aliran SEO yang menjadi strategi dan teknik yang dapat dipilih dalam portofolio investasi pada bisnis berbasis SEO. Penerapan aliran ini sesuai dengan profil risiko yang berani kita hadapi.

Tak hanya sekedar gagasan, seluruh jenis topi SEO tersebut telah :

  • diimplementasikan secara nyata selama bertahun-tahun oleh para pemilik website,
  • didiskusikan secara berlarut-larut di berbagai forum,
  • dibagikan secara berulang-ulang dalam berbagai kursus, dan
  • dibahas secara intensif pada hampir seluruh website besar mengenai SEO.

Namun begitu, tidak semua orang yang melakukan optimasi peduli dengan aliran SEO ini. Kebanyakan hanya akan :

  • mengikuti apa yang sedang menjadi tren dalam dunia SEO untuk mendapatkan penghasilan secepatnya,
  • menjadikan apa yang masih abu-abu menjadi hitam untuk mengubur seluruh impian tentang bisnis jangka panjang yang sebetulnya mampu dihadirkannya.

Studi Kasus Hat SEO

SEO adalah bisnis yang teramat serius sehingga selalu berhati-hati dengan setiap pilihan teknik yang kita gunakan. Tentu saja, kita peduli dengan warna topi (aliran SEO) yang digunakan pada berbagai kondisi dengan manajemen risiko khas masing-masing.

Misalnya :

Suatu website sudah melewati periode sekitar 3 bulanan dengan teknik SEO. Tetapi website tersebut tidak menunjukkan kenaikan traffic sesuai harapan. Selain itu potensinya samar-samar maka akan berakhir menjadi blog AGC (auto generated content).

AGC adalah salah satu strategi yang saya gunakan untuk menutup biaya yang telah dikeluarkannya demi meminimalisir kerugian. Hasilnya tak jelek karena dengan AGC menuai traffic yang lumayan.

Kebanyakan traffic datang dalam waktu yang relatif cepat dengan jumlah pengunjung berkali lipat. Hal ini jauh lebih banyak dibandingkan website reguler yang dibangun secara manual sebelumnya.

Tetapi AGC adalah topi yang sangat hitam dalam SEO sehingga pesta selalu harus usai lebih cepat. Jadi kita perlu bijaksana dalam menyikapi aliran SEO ini.

Aliran SEO

Maka warna topi dalam SEO / optimasi mesin pencari bukanlah persoalan baik atau buruk. Bukan. Ini hanyalah tentang pilihan taktik yang akan kita pakai dan risiko yang berani kita tanggung.

a. White Hat SEO

Semua hal yang baik-baik dalam SEO disebut sebagai teknik topi putih (White Hat) SEO. Aliran SEO ini baik secara strategi maupun etika.

Kita akan melakukan optimasi secara alamiah dari waktu ke waktu, bila berada dalam koridor ini. Artinya aktivitas ini akan membutuhkan lebih banyak usaha, waktu dan kesabaran.

White Hat SEO merupakan sebuah teknik yang bersandar sepenuhnya pada aturan main Google. Meskipun hal ini jadi sedikit ambigu.

Karena kita tahu bila aturan Google sangat ketat dengan banyak bagian yang tak sepenuhnya jelas. Kita juga tahu jika satu-satunya hal yang Google sarankan bila sebuah website ingin masuk di pejwan adalah dengan menggunakan Adwords.

Faktanya, tidak banyak orang yang terlalu sabar untuk melakukan White Hat SEO. Karena menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan dan menguras banyak waktu. Padahal waktu adalah uang.

Dan tidak ada satu makhluk pun yang bisa menjamin jika buah yang sedang ditunggu itu pasti manis rasanya.

Dari teknik White Hat SEO bisa melahirkan teknik Grey Hat (abu-abu) SEO, karena faktor :

  • ketaksabaran dan ketakpastian yang White Hat SEO timbulkan,
  • kebutuhan akan strategi yang lebih cepat, efisien tetapi relatif aman.

b. Grey Hat SEO

Putih tak akan jadi putih bila ada setitik noda di dalamnya. Maka sekecil apapun pelanggaran yang dilakukan pada White Hat SEO akan langsung menghantarkan kita menuju gerbang Grey Hat SEO.

Hampir seluruh teknik populer dalam SEO merupakan hal yang terlarang untuk dilakukan, seperti :

  • menggunakan expired domain,
  • membangun links yang sifatnya transaksional, atau
  • memicu social signals secara tidak alami.

Namun mustahil rasanya Google tak tahu hal tersebut karena sebagian dari teknik di atas sangat mudah untuk dideteksi. Kemungkinan besar Google hanya melakukan pembiaran.

Google tak akan mempermasalahkan hal ini selama konten yang kita miliki itu :

  • baik,
  • dibutuhkan, dan
  • nyatanya memuaskan pengunjung.

Lalu mengapa kita tidak melakukan teknik / aliran SEO abu-abu (gray hat) saja yang terbukti jauh lebih cepat?

Kita memang harus melakukan itu. Namun kita harus ingat jangan sampai kebablasan. Dan juga harus selalu berada dalam rambu-rambu yang disarankan.

Sebab sebuah teknik abu-abu yang dilakukan secara masif akan berakibat rusaknya ekosistem hasil pencarian. Dan ini akan menghasilkan sebuah bubble, buih-buih yang segera merubah warnanya menjadi hitam yang teramat kelam.

c. Black Hat SEO

Teknik gelap dalam membangun dan melakukan optimasi website dikategorikan dalam Black Hat SEO bila melibatkan hal-hal, seperti :

  • link farm,
  • scraping,
  • keyword stuffing,
  • hidden text,
  • cloaking,
  • spamming link building,
  • dan sejenisnya.

Aliran SEO ini tak hanya mengganggu Google dengan konten-konten tidak bermutu yang merugikan pengguna. Melainkan juga pemilik website lain yang kebetulan kontennya dicuri melalui proses scraping yang masif.

Risiko yang menanti bagi seluruh website yang dibuat dengan black hat SEO adalah penalti dan deindex tanpa ampun dari Google.

Dengan Black Hat SEO, kita bisa membuat website yang dipunya dengan sangat cepat memiliki :

  • jutaan index page,
  • jutaan backlinks, dan
  • puluhan ribu pengunjung.

Namun secepat hal tersebut datang, secepat itu juga ia akan pergi.

Dan jika kita menggunakannya pada bisnis utama yang kita jalankan (termasuk SEO), itu berarti kita memilih untuk tidak tidur nyenyak.

Baca juga : Faktor Utama Sistem Ranking Website

Demikian info tentangĀ aliran seo yang perlu kita ketahui, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Kami berharap post SEO lanjutan ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Buku SEO

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *